Ilmunesia - 5 Cara Mengaplikasikan Bentuk ke Dalam Sebuah Desain

5 Cara Mengaplikasikan Bentuk ke Dalam Sebuah Desain

5 Cara Mengaplikasikan Bentuk ke Dalam Sebuah Desain

ilmunsia.com – Bentuk adalah salah satu aspek penting dalam membuat desain. Bagaimana tidak? sebuah desain grafis tentunya terdiri dari bentuk bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, persegi, dan lain lain yang ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya yang bisa dinikmati. Mengaplikasikan bentuk pada desain ternyata tidak bisa sembarangan, harus ada kesinambungan antara tema, background, bahkan jenis huruf yang dipilih. Berikut 5 tips cara penggunaan bentuk pada desain grafis Anda supaya terlihat tidak biasa.

1. Bentuk Sebagai Bingkai Konten

kreasi-bentuk1
Bingkai adalah hal yang tepat untuk memperjelas fokus konten dari desain grafis Anda dan memastikan pesan yang tertuang bisa tersampaikan. Bentuk yang paling efektif sebagai bingkai adalah persegi empat. Dengan begitu, penikmat karya Anda akan tertuju pada isi yang disampaikan, bisa berupa tulisan, logo, dan lain lain yang diletakkan di dalam bingkai tersebut.
Sumber foto : designschool

2. Berkreasi Dengan Ukuran dan Warna Bentuk 

kreasi-bentuk2
Ukuran dan warna pada bentuk bisa dengan mudah diubah dan dikreasikan, hal tersebut menjadikan bentuk sebagai aspek serba guna yang dapat memperindah desain grafis Anda. Memperkecil atau memperbesar skala bisa menjadi contoh sederhana. Seperti gambar di atas yang menunjukkan persegi panjang di bawah tulisan “Hawaii” yang telah diubah skalanya dan mampu memberikan penekanan pada tulisan “Hawaii” itu sendiri.
Sumber foto : designschool

3. Pengombinasian Bentuk dan Huruf

kreasi-bentuk3
Jadilah sekreatif mungkin dengan bentu bentuk dasar yang ada. Misalnya dengan mengominasikan antara bentuk dan huruf. Gambar di atas menunjukkan lubang di dalam huruf telah ditutupi dengan bentuk. Dalam desain ini, lingkaran dan segitiga telah digunakan untuk mengisi daerah kosong dari huruf ‘B’, ‘R’ dan ‘A’ yang bisa menimbulkan karakter kuat pada typography di atas.
Sumber foto : designschool

4. Bentuk Sebagai Penanda Bagian Penting

kreasi-bentuk4
Gunakan bentuk untuk menandai bagian penting dalam desain Anda. Seperti poin atau nomor. Sebuah bentuk kebanyakan akan menjadi titik fokus dalam desain Anda. Manfaatkan faktor visual dengan menempatkan angka atau elemen inti dalam bentuk. Untuk efek yang lebih halus, atur tingkat transparansi bentuk agar tidak kontras dan bisa masuk ke dalam desain Anda.
Sumber foto : designschool

5. Bermain Dengan Layer Bentuk

kreasi-bentuk5
Ini adalah cara unik untuk memasukkan bentuk dalam desain Anda. Bentuk dapat menjadi alat yang berguna untuk infografis atau sekedar sebagai sentuhan tambahan. Salah satunya adalah bermain dengan layer atau lapisan dari berbagai macam bentuk. Contohnya seperti gambar di atas yang menggunakan tiga macam bentuk dasar dan mengkombinasikannya secara sempurna.
Sumber foto : designschool

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://www.caradesain.com/5-cara-mengaplikasikan-bentuk-ke-dalam-sebuah-desain/

LEAVE A COMMENT