Ilmunesia - 5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Melek Teknologi

5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Melek Teknologi

5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Melek Teknologi

ilmunesia.com – Seiring perkembangan zaman, kita setiap tahunnya selalu disuguhkan dengan penemuan-penemuan teknologi terbaru. Makin hari, makin menjamur hasil penelitian dan layanan yang luar biasa mengagumkan dalam teknologi. Bahkan terkadang belum hilang euforia masyarakat terhadap sebuah teknologi sudah muncul pula teknologi terbaru lainnya.

Penemuan teknologi-teknologi tersebut tentunya akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap peradaban manusia. Dengan perkembangannya, kita dimungkinkan memiliki berbagai pengetahuan yang kita butuhkan berbagai penjuru dunia dengan cepat dan mudah.

Kita sadari atau tidak, perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Telepon misalnya. Zaman dahulu orang membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk mengabarkan sebuah pesan. Sekarang tinggal pencet, kita bisa bicara dengan orang dari berbagai negara baik di Asia, Afrika, Amerika maupun Eropa.

Tak hanya komunikasi melalui suara dan tulisan, sekarang kita pun bisa komunikasi langsung dengan bertatap muka menggunakan aplikasi teknologi skype. Teknologi membuat pesan bisa sampai dalam satu hitungan detik saja. Dunia yang luas dan jauh terasa begitu dekat dengan bantuan teknologi.

Selain dalam segi komunikasi, teknologi dalam bidang informasi juga sangat membantu kita dalam banyak hal. Smartphone adalah terobosan terbaru yang membuat informasi berada dalam genggaman kita. Smartphone menyediakan banyak sekali fitur yang bida kita manfaatkan.
Jika dahulu kita harus ke perpustakaan dahulu untuk mencari sebuah referensi, sekarang tinggal ketik, search dan dalam hitungan detik kita akan disuguhkan berbagai informasi yang berhubungan dengan topik yang kita cari. Kita pun kemudian bisa menentukan mana bahan yang akan dipilih. Saking banyak dan lengkapnya referensi, bahkan seseorang jadi bingung mau memakai yang mana. Semuanya ingin digunakan.
Tak asing lagi, sekarang kita bisa mengakses informasi apapun, di mana pun dan kapan pun. Sayangnya tak semua orang bisa menggunakan teknologi-teknologi terbaru tersebut. Masih saja ada yang enggan mempelajarinya. Ada yang beralasan karena sudah tua, anak desa, tidak punya uang dan sebagainya.
Justru karena kita tidak tahu, kita harus menjadi tahu. Mempelajari teknologi tidak mahal-mahal amat kok. Sebaliknya, teknologi malah memberikan banyak kemudahan dengan biaya yang relatif terjangkau. Tidak bisa menguasai teknologi terbaru akan membuat kita jauh tertinggal. Bagaimana pun, setiap saat dunia tempat kita tinggal akan terus mengalami perubahan.

Bila kita tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan, kita akan terlindas oleh zaman. Akibatnya, kita menjadi terasing karena gaya hidup orang di sekeliling kita sudah mulai berbeda, sementara kita masih menggunakan cara-cara lama. Belajar teknologi itu penting, karena banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar teknologi terbaru. Selain kegunaan yang telah disinggung sedikit di atas,
berikut ini adalah manfaat-manfaat dari mempelajari teknologi terbaru :

5 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Melek Teknologi

1. Untuk menjalani hidup lebih percaya diri dan mandiri.
Jika kita mampu menyesuaikan diri, mengikuti dan mengantisipasi perkembangan teknologi, tidak diragukan lagi kita akan bisa melaksanakan dan menjalani berbagai kegiatan dengan lebih mandiri dan percaya diri. Orang yang tidak mengenal kemajuan teknologi biasanya dianggap kuno dan dipanggil dengan si gaptek.

Tidak ada lho orang yang suka dipanggil dengan sebutan seperti itu, tidak hanya rasa malu yang didapat tetapi juga penurunan harga diri. Mereka bahkan mengasingkan diri dari pergaulan dan komunitas karena merasa kurang dibanding orang lain. Sepintar dan gaul apapun seseorang saat ini, kalau tidak mengikuti teknologi tetap saja diragukan kepintarannya. Teknologi membuat orang bodoh menjadi cerdas. Sebaliknya, orang yang ahli bisa tampak bodoh karena minim pengetahuan tentang teknologi.

