kursus Animasi, kursus Bogor, kursus Digital Branding, kursus Facebook Ads, kursus Internet Marketing, kursus Programming Bogor, kursus Web Bogor, kursus Web di Bogor, Twitter dan Isntagram, kursus Autocad 2D, kursus Autocad 3D, kursus Autodesk, Autocad pemula, Kursus 3D, Kursus Desain Grafis, Kursus website murah, Kursus PHP,

Cukup 4 Langkah Sederhana dalam Melakukan Riset Pasar

Dalam bisnis, melakukan pemasaran atau marketing memang cukup penting agar produk bisa dikenal oleh segmen yang paling tepat, sebelum akhirnya terjual. Namun sebelum melakukan pemasaran, ada hal penting lain yang wajib anda lakukan agar bisnis anda bisa lebih maju. Hal penting tersebut adalah riset pasar. Melakukan kegiatan ini sebelum pemasaran sangat penting karena akan mempengaruhi aktivitas pemasaran anda. Riset ini bertujuan agar pemasaran anda nanti tidak sia-sia.

Dengan kata lain, riset ini akan membantu anda untuk mengetahui kondisi pasar. Anda akan mengetahui bagaimana masyarakat membutuhkan atau menginginkan produk yang anda tawarkan atau tidak. Hasil riset ini akan menjadi modal penting karena bisa anda gunakan sebagai strategi pemasaran di usaha anda.

4 Cara Terbaik Dalam Melakukan Riset Pasar

Berikut ini ada 4 cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan riset. Langkah-langkah berikut bisa dikatakan cukup mudah namun bisa memberikan efek yang sangat baik untuk bisnis anda. Riset ini berguna untuk mengetahui perilaku pasar sehingga anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari riset ini dalam usaha anda. Oleh karena itu, langsung saja berikut ini 4 cara terbaik dalam melakukan riset.

  1. Lakukan Survey Pasar

Langkah pertama dalam melakukan riset adalah melakukan survey. Mengetahui kondisi pasar memang sangat penting dan anda bisa melakukan ini dengan cukup mudah. Untuk melakukan surver, anda bisa memberikan angket kuisioner ataupun wawancara langsung dengan masyarakat mengenai produk anda. Dengan melakukan survey ini, anda akan mengetahui tentang minat dan kebutuhan masyarakat saat ini.

  1. Amati Perkembangan Pasar

Selain itu, anda juga wajib mengamati perkembangan pasar dalam melakukan riset pasar. Perkembangan pasar pada dasarnya pasti akan berubah bersamaan dengan trend yang akan muncul. Hasil riset pada tahapan ini bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan produk tertentu.

  1. Perhatikan Tingkat Persaingan Pasar

Anda juga wajib memperhatikan tingkat persaingan yang ada di pasar karena persaingan bisnis sudah tentu ada. Oleh karena itu, disini anda harus bisa mengimbangi dan jika anda sudah mengimbangi, anda bisa memikirkan cara supaya lebih unggul dari pesaing. Hal ini penting karena tentunya tidak ingin kan usaha ataupun produk usaha bisnis anda kalah ramai dipasar.

  1. Uji Coba Pasar

Sedangkan cara terakhir yang wajib anda lakukan dalam melakukan riset adalah uji coba pasar. Hal ini penting sebelum anda benar-benar mengeluarkan produk anda dikeluarkan di pasaran. Untuk uji coba mendapatkan customer, anda bisa melakukannya di warung-warung. Anda bisa memberikan sample di warung dan menanyakan respon dari produk buatan anda. Jika responnya kurang baik, maka anda bisa memperbaiki dan menyempurnakan produk anda sehingga produk tersebut sudah benar-benar diterima dan dicari oleh masyarakat.

Dengan melakukan langkah-langkah riset pasar tersebut diatas, tentunya anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Anda juga akan mendapatkan sasaran yang tepat dan hasil yang juga maksimal. Dengan demikian, riset ini memiliki peran yang sangat penting diatas promosi.

 

Promosi bisa dilakukan jika anda sudah mengetahui riset pada suatu masyarakat. Riset ini juga wajib anda lakukan secara up to date karena keinginan pasar bisa berubah tergantung dengan trend.

Dengan kata lain, saat berbisnis anda juga wajib melakukan inovasi agar produk benar-benar disukai oleh para konsumen. Informasi dari riset ini akan mempengaruhi bisnis anda kedepannya apakah akan sukses atau sebaliknya bisa gulung tikar. Oleh karena itu, lakukanlah riset ini dengan yang terbaik.

 

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

 

source: www.internetmarketing.co.id

LEAVE A COMMENT