Ilmunesia - 7 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Theme WordPress Gratisan

7 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Theme WordPress Gratisan

7 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Theme WordPress Gratisan

ilmunesia.com – Mungkin post ini terlihat menyebalkan, konyol bahkan sedikit kontroversial, tetapi setidaknya Anda harus mengetahui juga, bahwa theme wordpress gratisan tidak selamanya baik walaupun tampilannya bagus.

Sekali lagi saya tidak sedang mengintimidasi atau mengharuskan menggunakan theme berbayar, tapi sedikit ulasan ini bisa memberi pengertian atau setidaknya membandingkan antara theme gratisan dengan theme berbayar, terutama jika blog Anda digunakan untuk mencari penghasilan.

Dari ribuan theme gratisan wordpress anda bisa memilih bahkan berganti theme sesuka hati untuk menemukan kecocokan, satu hal yang Anda inginkan pastilah menemukan tampilan yang sesuai. Nah, tidak diragukan lagi bahwa tampilan theme yang menjadi bahan pertimbangan.

Bukan masalah uang yang seharusnya menjadi alasan jika blog yang Anda gunakan sebagai investasi jangka panjang Anda sendiri. Menurut saya pribadi tidaklah rugi mengeluarkan modal awal untuk membeli theme premium.

Mengapa Theme WordPress gratisan kurang bagus  untuk digunakan?

Beberapa hal dibawah ini hanya opini yang setidaknya perlu Anda pertimbangkan jika ingin menggunakan theme wordpress gratisan, selain segi keamanan mungkin beberapa fitur theme sangat jauh berbeda dengan theme premium.

theme wordpress gratisan

 1. Link credit yang mengarah ke pembuat Theme

  • Sebenarnya ini masalah sepele karena hanya sebuah link credit saja yang biasanya ditempatkan di footer, tetapi apakah Anda tau link tersembunyi lainnya? Biasanya link tersebut mengarah ke situs-situs affiliasi atau bahkan ke situs yang mempunyai kredibilitas buruk dan mumgkin berbahaya.

2. Tidak ada optimasi SEO dalam Theme gratisan wordpress

  • Sebenarnya tidak secara keseluruhan theme wordpress  gratisan tidak memiliki bult in Seo, tetapi rata-rata hal ini diabaikan karena lebih mengutamakan tampilan luarnya saja. Hal ini jelas berbeda dengan theme premium yang lebih mengutamakan Seo karena dikerjakan oleh Team pengembang.

3. Theme dipenuhi kode script yang berlebihan

  • Semakin bagus dan menawan sebuah theme pastinnya akan sarat dengan kode script yang membebani dan akan semakin lambat untuk diakses. Jadi jangan tertipu hanya karena sebuah tampilan.
  • Menurut para pakar dan ahli, theme yang bagus dan ideal hanya menggunakan kode javascript dan CSS sebanyak 12 sampai 15 kode saja.

4. Fitur theme yang dibatasi

  • Pastinya Anda tidak akan mendapat fitur yang ready sepenuhnya jika menggunakan theme wordpress gratisan, sebagian fiturnya pasti dibatasi. Tujuannya adalah memancing Anda untuk membeli versi premium.
  • Fitur lain seperti theme option dan pengaturan secara manual dalam seting dasboard pastinya tidak selengkap versi premium. Tentunya Anda akan sangat kesulitan menambah fitur secara manual jika tidak mengerti masalah kode php.

5. Tidak ada dukungan support center secara langsung dari pengembang

Kebanyakan theme wordpress gratisan tidak mempunyai dukungan atau support secara langsung dari pengembang, jika menemui hambatan masalah theme, jalan satu-satunya kita sendiri yang harus bisa mengatasinya.

6. Tidak ada dukungan update theme

Theme wordpress gratisan sangat jarang melakukan update, terkecuali memang theme tersebut banyak diminati dan mempunyai kredibilitas serta banyak penggunanya.

7. Masalah kompatibilitas plugin

  • Selain banyak masalah diatas, beberapa theme wordpress gratisan mempunyai masalah dengan plugin yang tidak cocok dan tidak berjalan dengan semestinya ketika plugin di aktifkan, hal ini justru akan merusak theme Anda sendiri karena masalah tersebut.

Selain itu jika anda menggunakan theme wordpress gratisan akan kalah saing dengan blog lain yang menggunakan theme premium, selain dari segi SEO theme yang kurang memadai, loading yang lambat serta tidak ada pembaharuan update theme akan memaksa Anda tertinggal jauh dengan pesaing blog lainnya.

Sekali lagi ini bukan intimidasi, kalau untuk sekedar belajar saya sarankan menggunakan theme wordpress gratisan. Tetapi jika sudah melangkah dan serius menekuni blog sebagai aset penting saya sarankan menggunakan theme wordpress premium.

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/theme-wordpress-gratisan/

LEAVE A COMMENT