Ilmunesia - 10 Fitur Keren Smartphone Android yang Mungkin tidak Anda Ketahui

10 Fitur Keren Smartphone Android yang Mungkin tidak Anda Ketahui

10 Fitur Keren Smartphone Android yang Mungkin tidak Anda Ketahui

ilmunesia.com – Fitur keren smartphone yang mungkin jarang diketahui –  Perkembangan dari sebuah smartphone dimulai sejak jatuhnya teknologi feature phone. Smartphone yang identik memiliki desain ponsel dengan layar sentuh dengan jutaan fitur dan teknologi untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Berbagai vendor smartphone dari seluruh dunia mulai dari lokal maupun berkelas internasional saling berlomba untuk menciptakan sebuah inovasi smartphone terbaru. Dimulai dari perkembangan tampilan smartphone, kamera yang diusung, dan spesifikasi dapur pacu yang diadopsi oleh sebuah smartphone.

Mungkin kebanyakan orang hanya menggunakan sebuah smartphone untuk berkomunikasi jarak jauh, aktif di sosial media, hiburan multimedia dan bermain game saja. Ternyata selain banyak fitur keren smartphone dan teknologi yang telah disematkan oleh sang produser, kita juga masih dapat memanfaatkan jutaan fitur dari pihak ketiga di playstore.

Jutaan fitur dari pihak ketiga tersebut dapat kita peroleh dari mendownload aplikasi Android atau bahkan mengembangkan teknologi yang telah ditawarkan. Tentu saja fitur keren smartphone ini dapat lebih memudahkan segala aktifitas dan hobi kita seharian.

Ingin tau fungsi – fungsi dari fitur keren smartphone yang jarang kita ketahui tersebut ?

  1. Dapat digunakan untuk mengontrol sebuah komputer dari jarak jauh

    fitur Keren Smartphone

    via chrome

Sebuah smartphone dan perangkat komputer merupakan sepasang perangkat elektronik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia untuk membantu pekerjaan manusia. Namun, pernahkah anda berpikir untuk mengendalikan sebuah perangkat komputer baik itu PC ataupun laptop hanya dengan smartphone. Fungsi keren smartphone ini dapat anda gunakan sebagai remot control untuk mengontrol komputer dari jarak jauh.

Tentunya kedua perangkat elektronik tersebut harus tersambung kedalam suatu jaringan internet atau WIFI agar dapat saling sinkron. Menurut survei yang telah saya lakukan, smartphone yang membawa fitur bawaan untuk mengontrol komputer dari jarak jauh hanyalah sedikit.

Kebanyakan vendor elektronik memandang fitur keren smartphone ini hanya dengan sebelah mata saja. Hal tersebut tidak terlepas dari sedikitnya minat para konsumen untuk mengontrol sebuah perangkat komputer dari jarak jauh. Selain itu, mungkin para produsen juga tidak ingin terlalu membebani sebuah smartphone dengan aplikasi seperti pengontrol komputer dari pihak ketiga yang banyak di internet.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba fitur keren smartphone untuk mengontrol perangkat komputer dari jauh, masih bisa anda nikmati dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga Chrome Remote Desktop.

Aplikasi canggih yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa bernama Google.Inc ini memang sangat menarik untuk dicoba. Persyaratan untuk menikmati aplikasi ini sangatlah mudah yaitu hanya dengan menginstall Chrome Remote Desktop pada smartphone Android anda.

Selain itu, anda juga harus menginstall sebuah software yang sama pada perangkat komputer. Dan sambungkanlah kedua perangkat anda pada satu jaringan yang sama dan Chrome Remote Desktop siap untuk digunakan.

  1. Dapat menjadi microphone untuk perangkat komputer

    fitur Keren Smartphone

    vai telset

Pada umumnya sebuah perangkat komputer tidak memiliki sebuah microphone layakanya telepon genggam. Keberadaan microphone tentunya sangat menunjang berbagai kegiatan harian anda seperti video call via Scape, dokumentasi audio, kepentingan editing, karaoke, dan bahkan bagi seorang Youtuber. Salah satu pemecahan masalah tersebut adalah dengan membeli microphone external yang harganya cukup menguras kantong mu.

Siapa sangka kalau smartphone kesayangan anda dapat menjadi sebuah perangkat mic eksternal yang tentunya murah meriah dan mudah digunakan. Sebuah ponsel telah dibekali dengan sebuah microphone internal yang berfungsi untuk menangkap suara anda saat menelpon dan merekam suara melalui record.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman maka sebuah smartphone dapat menjadi sebuah microphone internal untuk perangkat komputer anda.

