Ilmunesia - 16 Sumber Penghasilan Blogger untuk Mendapatkan Uang

16 Sumber Penghasilan Blogger untuk Mendapatkan Uang

16 Sumber Penghasilan Blogger untuk Mendapatkan Uang

ilmunesia.com – Mengetahui sumber penghasilan, adalah suatu hal yang penting untuk diketahui oleh para bolgger. Banyak para blogger yang telah membuktikan, kesuksesan mereka dapatkan dari sumber penghasilan tersebut.

Bukan rahasia lagi, jika blogger merupakan suatu profesi, dan hobi yang menjanjikan jika kita serius menjalaninya. Berasal dari manapun kita, bagaimanapun latar belakang kita, menjadi blogger sukses adalah hak siapa saja yang mau meraihnya.

Jika hendak melamar kerja, biasanya banyak yang perusahaan pertimbangkan untuk bisa menerima kita. Dimulai dari latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, bahkan sampai pada tingginya nilai yang tertera pada Ijazah kita.

Namun hal-hal rumit tersebut, tidak berlaku bagi dunia blogger. Bahkan beberapa blogger dengan lulusan pendidikan setingkat SMP saja, diantara mereka banyak yang sukses. Satu diantaranya adalah Eka Lesmana.

Pemuda asal Semarang yang hanya lulusan SMP, dan pernah bekerja angon bebek tersebut, telah mampu meraih banyak penghasilan. Bahkan hingga seratus juta lebih setiap bulannya.

Penghasilan tersebut, tentu dari salah satu sumber penghasilan blogger, yang akan penulis jelaskan dalam tulisan ini.

Blogger Adalah Bisnis Jangka Panjang

Meskipun untuk menghasilkan banyak uang dari blog terkadang butuh waktu yang lama, namun mengelola blog merupakan investasi.

Jika tulisan kita di blog sudah sangat banyak, maka tidak menutup kemungkinan setiap waktunya selalu banyak visitor. Alhasil dengan banyaknya pengunjung blog kita, maka penghasilanpun akan mengikuti banyak pula.

Berikut ini daftar penghasilan blogger yang akan coba penulis jelaskan satu persatu, semoga bisa menambah semangat kita semua untuk menulis postingan blog ya.

1. Advertising Network

penghasilan blogger

Ilustrasi penghasilan dari Advertising Network

Sumber penghasilan dari iklan, adalah sumber pengasilan yang umumnya di peroleh oleh para blogger. Dari program iklan ini, tidak sedikit blogger Indonesia yang memperoleh penghasilan jutaan, puluhan, bahkan ratusan juta rupiah.  Tentu saja sumbernya dari iklan, yang dipasang dihalaman blognya.

Advertising Network atau jaringan periklanan, merupakan program layanan periklanan, yang menghubungkan antara pemasang iklan, dengan para pemilik blog atau website.

Untuk mengikuti program periklanan ini, sobat tinggal mendaftar ke program periklanan tersebut. Setelah itu sobat tinggal menunggu, untuk kemudian disetujui oleh adminnya.

Kemudian setelah disetujui penuh oleh adminnya, maka sobat akan diberikan sebuah kode iklan, yang bisa dipasang pada blog sobat.

Penghasilan yang diperoleh dari jenis iklan ini, biasanya dihitung dari seberapa banyak, pengunjung mengklik iklan, yang tampil dalam blog kita tersebut, yang biasanya dikenal dengan Pay per Click  (PPC).

Adapun program Advertising Networks, yang banyak dipakai oleh para bloger adalah Google Adsense, Text Link Ads, dan Widget Bucks.

Nah Google Adsenselah, salah satu sumber penghasilan blogger, yang digunakan Eka Lesmana, hingga akhirnya ia memperoleh penghasilan yang sangat banyak, dari program iklan tersebut.

Google Adsense, merupakan program periklanan, yang sangat diminati oleh banyak blogger. Google Adsense, adalah salah satu motivasi besar para penulis, untuk terus berkarya. Memberikan yang terbaik dalam setiap postingan blognya.

