Ilmunesia - 5 Tips Memilih Hosting WordPress Murah Tapi Berkualitas

5 Tips Memilih Hosting WordPress Murah Tapi Berkualitas

5 Tips Memilih Hosting WordPress Murah Tapi Berkualitas

ilmunesia.com – Memilih hosting wordpress yang murah, saat ini memang cukup mudah untuk ditemukan. Tapi apakah layanan hosting tersebut memiliki kualitas yang memuaskan?

WordPress adalah sebuah aplikasi berbasis web yang ringan, dapat berjalan pada server yang mendukung PHP dan MySQL. Dengan begitu, hampir semua penyedia layanan hosting bisa memberikan harga yang cukup murah.

Berdasarkan kenyataan tersebut, kebanyakan orang akan mencari sebuah layanan hosting terbaik yang memberikan harga paling murah.

Tapi kita tidak boleh mengabaikan sebuah kualitas layanan yang akan didapat. Karena sangat berbeda jauh antara website yang bisa diakses dan website yang bisa diakses dengan baik. Pasti tidak mau kan punya website bisa diakses tapi lama.

Meskipun kebanyakan shared hosting dapat menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ada banyak faktor yang perlu kita pertimbangkan sebelum menggunakan layanan mereka.

Memilih Hosting WordPress

Ketika memilih sebuah web hosting, kita harus pastikan penyedia layanan bisa memberikan semua yang dibutuhkan supaya web dapat diakses dengan cepat dan lancar.

Selain hosting yang memiliki kecepatan mumpuni, hosting tersebut juga harus memiliki reputasi bagus di mata Google. Tentunya tidak mau kan web susah terindex hanya karena hostingnya memiliki reputasi buruk di mata Google.

Jadi sangatlah penting memilih hosting WordPress bukan karena hanya murah saja, tapi juga karena menawarkan kualitas server yang baik.

Ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mendapatkan hosting berkualitas selain harganya yang murah.

1. Sanggup Menangani Kebutuhan

Kualitas sebuah website memang ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari server sampai dengan script yang ada pada web itu sendiri. Dengan banyaknya plugin yang melakukan query ke database pastinya akan banyak memakan resource, dan web pun akan berjalan lambat. Bahkan terkadang pihak hosting akan melakukan suspend pada website Anda.

Untuk shared hosting yang berkualitas, dapat menjalankan lebih dari satu web WordPress dengan 10 ribu sampai 14 ribu page view per hari setiap web tanpa masalah. Ada baiknya, tanyakan terlebih dahulu apakah layanan mereka bisa menampung web dengan plugin tertentu dan berapa limit page view per hari.

2. Kecepatan Server

Sebuah web dikatakan memiliki performa yang bagus adalah yang memerlukan loding beberapa detik saja. Memiliki situs yang cepat akan membuat pengunjung betah berlama-lama, dan tidak meninggalkan web dengan alasan loadingnya lama.

Karena hal ini berpengaruh besar terhadap penjualan secara online. Contohnya saja, sebuah web online shop akan kehilangan cukup banyak penjualan dan keuntungan jika hal ini terjadi.

Kebanyakan pengguna internet saat ini semakin tidak sabar, termasuk saya atau bisa jadi Anda juga. Intinya mereka lebih menyukai yang serba cepat. Jika web yang diakses lambat pasti akan diclose dan bisa dipastikan tidak akan mau mengaksesnya lagi.

Selain dari sisi pengguna, pentingnya kecepatan sebuah web juga karena saat ini search engine seperti Google, kecepetan website juga faktor penentu rangking mereka.

3. Memilih Hosting WordPress Yang Stabil

Disamping soal kecepatan, kita juga perlu memastikan website dapat diakses tanpa masalah. Karena dampaknya tidak bagus, ketika ada pengunjung tiba-tiba websitenya muncul server error. Sayangnya hal ini akan Anda alami jika menggunakan hosting yang tidak berkualitas.

Untuk layanan hosting terbaik akan menyediakan support 24 jam untuk memonitor jalannya server. Selain itu akan menawarkan uptime lebih dari 99%.

4. Keamanan

Gunakan layanan hosting yang bisa memastikan bahwa data website cukup aman terlindungi dari berbagai masalah yang disebabkan oleh server tersebut. Tersedianya sistem backup rutin atau perlindungan data jika sewaktu-waktu data kita terhapus.

5. Layanan Pelanggan

Sebagai pengguna hosting, kita pasti akan memerlukan bantuan dari support mereka sewaktu-waktu. Meskipun bukan masalah yang serius, misalnya hanya sekedar konfigurasi dasar yang hanya diketahui oleh pihak mereka.

Pastikan support mereka siap membantu 24 jam, dan dapat dihubungi dengan cepat. Seperti tersedianya tiket bantuan, chating, email dan panggilan telpon.

Kami harap beberapa tips memilih hosting wordpress dapat membantu dalam menentukan layanan yang akan Anda gunakan untuk menunjang kelancaran usaha Anda.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/memilih-hosting-wordpress/

LEAVE A COMMENT