Ilmunesia - 10 Cara Terbaik Dalam Mempromosikan Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

10 Cara Terbaik Dalam Mempromosikan Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

10 Cara Terbaik Dalam Mempromosikan Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

ilmunesia.com – Mempromosikan blog merupakan sebuah langkah wajib dalam memulai karir kesuksesan anda dalam menggeluti dunia blog, hal ini tentu dikarenakan kegiatan promosi adalah kegiatan mengiklankan atau mengenalkan blog yang kita miliki kepada orang banyak, dengan begini blog tentunya akan mudah dikenali, dan berpotensi pula mendatangkan banyak pengunjung.

Namun dalam berpromosi, ada beberapa teknik yang wajib kita perhatikan agar apa yang kita sampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan baik, pasalnya tidak semua orang menyukai yang namanya promosi dan iklan, terlebih bila yang dipromosikan merupakan produk atau jasa baru, atau dalam hal ini ialah blog baru.

“Apa yang terjadi bila kita melakukan promosi secara asal- asalan ?”

Kebayakan blogger pemula masih belum mengerti dan menjalankan teknik yang baik dalam mempromosikan blog mereka, seperti yang telah saya sebutkan tadi, karena masyarakat umumnya tidak menyukai hal-hal yang berbau iklan dan promosi, maka teknik dalam promosi anda haruslah berbeda dari yang lain. Hal ini bertujuan agar promosi yang anda lakukan dapat membuahkan hasil yang nyata, dan tujuan dari promosi tersebutpun dapat dengan cepat anda rasakan.

“Bagaimana cara melakukannya, dan apa saja teknik dalam berpromosi yang baik?”

Dalam artikel saya ini, saya telah merangkum beberapa teknik dalam mempromosikan blog milik anda, teknik ini tidak terlalu sulit, dan cukup mudah untuk diterapkan oleh pemula, sedangkan teknik ini sendiri telah lama saya pergunakan dalam blog yang saya kelola, dan hasilnya cukup lumayan untuk mendongkrak popularitas blog yang saya miliki.

10 Cara Terbaik Dalam Mempromosikan Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

10 Cara Terbaik Dalam Mempromosikan Blog Agar Mendapatkan Banyak Pengunjung

1. Memanfaatkan sosial media sebagi tempat mempromosikan blog anda

Salah satu cara agar blog baru cepat terkenal dan memiliki trafik tinggi, yakni anda dapat mempromosikannya melalui sosial media yang ada, terlebih lagi saya sarankan untuk mengguanakan sosial media yang sedang menjamur atau lagi ngetrend, seperti facebook, twitter, dan juga instagram. Karena dengan mempromosikan blog anda melalui sosial media yang sedang ramai, sangat besar kemungkinan banyak orang yang akan melihat promosi anda lalu tertarik untuk mengunjung blog anda.

Tetapi ada yang perlu diperhatikan dalam mempromosikan blog melalui sosial media, ialah jangan terlalu sering berpromosi, maksudnya cukup satu kali dalam sehari saja anda mempromosikan blog anda di sosial media, hal ini saya sarankan, karena jika anda mempromosikan terlalu sering, takutnya, apa yang anda promosikan dianggap spam, baik oleh masyarakan, maupun mesin pencari, hal ini justru akan berdampak negatif bagi blog anda.

2. Memanfaatkan sosial bookmarking sebagi tempat mempromosikan blog anda

“Loh apa bedanya dengan poin nomor satu ???”, Tentu berbeda, sosial media dan sosial bookmarking merupakan dual hal yang berbedal. Perbedaan paling mencolok yaitu, karena sosial media sebenarnya ditujukan untuk menjaring teman atau komunitas baru, contohnya dalam penggunaan sosial media seperti facebook, instagram, dan twitter.

Berbeda dengan sosial bookmarking, karena media ini memang diperuntukan untuk berbagi link hidup, atau alamat website dan blog, yang memuat hal-hal yang kiranya menarik dan bermanfaat, penggunanya sendiri rata-rata berasal dari kalangan blogger, selain itu keuntungan sosial bookmarking adalah situs sosial bookmarking dapat memberikan tambahan backlink untuk blog anda.

3. Memberikan komentar pada blog orang lain

Dalam melakukan tekni promosi ini, perhatikan juga untuk tidak melakukan hal-hal yang justru membuat blog anda semakin dibenci, yakni sebelum melakukan promosi melalui komentar, ada baiknya anda memperhatikan terlebih dahulu apa-apa saja yang dilarang oleh blog yang bersangkutan, biasanya mereka tidak mengijinkan adanya link hidup yang masuk, bila seperti itu anda bisa berkomentar menggunakan Name/Url, atau OpenID blog yang anda miliki.