Google Adsense ibarat sebuah sihir ampuh, yang telah merubah banyak orang, untuk menjadi blogger, dan penulis sukses. Dengan Google Adsense, maka banyak para blogger yang tidak merasakan jenuh, dalam menjalani aktivitasnya membuat postingan.

Hal ini dikarenakan, lelah dan jenuh mereka akan hilang, jika mengingat Adsense. Apalagi jika sudah menerima, besarnya bayaran adsense, tentu itu akan lebih besar lagi pengaruhnya, untuk para blogger.

2. Direct Advertising atau Iklan Langsung

Direct Advertising, merupakan metode iklan dengan kita menawarkan langsung, kepada calon pemasang iklan, untuk beriklan di blog kita.

Dengan cara ini, maka penghasilan sobat bisa lebih tinggi, dikarenakan pemasangan iklannya langsung yaitu tidak melalui pihak ketiga.

Dalam upaya kita menarik calon pengiklan, kita bisa memasang baner pasang iklan, untuk memberi tahu mereka, bahwa blog kita bisa menerima iklan mereka.

Kendati bayaran periklan iklan langsung ini, bisa lebih besar dari jenis iklan pertama, yang harus melibatkan pihak ketiga, namun untuk mendapatkan jenis iklan ini tidaklah mudah.

Salah satu syarat, untuk kita mudah mendapatkan pengiklan langsung, adalah jumlah visitor blog kita, yang sudah tinggi dan stabil, selain itu blog dan postingan kitapun, harus berkualitas.

Biasanya calon pengiklan, juga akan memperhatikan tema blog kita. Hal ini dikarenakan, mereka hanya akan beriklan, pada blog yang pembacanya sesuai dengan target market mereka.

Lebih dari itu, blog kitapun harus memiliki citra, dan reputasi, yang sangat baik di mata pembacanya, selalu menjadi rujukan blog-blog lain,dan lain sebagainya.

Pengiklan, tidak akan mau beriklan pada blog yang citranya buruk, hal ini dikarenakan citra blog tersebut, sangat berpengaruh pada citra produk, atau jasa yang di iklankan.

Contoh misal, jika suatu blog senantiasa menulis berita hoax, tentu itu sangat besar pengaruhnya, pada citra produk pengiklan.

Tidak menutup kemungkinan, produk yang diiklankanpun, akhirnya jadi ikut terkena citra buruk tersebut, sehingga bukannya menambah customer, iklan di blog tersebut, justru akan membuat customer yang ada pada lari.

3. Penghasilan blogger dari Affiliate Program

Affiliate Program atau program afiliasi, adalah suatu program, yang memungkinkan kita menjual produk orang lain di blog kita.

Apabila ada pembaca membeli produk, dengan awalnya mengetahui dari blog kita, maka kita akan mendapatkan beberapa persen, dari keuntungan yang diterima penjual.

Contoh program ini adalah, blibli.com, lazada, dan lain-lain.

4. Blog Network

Blog Network, kalau boleh penulis memberi definisi, adalah salah satu sumber penghasilan blogger, dengan jalan kerjasama antara sesama blogger.

Bagi sobat, yang belum bergabung dengan adsense misalnya, kita bisa mendapatkan iklan adsense, dari teman blogger kita, yang memasang iklan adsensenya di blog kita.

Contoh lainnya, bisa juga seorang blogger mengundang, dan menjadikan kita sebagai admin, dan penulis di blognya. Dengan demikian, kita bisa menulis, dan memposting tulisan kita di blognya.

Biasanya, yang mengajak kerajasama ini, akan membagikan penghasilan iklan, yang dia peroleh dari blognya.

5. Paid Review atau review Produk

Paid Review atau jasa review produk, adalah salah satu sumber penghasilan blogger,  yang berasal dari mereview produk, atau jasa miliki orang lain.

Mereview produk, hampir sama dengan Direct Advertising, hanya saja mereview produk itu iklannya dalam bentuk postingan, sedangkan Direct Advrtising iklannya berbentuk baner.

Untuk mendapatkan job review produk, biasanya seorang blogger, mengiklankan diri di blognya, bahwa blognya menerima review produk.