Salah satu fitu keren smartphone yang mungkin belum pernah anda coba ini sangat membantu disaat anda membutuhkan sebuah microphone eksternal dan tanpa biaya. Cara untuk menggunakannya pun terbilang sangat mudah.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjadikan smartphone anda sebagai sebuah mic yaitu mendownload aplikasi WO Mic  secaragratis. Aplikasi ini dapat menambah fungsi smartphone anda sebagai microphone perangkat komputer. Untuk hasil rekaman dari aplikasi WO Mic tergantung kepada smartphone anda sendiri, jika smartphone anda memang berkualitas dalam audio maka akan kualitas rekaman akan bagus pula.

  1. Menjadi mouse nirkabel untuk perangkat laptop

    fitur Keren Smartphone

    via air mouse

Nah, bagi sebagian orang mungkin sangat sering membawa yang namanya mouse untuk mengontrol sebuah perangkat komputer seperti laptop. Lupa membawa mouse yang termasuk perangkat penting ini tentu tidak lucu jika terjadi dalam keadaan penting.

Mungkin tidak anda ketahui bahwa smartphone Android anda dapat bertransformasi menjadi sebuah mouse nirkabel yang optimal dan mudah digunakan tentunya. Pada dasarnya, jika anda ingin memanfaatkan fitur keren smartphone ini dapat dengan 3 metode, yaitu melalui USB, Bluetooth, dan Wi Fi. Ketiga fitur tersebut dapat anda gunakan untuk menjadikan smartphone anda sebagai sebuah mouse.

Beberapa smartphone yang rilis telah dibekali dengan aplikasi yang dapat menjadikan smartphone Android anda sebagai sebuah mouse. Jika smartphone anda tidak memiliki aplikasi mouse untuk mengontrol perangkat komputer, maka anda dapat memperoleh aplikasi tersebut dari pihak ketiga.

Dengan kata lain, anda harus mendownload aplikasi Pengontrol Mouse komputer wifi atau bisa cari aplikasi yangsesuai dalam kolom pencarian di Play Store.

  1. Dapat digunakan untuk penyusunan kode pemograman (coding)

    fitur Keren Smartphone

Bagi seseorang yang memang suka dalam dunia kode program maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aktifitas coding. Nah, mungin bagi kita orang awam cuman mengetahui aktivitas coding melalui komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, seiring dengan perkembangan zaman pada saat ini menjadikan aktivitas coding dapat dilakukan melalui laptop biasa.

Namun, siapa sangka bahwa smartphone Android dapat digunakan untuk aktivitas coding. Anda dapat latihan merangkai struktur pemograman melalui smartphone kesayangan anda layaknya menggunakan sebuah perangkat komputer. Tidak hanya dapat untuk belajar, fitur kerensmartphone anda juga dapat digunakan untuk pemograman tingkat atas alias oleh seorang professional.

Banyak aplikasi untuk coding melalui smartphone yang berjamuran di internet, salah satu aplikasi untuk programmer terbaik bernama Dcoder. Aplikasi keren ini dapat digunakan untuk coding berbagai bahasa program hanya dengan sebuah smartphone yang seukuran saku anda.

  1. Dapat memutar musik yang sama dibanyak smartphone

    fitur Keren Smartphone

    ReXdl

Memutar satu musik yang sama pada banyak smartphone ? Mungkin hal ini masih cukup aneh kedengaran kita karena mungkin tidak anda ketahui salah satu fungsi keren smartphone tersebut.

Akan tetapi, memutar satu lagu yang sama pada kebanyakan smartphone sudah lama dilakukan oleh masyarakat luar negeri. Mereka memanfaatkan fungsi keren ini untuk acara pesta yang membutuhkan musik dengan suara yang besar.

Bayangkan saja jika anda ingin mengisi suasana pesta dengan sebuah lagu kesukaan anda, akan tetapi tidak memiliki sebuah speaker ? Sebuah aplikasi bernama AmpMe dapat memutarkan musik yang sama secara bersamaan di banyak smartphone Android.

Selanjutnya, kumpulkan sekitar lima smartphone yang telah diinstall AmpMe dan ikuti petunjuk hingga kelima smartphone tersebut dapat memutar sebuah lagu yang sama.

  1. Menjadi sebuah remote control yang multifungsi

    fitur Keren Smartphone

Mungkin tidak asing lagi jika kita mengetahui bahwa sebuah smartphone Android dapat menjadi remote control untuk mengontrol berbagai macam peralatan elektronik. Salah satu smartphone yang telah mendukung remote control adalah varian smartphone besutan vendor Xiaomi.

