Ilmunesia - 7 Cara Mendapatkan Banyak Followers Aktif dan Real Human di Instagram

7 Cara Mendapatkan Banyak Followers Aktif dan Real Human di Instagram

7 Cara Mendapatkan Banyak Followers Aktif dan Real Human di Instagram

ilmunesia.com – Bagaimana sih cara mendapatkan/meningkatkan banyak followers aktif di Instagram? Mungkin sebagian dari kita pernah merasakan itu. Sudah buat akun instagram, upload foto, edit bio tetapi jumlah followersnya sedikit dan itu-itu saja. Nah, di artikel ini akan membahas cara mendapatkan Followers Real Human di Instagram

Setiap pebisnis online pasti akan bangga jika akun mereka memiliki banyak followers, bukan hanya akun pribadi saja, tapi juga akun online shop untuk keperluan bisnis. Bila jumlah followersnya banyak, reputasi online shop tentu akan terlihat baik dan terpercaya.

Maka jangan heran jika banyak yang tertarik untuk membeli followers melalui beberapa penyedia jasa atau tools berbayar. Kisaran harganya juga variatif, biasanya 100 followers ada pada rentang harga Rp 30.000-60.000 dan kelipatan setelahnya jika ingin mendapatkan followers lebih banyak lagi.

Nah, perlu Anda tahu, followers yang dijual belum tentu mereka followers aktif. Mungkin saja mereka termasuk pasif dan tidak termasuk target market Anda sehingga jarang sekali memberi like atau komentar pada foto yang Anda upload.

Maka dari itu, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu cara mendapatkan followers aktif paling efektif dan asli manusia, bukan akun kloningan yang jarang berinteraksi.

Cara Mendapatkan Followers Aktif di Instagram (Real Human)

cara mendapatkan followers aktif Instagram

Berikut ini adalah cara-cara mendapatkan followers secara gratis di Instagram:

1. Akun Harus Fokus dengan Topik (Niche) yang Spesifik

Ini adalah hukum alam, yang bisa fokus pada satu topik pasti lebih berjaya. Bukan hanya di Instagram, semua hal yang fokus pada topik yang spesifik umumnya lebih memiliki ciri khas dibanding mereka yang topiknya bermacam-macam.

Akun Instagram yang berhasil umumnya fokus pada satu topik dan isinya masih berkaitan dengan topik tersebut. Jika Anda suka travelling, coba upload foto hasil jepretanmu selama di lokasi beserta pemandangan indahnya.

Begitu pun dengan hal lainnya, Anda bisa memotret sesuatu yang kamu sangat sukai. Semakin fokus foto-foto yang Anda upload, semakin bagus pula akun Instagram Anda.

Apalagi jika akun Anda itu digunakan untuk berjualan, tentu niche yang dipilih tidak berbeda jauh dari lini bisnis Anda. Misalnya, jika Anda berjualan casing hp, maka tema yang harus Anda angkat adalah ‘casing hp’.

Jangan sekali-kali Anda mencampur dengan topik lain seperti baju, tas, sepatu, perhiasan, jam tangan dan lain sebagainya. Kalau pun ingin begitu, Anda masih bisa mengunggah foto yang berkaitan dengan topik seperti powerbank hp, headset hp, iRing, dan aksesoris hp lainnya.

Posting foto-foto tersebut, lalu atur penataan foto agar lebih menarik dan enak dilihat. Hal ini dilakukan supaya calon followers tertarik untuk mengikuti akun Anda.

Note: Jika calon followers melihat akun Anda bermacam-macam barang dagangan, biasanya mereka akan malas untuk mengikuti akun Anda karena berpikir kurang professional.

2. Unggah Konten yang Menarik dan Berkualitas

Sosial media Instagram memang sepertinya lebih menonjolkan visual dibanding tulisannya. Konten yang berkualitas, baik itu foto maupun video merupakan parameter keberhasilan suatu akun di Instagram. Jika Anda ingin menggaet followers lebih banyak, Anda perlu memerhatikan hal ini.

Upload foto yang memiliki resolusi tinggi, kalau bisa persiapkan keperluan fotografi agar kualitasnya semakin bagus. Selain itu, usahakan juga untuk upload foto secara berkala dengan kualitas konten yang bagus agar calon followers tergerak hatinya untuk mengikuti akun Anda.

Hal ini juga bisa meningkatkan interaksi seperti like, komentar, regram, repost dan lainnya. Idealnya, Anda harus mengunggah minimal 3-5 konten perhari agar akun selalu berkembang.

Semakin rutin Anda posting konten, semakin besar pula peluang calon followers untuk mengikuti akun Anda.

3. Jangan SPAM!

Mengunggah konten secara rutin memang diperlukan, tapi jangan sekali-kali SPAM atau mengunggah secara berlebihan. Hal ini malah membuat followers merasa tidak nyaman dan akhirnya ‘unfollow’. Anda tidak mau hal ini terjadi bukan?