Selain itu bisa juga seorang blogger, menawarkan langsung, pada suatu perusahaan atau usaha tertentu, baik di daerahnya sendiri atau diluar daerahnya.

Umumnya, seseorang mau memberikan job review pada blog kita, jika blog kita sesuai dengan kriteria produk, atau jasanya, banyaknya jumlah visitor, dan juga  kualitas tulisan kita, dalam membuat postingan.

6. Menjual Produk Sendiri Melalui Blog

Dizaman ini, pengguna internet selalu bertambah setiap waktunya, membuat banyak perusahaan, memutuskan menjual produknya lewat internet. Selain telah banyaknya bermunculan website toko online, para penjual onlinepun makin banyak diminati akhir-akhir ini.

Hal ini membuktikan, bahwa kekuatan internet untuk dapat menjual suatu produk, itu sangat tinggi. Oleh karena itu, salah satu sumber penghasilan blogger, yang paling menguntungkan, adalah jualan produk sendiri.

Meskipun dalam hal ini, blog hanya sebagai sumber promosi, namun menjual produk sendiri lewat blog, akan menghasilkan pendapatan berkali-kali lipat, lebih banyak dari pada menggunakan metode lainnya.

Tentu saja, syarat untuk menggunakan metode ini, selain kita memiliki blog, kita juga harus memiliki produk, atau jasa yang bisa kita tawarkan. Produk atau jasa yang bisa kita jual lewat blog tersebut, dapat kita bedakan menjadi dua macam, yaitu produk fisik dan produk digital.

Namun demikian, dalam menjual produk fisik, tentu harus menyesuaikan dengan topik blog kita. Jika blog kita seputar teknologi misalnya, tentu kita bisa menjual produk-produk teknologi, seperti Hp, komputer, dan lainnya di blog kita.

Jika kita tidak memiliki produk fisik, kita tak perlu pusing, banyak para blogger, yang mendapatkan sumber penghasilan blognya justru lewat menjual produk digital.

Contoh produk digital, yang bisa kita jual melalui blog seperti, Software,Plugin, Theme Blog, Desain gambar, dan lain-lain.

7. Jualan Jasa Sendiri

Sumber penghasilan blogger berikutnya adalah menjual jasa sendiri. Cara mendapatkan sumber penghasilan blogger yang satu ini, sangat cocok untuk sobat yang memiliki keahlian, terutama yang bisa disalurkan melalui internet.

Contohnya sangat banyak, seperti jasa membuat website, jasa menulis artikel, jasa desain, jasa menggambar dan lain-lain.

8. Menyediakan Program Membership

Program membership, merupakan sebuah pogram dimana blogger menyediakan program premium. Program premium  tersebut, hanya bisa diakses, oleh pengunjung yang sebelumnya sudah membayar biaya langganan.

Metode ini sudah terbukti memberikan penghasilan banyak, pada banyak blogger di Indonesia dan luar negeri. Salah satu blogger yang sukses dengan metode ini adalah Yosef Ardi

Yosef Ardi sampai meninggalkan jabatannya, sebagai managing editor, untuk kemudian merelakan penghasilan belasan jutanya perbulan, dari jabatannya tersebut.

Hal ini ia lakukan, karena ingin lebih fokus mengurus blognya yang mulai sangat menguntungkan, dan sumber penghasilan blogger ini, utamanya adalah dari program membership pada blognya.

9. Mengikuti Lomba Blog

Salah satu keuntungan kita memiliki blog, adalah kita bisa mengikuti lomba yang syarat utamanya harus memilki sebuah blog aktif.

Dalam berbagai kesempatan, penulis sering melihat pengumuman lomba blog di berbagai media. Besarnya hadiah yang ditawarkan mulai dari jutaan dan puluhan juta rupiah, bahkan ada juga yang sampai hadiah utamanya, sampai pada kendaraan roda empat.

Lomba blog, yang hampir dipastikan selalu ada setiap bulannya, membuat program ini, menjadi salah satu sumber penghasilan blogger, yang patut untuk dipertimbangkan.