Banyak smartphone keluaran dari vendor asal Tiongkok tersebut telah dibekali dengan teknologi infra merah untuk menjadi sebuah remote control. Tidak hanya kebanyakan smartphone Xiaomi saja, beberapa smartphone keluaran pabrikan Tiongkok lainnya juga banyak dipasaran.

Tentu saja fitur keren smartphone ini sangat bermanfaat untuk mengontrol berbagai macam perangkat elektronik. Anda dapat dengan mudah menyambungkan perangkat dengan peralatan elektronik seperti Televisi, Air Conditioner, DVD, dan alat elektronik lainnya.

Nah, untuk smartphone yang tidak memiliki infra merah dapat membelinya dipasar smartphone yang dibanderol sekitar sepuluh ribuan saja. Dan aplikasi bernama Peel Universal Smart TV Remote Control sebagai media untuk mengontrol peralatan elektronik anda.

  1. Sebagai pelacak nomor handphone seseorang

    fitur Keren Smartphone

Poin ketujuh ini mungkin sangat berguna untuk kita yang terkadang membutuhkan alamat seseorang melalui smartphone mereka. Bagi anda yang penasaran dengan lokasi teman anda saat ini, anda dapat melacaknya hanya dengan smartphone Android. Tentu saja fitur keren smartphone ini harus memanfaatkan teknologi GPS yang ada pada smartphone Android anda.

Jika anda tertarik untuk mencoba fungsi yang satu ini dapat dengan menginstall aplikasi “Zenly Locator – Realtime GPS”. Dengan catatan, kedua smartphone tersebut harus saling menginstall aplikasi “Zenly Locator – Realtime GPS”. Dengan demikian anda dapat memantau lokasi teman anda tersebut secara akurat dan terkini.

  1. Menjadikan smartphone Android sebagai CCTV

Mungkin tidak anda ketahui bahwa smartphone anda ternyata bisa juga menjadi  kamera cctv alternatif rumah anda. Di internet sendiri sudah banyak vendor pihak ketiga yang merilis aplikasi yang dapat menjadikan smartphone Android sebagai sebuah kamera CCTV.

Anda hanya perlu menginstall aplikasi bernama “CCTV” pada dua buah smartphone Android yang tentunya saling terhubung. Satu smartphone anda akan menjadi kamera yang siap siaga merekam ruangan dan smartphone kedua sebagai pengontrol “CCTV” alternatif anda. Letakkan smartphone yang menjadi kamera diruangan dan “CCTV alternatif” anda siap untuk digunakan.

  1. Mengusir serangga dan mengusir tikus

    fitur Keren Smartphone

    via APKpure

Mungkin tidak anda ketahui bahwa ponsel cerdas anda dapat digunakan untuk mengusir tikus dan serangga. Mungkin terdengar sedikit aneh dan bahkan meragukan bagi anda yang belum pernah mencoba salah satu fitur keren dari smartphone Android ini. Namun kenyataannya fitur keren smartphone Android dapat menghasilkan suara atau bunyi ultrasonic yang tidak disukai oleh tikus dan serangga.

Menurut penelitian bahwa suara atau bunyi ultrasonik dapat merusak pendengaran mereka sehingga serangga dan tikus tidak akan mau mendekat kearah sumber suara. Jika anda tertarik mencoba fitur yang canggih ini, langsung saja download aplikasi bernama “Anti Rat” untuk mengusir tikus dan aplikasi “Anti Serangga” untuk mengusir serangga.

Setelah diinstal, langsung saja tekan tombol yang berada ditengah layar dan bunyi ultrasonik akan keluar untuk mengusir tikus serta serangga sekaligus.

  1. Menerjemahkan bahasa asing tanpa berpindah aplikasi

    fitur Keren Smartphone

Seluruh dunia sudah sepakat bahwa bahasa inggris sebagai bahasa Internasional yang resmi. Oleh sebab itu, kita harus dapat menguasai bahasa Inggris agar mudah berkomunikasi dengan orang luar negeri. Bayangkan saja jika anda melakukan obrolan via sosial media dengan orang asing. Tentu saja anda harus menggunakan bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan baik.

Akan tetapi, jika anda belum mahir menggunakan bahasa asing dan pastinya sudah tidak asing lagi dengan jasa translate seperti Google Translate. Mungkin akan repot sekali jika anda harus berpindah aplikasi dari obrolan dengan orang asing dan google translate.

Namun, fitur keren smartphone Android anda dapat melakukan lebih simple yaitu dengan fitur “Tap to Translate di Google Translate”. Anda hanya perlu menekan teks yang ingin di terjemaahkan dan pilih bahasa asing sesuai kebutuhan anda. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/fitur-keren-smartphone/

LEAVE A COMMENT