2. Untuk mengembangkan kompetensi dan produktivitas kita.
Teknologi bisa berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas dalam bekerja maupun kegiatan lain seperti belajar. Tak sedikit lho sekarang bermunculan jenis pekerjaan baru yang bertumpu pada teknologi. Bahkan pekerjaan dengan teknologi jauh mencapai hasil yang memuaskan dibanding bekerja dengan sistem manual.
Hal yang harus diketahui, seiring kemajuan juga sudah mulai hilang pekerjaan yang berpatokan dengan tenaga. Kini tenaga manusia digantikan oleh mesin. Artinya, akan banyak diantara kita yang akan kehilangan pekerjaan di masa depan. Tak hanya itu, teknologi juga mendukung terjadinya transaksi yang lebih besar dengan biaya yang minim. Ekspor impor tidak lagi seperti dulu tetapi sudah bisa.

3. Lebih inisiatif, inovatif dan kreatif.
Pada masa dahulu, sebelum teknologi maju seperti saat ini, sudah banyak juga manusia yang inovatif dan kreatif. Tetapi untuk melakukan sebuah penelitian dan menghasilkan sebuah penemuan, mereka membutuhkan waktu yang sangat lama karena kurangnya dukungan teknologi. Dewasa ini, semakin gencar inovasi dan kreasi dalam berbagai bidang sebab teknologi menjadi salah satu penentu kunci dalam mempercepat hasil penelitian dan penemuan.

4. Menjadi pemain bukan penonton.
Pada masa sekarang di mana teknologi sedang melaju dengan begitu cepat, kalau kita terlambat mengikuti, kita hanya akan menjadi penonton dan korban yang dimanfaatkan. Lebih ekstrim, mungkin kita akan dijajah oleh golongan tertentu. Tetapi kalau kita mampu menguasainya kita akan menjadi pengendali peradaban. Tidak hanya menikmati teknologi tetapi juga berandil menciptakan teknologi yang lebih canggih.

5. Mencapai efektivitas dan efisiensi.
Harus diakui bahwa teknologi telah memangkas sebagian besar biaya dalam aktivitas manusia. Misalnya, dulu mengirim kabar dengan surat yang dikirim lewat kantor pos, tibanya berhari-hari. Sekarang sekali ketik dan klik, pesan tersampaikan. Begitu juga, pergi ke luar negeri dulu hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang karena biaya yang mahal, sekarang kemajuan teknologi membuat orang kelas bawah pun bisa keluar negeri dengan adanya maskapai penerbangan murah.

Terkait pekerjaan, ada lho sekarang orang yang tidak masuk kerja pagi sampai sore. Cuma duduk di rumah di depan komputer, pundi-pundi mengalir terus. Orang yang tidak tahu melihat mereka sebagai pengangguran tetapi sebenarnya mereka dengan lebih cerdas dengan menunggangi teknologi. Keren kan?

Dalam pendidikan, seorang mahasiswa Indonesia yang menjadi calon mahasiswa di perguruan tinggi di Eropa, tidak harus datang ke Eropa mendaftar. Cukup memanfaatkan teknologi dan ke Eropa ketika akan masuk kuliah. Tidak ada biaya transportasi yang membengkak double dan hemat tenaga serta waktu.
Demikianlah manfaat dan alasan kenapa kita harus menguasai teknologi dan tidak boleh gagap teknologi. Teknologi bukanlah sesuatu yang menakutkan. Jika kita ingin mendapatkan keuntungan dari teknologi seperti di atas, belajar teknologi adalah keharusan. Namun, harus diketahui bahwa dalam keadaan tertentu, teknologi kadang seperti pisau bermata dua. Teknologi memegang kendali yang dapat membangun kehidupan lebih modern tetapi jika disalahgunakan akan menjatuhkan dan mendatangkan kerugian yang besar. Teknologi selain memiliki kemampuan membangun juga bisa merusak. Hal ini tergantung pada pemakai teknologi itu sendiri. Remaja biasanya adalah korban yang rentan terjerumus oleh canggihnya teknologi. Jadi, agar manfaat teknologi benar-benar dirasakan sesuai dengan kebutuhan dan maksimal, bijaklah dalam menggunakannya.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://monitoringclub.org/5-alasan-penting-kenapa-anda-harus-melek-teknologi/

LEAVE A COMMENT