Sedangkan dalam menuliskan komentar, pastikan bahwa komentar tersebut benar-benar relevan dan muncul setelah anda membaca artikel dari blog yang bersangkutan, dan tidak memberikan komentar pasaran seperti “bagus baget gan”, “nice post”, “sangat bermanfaat”., Biasanya orang-orang seperti ini berkomentar hanya untuk mendapatkan backlink, atau sekedar numpang berpromosi saja,  dan menurut saya hal itu benar-benar komentar pasaran yang sudah seperti komentar spam saja.

4 Coba sekali-sekali anda membuat subtitle film

Aneh sih, tapi ini beneran kok. jadi anda bisa membuat subtitle dari film-film yang sedang hangat dan lagi gencar-gencarnya dicari oleh para penikmat film gratisan, tentunya jangan lupa untuk menyertakan alamat blog anda pada pembuka dan penutup subtitle tersebut. Tidak masalah bila blog anda tidak mengangkat topik tentang film, karena bila mereka biasanya tidak akan keberatan, dan justru akan berterimakasih karena anda telah membuat subtitle untuk menambah nikmatnya mereka menonton film gratisan.

5. Membuat kontes dengan hadiah yang cukup lumayan

Bila anda mempunyai modal yang lebih, mungkin anda bisa membuat kontes-kontes dengan hadiah yang lumayan, tidak perlu besar-besar, saya sarankan hadiahnya adalah domain gratis selama setahun, dengan begini pasti banyak blogger yang mau ikut berpartisipasi, dan juga pastikan anda memberikan syarat, mungkin bisa berupa mengajak satu orang teman, atau bisa juga dengan membuat postingan dengan menyertakan link anda pada blog mereka, lumayan kan hitung-hitung anda bisa mendapatkan backlink gratis dari mereka yang turut berpartisipasi.

6. Mengiklankan blog anda pada layanan pengiklanan seperti Google Adwords

Kedengarannya cukup mengeluarkan modal, dan untuk yang tidak mau mengeluarkan modal bisa lewati langkah berpromosi dengan cara ini. Berhubung layanan iklan ini merupakan layanan premium, sepertinya hasilnya juka lebih memuaskan, selain itu bila anda beriklan di Google Adwords maka kesempatan iklan terlihat oleh banyak orang akan semakin terbuka lebar, dan anda juga dapat beriklan menggunakan Facebook Ads, tetapi kekurangannya tidak seperti Google Adword yang dapat dilihat oleh semua orang yang mengunjungi mesin pencari Google, FB Ads hanya dapat dilihat oleh mereka yang memiliki akun Facebook saja.

7. Mengiklankan blog anda di blog orang yang sudah terkenal

Sama seperti poin nomor 6, lewati saja bila anda tidak ingin mengeluarkan banyak modal dalam urusan promosi. Adapun keuntungan bila anda memilih mengiklankan blog anda di blog orang lain yang sudah lebih dahulu terkenal, anda dapat melakukan yang namanya negoiasi harga, jadi pengeluaran tergantung bagaimana anda bernegosiasi.

Sedangkan ada pula blog yang menyediakan layanan iklan baris secara gratis, hanya saja mereka yang menyediakan layanan ini biasanaya blog-blog yang kurang terkenal. Ya iyalah, kalau sudah terkenal kan mereka nyari untung. hehe.

8. Gunakan skill programing anda sebagai media promosi

Maksudnya, bila anda merasa anda jago dalam mengaplikasikan bahasa progam seperti Javascript, Php, dan Html, saya sarankan anda untuk membuat template yang diperuntukan secara gratis, gratis di sini ditujukan agar banyak orang yang berminat untuk menggunakan template anda, tentu blog anda dapat melakukan promosi dengan adanya credit link pada bagian footer, selain itu anda juga bisa mendapatkan back link gratis dari mereka yang menggunakan template buatan anda.

9. Aktif di forum agar blog anda semakin dikenal

Anda juga dapat memanfaatkan forum sebagai media promosi, tetapi anda juga harus aktif dalam forum tersebut, tentu ingat untuk tidak melakukan kegiatan promosi berlebihan yang dapat membuat anda dibanned dari forum tersebut karena anda dianggap melakukan spam.

10. Ikut berpartisipasi dalam program bertukaran link

Tukeran link atau backlink, sangat menguntungkan untuk berpromosi dan meningkatkan pengunjung blog, hal ini dikarenakan dengan adalnya baclink dapat membantu meningkatkan posisi blog anda pada mesin pencari, terlebih bila backlink didapatkan dari situs blog yang memiliki rank tinggi. Selain itu dengan berpartisipasi dalam program bertukaran link juga dapat mempererat rasa kekeluargaan sebagai sesama blogger.

Nah itu dia 10 cara terbaik dalam berpromosi yang biasa saya terapkan dalam meningkatkan pengunjung blog yang saya miliki, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda blogger pemula yang sedang sulit mendapatkan trafik blog.  Selamat berpromosi ya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/mempromosikan-blog/

LEAVE A COMMENT