Ilmunesia - 6 Tips Membuat Desain Kalender Yang Baik & Profesional

6 Tips Membuat Desain Kalender Yang Baik & Profesional

6 Tips Membuat Desain Kalender Yang Baik & Profesional

ilmunesia.com – Tips wajib untuk bagaimana mendesain kalender yang baik dan profesional, menjual dan menarik dimata konsumen serta tidak tertinggal. Membuat ulang desain kalender merupakan sebuah rutinitas yang selalu dilakukan di setiap penghujung tahun oleh beberapa institusi ataupun perusahaan, karena kalender merupakan benda yang umum dan hampir ada disetiap rumah maupun kantor tidak dapat disangkal bahwa kalender menjadi bagian penting dalam perkerjaan dan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu kalender selalu menjadi media yang bagus untuk promosi karena memiliki umur yang panjang untuk dilihat.

Dan tentu saja desain kalender yang bagus berperan penting dalam proses promosi, desain kalender yang bagus, menarik dan profesional akan lebih enak dipandang dan lebih banyak menarik perhatian audience, namun sebaliknya desain yang membosankan, tidak menarik dan tidak memiliki nyawa tentu tidak akan pernah berhasil dijadikan media promosi untuk dipajang di dinding ataupun meja.

Karena itu berikut kami rangkum beberapa tips untuk membuat desain kalender yang baik dan profesional, enak dipandang serta dapat menarik perhatian konsumen anda :

1. Pemilihan Tema yang Baik dan Konsisten

Tema sebuah kalender mewakili perusahaan/bisnis anda, penggunaan warna, grafis maupun gambar harus mewakili perusahaan/bisnis anda. Maka dari itu pastikan anda memilih tema tepat untuk bisnis anda dan pastikan juga desain kalender anda memiliki tampilan yang konsisten dari januari sampai desember. Karena jika jika tema kalender anda tidak konsisten akan terlihat tidak menarik dan tidak enak dipandang, audience lebih tertarik dengan tema kalender yang konsisten dari laman awal sampai laman terakhir.
Anda juga perlu memastikan tema kalender anda tidak terlalu komersial(jualan) atau bersifat korporasi, karena harus menarik bagi audience agar dapat digunakan sehari-hari.

2. Fungsional

Kalender Perusahaan Fungsional

 

Karena masa pakai kalender yang lama, anda harus memanfaatkan secara maksimal kesempatan ini. Desain kalender anda harus bersifat fungsional, selain untuk informasi penanggalan juga harus menjadi media informasi tentang perusahaan anda, anda juga bisa mempromosikan tentang produk terbaru anda atau anda bisa memberikan informasi prestasi yang sudah dicapai perusahaan anda selama ini.

3. Bahan Kertas Yang Dipakai

Setiap kalender yang dicetak membutuhkan kertas untuk setiap laman-nya, pastikan anda memilih bahan kertas yang baik untuk desain kalender anda, bahan kertas yang biasa dipakai untuk cetak kalender adalah Art Paper 120gr jika desain kalender anda hanya mempunyai satu halaman anda bisa memakai bahan kertas dengan gramatur yang lebih tebail seperti Art Karton untuk desain kalender anda.
Anda juga bisa memilih untuk mencetak kalender di kedua sisi kertas, sehingga jumlah halaman kalender anda lebih sedikit, tapi cara ini sangat jarang di pakai karena terlihat ribet audiende harus membolak balik kalender untuk melihat halaman selanjutnya.
Jika anda bergerak dibidang lingkungan anda bisa menggunakan bahan kertas daur ulang untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa perushaan/bisnis anda memikirkan keadaan lingkungan.

4. Pemilihan Gambar Yang Baik

Inspirasi Desain Kalender

 

Pilihlah gambar yang memiliki kualitas dan resolusi yang tinggi sehingga kalender anda terlihat tajam dan menarik bagi audience anda. Hindari penggunaan gambar yang berlebihan pada kalender anda karena akan terlihat mengganggu dan berantakan serta akan sulit menemukan gambar yang konsisten dan cocok digunakan pada kalender.
Gunakanlah maksimal 7 gambar disetiap halaman kalender anda dan gunakan gambar yang berhubungan dengan perusahaan/bisnis anda, intinya gunakan gambar sesuai kebutuhan hanya untuk memberi informasi kepada audience.

Anda bisa menggunakan stock gambar yang tersedia di internet dan membelinya, namun jika anda tidak memiliki budget untuk itu anda bisa memakai stock gambar gratis yang disediakan oleh beberapa situs di internet.

5. Buat lebih Minimalis

Kalender Minimalis
Sumber : www.soocadesign.com

 

Buatlah desain kalender anda lebih minimalis berikan juga ruang dan jarak yang pas untuk elemen-elemen yang ada pada kalender anda, hal ini akan membuat kalender anda lebih hidup dan enak dipandang.
Hindari penggunaan efek-efek berlebih seperti efek transparan dan gradasi warna yang berlebihan, karena trend yang berkembang sekarang lebih ke arah minimalis maka dari itu desain kalender yang anda buat pun harus mengikuti tren yang anda sehingga desain kalender anda terlihat lebih up to date.

6. Buat Kalender Seperti Portfolio (Optional)

Tips terakhir ini merupakan pilihan opsional untuk perusahaan/bisnis yang memiliki berbagai macam layanan, desain ataupun produk. anda bisa menampilkan elemen-elemen berbeda dari bisnis anda pada setiap halamannya. Hal ini bisa menjadi nilai plus bisnis anda dimata audience.

Foto : Istimewa
Sumber : http://www.jagodesain.com/2016/01/tips-desain-kalender.html

LEAVE A COMMENT