Ilmunesia - 12 Aplikasi Gratis Alternatif Adobe Photoshop

12 Aplikasi Gratis Alternatif Adobe Photoshop

12 Aplikasi Gratis Alternatif Adobe Photoshop

ilmunesia.com – Software Adobe Photoshop menjadi salah satu senjata utama bagi anda yang berkecimpung dalam dunia desain grafis. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik hingga saat ini lho. Namun sayangnya anda harus menggelontorkan biaya yang cukup mahal (sekitar $10 perbulan) untuk bisa menggunakan Adobe Photoshop versi asli. Kabar baiknya, ternyata masih ada 10 aplikasi gratis alternatif photoshop yang bisa anda gunakan untuk menggantikan peran dari Adobe Photoshop ini. Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Pixlr 

Aplikasi edit foto gratis yang satu ini memiliki 2 versi yaitu Editor dan Express yang tersedia dalam versi mobile. Secara visual Pixlr editor terlihat mirip dengan Adobe Photoshop dengan kolom toolbars di bagian kiri layar serta panel navigator di bagian kanan layar yang berisi layer dan history. Nah, untuk Pixlr Express sendiri terdapat fitur seperti Open URL, Browse photo, membuat collage hingga Webcam.
 
Nih ada beberapa tutorial untuk edit foto dengan pixlr :

2. SumoPaint 

Secara visual SumoPaint bisa dibilang memiliki cukup banyak kemiripan dengan Adobe Photoshop, khususnya untuk penempatan toolbar dan panel navigasinya. Satu-satunya perbedaan terletak di penempatan kotak pemilihan warna di mana kotak ini terletak di panel navigasi kanan. Secara umum, anda bisa membuat berbagai shape, curve, crop, blur efek 3D dan lain sebagainya menggunakan aplikasi gratis ini.

3. Inkspace 

Anda mencari aplikasi edit foto terbaik gratis? Maka Inkspace adalah jawabannya. Format aplikasi ini adalah SVG (Scalable Vector Graphic), di mana Inkspace memungkinkan anda untuk membuat obyek menggunakan drawing dan shape tool, memanipulasi obyek hingga rendering. Hasil akhir dari Inkspace tidak kalah keren dengan Adobe Illustrator ataupun Corel Draw lho.

4. GIMP (GNU Image Manipulation) 

Aplikasi edit foto yang satu ini bisa dibilang pantas untuk disejajarkan dengan Adobe Photoshop. Secara visual aplikasi ini cukup sederhana dengan berbagai pilihan fitur menarik. Beberapa fitur keren yang mungkin bisa anda coba adalah photo enchancement, digital retouching hingga batch gambar, di mana semuanya bisa anda akses secara online. Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini meskipun anda newbie di desain grafis.

5. Krita 

Aplikasi yang satu ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan pengganti Adobe Photoshop meskipun fitur yang ditawarkan tidak terlalu banyak. Namun secara keseluruhan aplikasi ini cocok untuk digunakan para newbie ataupun profesional. Beberapa fitur dari Krita yang mungkin bisa anda coba adalah Brush Stabilizer, Pop-Up Palette, Brush Engine, Resource Manager dan lain sebagainya.

6. Photo Pos Pro 

Anda sedang mencari aplikasi gratis alternatif untuk Adobe Photoshop? Maka Photo Pos Pro bisa menjadi pilihannya. Secara tampilan dan tool yang disediakan, aplikasi ini cukup mirip dengan Adobe Photoshop sehingga anda bisa mengandalkannya sebagai salah satu software design grafis di komputer anda. Edit gambar(foto atau grafis juga), membersihkan foto, convert hingga scan foto juga bisa dilakukan dengan aplikasi gratis yang satu ini.
 

7. Photobie 

Aplikasi gratis yang satu ini cocok untuk anda yang membutuhkan software edit foto yang ringan dan mudah digunakan. Aplikasi ini memang tidak terlalu sepopuler dan selengkap GIMP, tapi anda bisa mengandalkan aplikasi ini untuk edit foto, melukis, animasi GIF, dan beberapa fitur lainnya.

8. Paint.net 

Aplikasi gratis yang satu ini merupakan versi lain dari Adobe Photoshop karena secara tampilan juga cukup mirip dengan Adobe Photoshop. Untuk masalah kemampuan untuk edit foto dan lain sebagainya, anda bisa mengandalkan aplikasi yang satu ini. Sebagai informasi tambahan, anda membutuhkan NET framework 3.5 untuk bisa menggunakan aplikasi Paint.NET

9. Seashore

Kalau sobat memiliki komputer/laptop dengan sistem IOS, maka Seashore adalah pilihan tepat. Seashore adalah aplikasi edit foto yang gratis untuk digunakan. untuk penggunaannya mirip sama Gimp dan photoshop, namun fiturnya tidak selengkap mereka.

10. Cinepaint

Cinepaint adalah aplikasi edit foto yang luar biasa lho. aplikasi alternatif photoshop ini, sudah digunakan oleh Studio Hollywood dalam menyelesaikan proyeknya, baik itu animasi maupun manipulasi.

11. Chocoflop

Choco flop merupakan aplikasi editor gambar untuk Mac IOS. aplikasi ini terbilang gratis dan masih terus dikembangkan.

12. Photoplus

Photoplus adalah aplikasi editing foto maupun animasi web (gif) untuk windows.  fiturnya sudah lumayan lengkap, sehingga kita bisa mengedit kualitas foto. mulai dari pencahayaan, warna dan lain-lain. 
 
Semoga informasi mengenai 12 aplikasi gratis alternatif Adobe Photoshop di atas bermanfaat untuk anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
 
 
 
 
Foto : Istimewa
Sumber : https://www.grafis-media.website/2017/12/12-aplikasi-alternatif-photoshop.html

LEAVE A COMMENT