Jika ya, coba berikan jeda pada setiap postingan Anda misalnya 4 jam sekali. Anda juga bisa membuat jadwal kapan harus mengunggah foto setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih fokus dalam merawat akun.

Note: Perlu diketahui juga, melakukan SPAM di Instagram juga bisa menyebabkan akun kita dibanned atau dihapus secara permanen. Sudah banyak kasus akun yang tertimpa nasib seperti ini.

Jika Anda tidak menginginkan hal seperti ini terjadi, ikuti saja aturan main dari Instagram.

4. Posting di Waktu-waktu Potensial

Coba analisa waktu-waktu yang sekiranya potensial mendatangkan followers, misalnya pada siang atau sore hari. Anda juga bisa mengunggah konten pada pagi hari sebelum mereka memulai bekerja. Berikut ini rentang waktu yang cukup potensial:

  • Pagi hari: pukul 06.00-09.00 (sebelum beraktivitas produktif)
  • Siang hari: pukul 11.00-14.00 (waktu istirahat)
  • Sore hari: pukul 06.00-09.00 (waktu pulang kerja)
  • Malam hari: pukul 19.00-21.00 (waktu senggang)

Di jam-jam tersebut, potensi orang melihat foto kita benar-benar tinggi. Coba lakukan penambahan konten pada waktu-waktu tersebut.

5. Tambahkan Deskripsi yang Memikat Perhatian

Meski Instagram itu menonjolkan foto dan video, Anda jangan sekali-kali menyepelekan fitur caption/deskripsi yang ada pada Instagram. Dengan memberi deskripsi pada foto, konten Anda tentu menjadi lebih berbobot dan berkualitas.

Di sini, Anda bisa melakukan berbagai teknik copywriting yang memikat perasaan. Berikanlah kata-kata motivasi, mengajak interaksi, challenge, trigger dan sejenisnya untuk menggaet followers lebih banyak.

6. Jangan Lupa Berikan Hastag setiap Upload Konten

Tanda pagar atau yang disebut ‘hastag’ ternyata memegang peranan penting di Instagram, terlebih Instagram memiliki fitur search berdasarkan tags yang digunakan sebagai keyword (kata kunci).

Jika Anda ingin mendapatkan followers banyak aktif dan real human, cara yang satu ini juga cukup powerfull untuk Anda coba.

Berikanlah hastag yang relevan pada setiap foto yang Anda unggah.

Contohnya seperti ini, Anda upload foto casing hp iPhone 7, maka hastag yang bisa dioptimasi yaitu #casinghp #casingmurah #casemurah #casingiphone7 #caseiphone7 #caseiphone dan sebagainya.

Kalau Anda tidak ingin ribet, Anda bisa riset hastag di Websta.me atau allhastag.com. Dua website ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan hastag yang potensial.

Mendapatkan Followers

Mendapatkan hastag yang potensial

Dengan fitur hastag, semua konten yang Anda upload bisa ditemukan oleh banyak orang. Jika ada yang melihat dan tertarik dengan akun Anda, mereka bisa saja akan melakukan follow pada akun Anda. Hal ini tentu sangat munguntungkan bukan?

7. Follow dan Unfollow

Teknik follow dan unfollow merupakan cara terakhir untuk mendapatkan followers aktif di Instagram. Sebenarnya ini adalah teknik lama, namun penggunaannya masih cukup powerfull untuk meningkatkan followers.

Coba Anda cari akun kompetitor Anda, lalu lihat followersnya di bawah bio akun Instagram. Anda juga bisa melihat setiap konten competitor lalu mencari orang-orang yang memberi komentar. Orang-orang ini biasanya lebih aktif dan berminat terhadap foto yang sudah diposting.

Setelah sedikit menganalisa, lakukan following pada mereka secara rutin, namun jedanya jangan terlalu singkat. Intinya, lakukan following secara natural agar tidak dianggap SPAM. Follow 60 akun setiap harinya, dengan rentang 1 jam maksimal 15 akun.

Setelah beberapa hari, biasanya mereka akan follback pada akun Anda. Dalam jeda 3-4 hari, lakukan unfollow pada mereka untuk mengurangi jumlah following Anda.

Lakukanlah hal ini secara rutin minimal sampai dua bulan, niscaya akun Anda akan banjir followers.

Nah itulah beberapa cara untuk mendapatkan followers aktif dan real human di Instagram. Cara-cara ini tentu saja masih efektif, aman dan powerfull untuk meningkatkan followers.

Tentunya bukan followers pasif yang tidak suka memberi like dan komentar. Cara ini benar-benar bisa meningkatkan followers aktif yang suka berinteraksi dengan Anda. Semoga Bermanfaat. Terimakasih.

Selamat praktek!

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/mendapatkan-followers-aktif-instagram/

LEAVE A COMMENT