10. Jual Merchandise

Jika blog sudah memiliki banyak penggemar, maka kita bisa mendapatkan banyak keuntungan, dengan menjual merchandise bertuliskan blog kita. missal berupa kaos, topi, kalender dan lain sebagainya.

Untuk system pemasarannyapun cukup mudah, kita bisa menawarkannya pada para pembaca, melalui postingan blog kita, atau bahkan halaman medsos blog kita.

Selain dapat memberikan banyak keuntungan materi, cara ini juga akan semakin memperkenalkan blog kita kepada masyarakat, sehingga dari waktu ke waktu jumlah visitor blog kitapun akan senantiasa meningkat.

11. Konsutan blog

Jika blog kita sudah terkenal, dan memiliki citra yang sangat positive. Maka kita bisa mendapatkan satu lagi sumber penghasilan blogger kita, yaitu dengan menjadi konsultan blog.

Selain menjadi konsultan, bagi orang-orang yang berniat membuat blog, kitapun bisa menjadi konsultan, bagi para pemilik blog yang ingin mengembangkan blognya.  Kita bisa menentukan tarif untuk setiap konsultasi ini.

12. Seminar

Sebagai seorang blogger kita bisa membuat sebuah seminar. Seminar tersebut bisa tentang dunia blog, atau seminar sesuai tema blog kita.

Dengan seringnya kita menulis di blog, maka untuk menjadi salah satu narasumber seminar, bukan hal yang sulit. Hal ini dikarenakan kita sudah berbiasa mengolah kata, sehingga kemampuan berbicara kita di depan umumpun telah terasah karenanya.

Kesempatan bisa menjadi salah satu narasumber seminar, dari aktivitas ngeblog kita, semakin menujukan bahwa sukses dengan bloging, adalah sesuatu yang sangat mungkin. Bahkan kesuksesannyapun memiliki banyak cabang, seperti menjadi narasumber seminar ini misalnya.

13. Bisnis Menulis Blog

Beberapa bloger yang sudah memiliki blog besar, atau bahkan yang ingin berkembang dengan pesat, siap membayar para penulis lepas, untuk ikut berkontribusi di blognya.

Hal ini adalah peluang bagi sobat, yang ingin mendapatkan penghasilan cepat, namun seharusnya, fakta ini semakin membuat kita semangat untuk memilki blog sendiri, karena berprofesi sebagai bloger itu sangat menguntungkan.

14. Menulis di media masa

Menulis di media masa, adalah salah satu sumber penghasilan blogger. Bayaran yang diterimapun bervariasi, mulai dari puluhan, ratusan, hingga jutaan ribu rupiah. Tentu itu semua sesuai media masa yang kita kirimi tulisan.

Kita bisa menulis di media konvensional, seperti Koran atau majalah. Dalam media tersebut kita bisa cantumkan profesi kita sebagai seorang blogger.

15. Menulis Buku

Seorang blogger, akhirnya memiliki buku karyanya sendiri bukanlah hal yang baru. Jam terbang kita dalam dunia menulis, akan membuat kita semakin mudah membuat sebuah buku.

Bahkan selain membuat karya baru, isi postingan blog kitapun, bisa menjadi materi untuk membuat berbagai buku, yang akhirnya bisa tersebar di toko-toko buku besar.

16. Menjual Blog

Menurut beberapa postingan kawan blogger, menjual blog sendiri di luar negeri, ini banyak terjadi. Jadi dalam hal ini kita membuat blog sebagus mungkin, setelah memiliki banyak postingan dan visitor, blog tersebut kita jual. Dimana harganya disesuaikan dengan kualitas blog kita tersebut.

Setelah blog tersebut terjual maka selanjutnya, kita membuat blog baru untuk dijual kembali setelah bagus.

Demikianlah sobat semua, 16 sumber penghasilan blogger, yang dapat penulis jelaskan. Semoga semakin memotivasi kita semua, untuk lebih giat lagi dalam berkarya di dunia blog. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

Foto : Istmewa
Sumber : https://www.klikmania.net/sumber-penghasilan-blogger/

LEAVE A COMMENT