Ilmunesia - 7 Tips Memaksimalkan Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal

7 Tips Memaksimalkan Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal

7 Tips Memaksimalkan Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal

ilmunesia.com – Siapa sih yang tidak kenal dengan Aplikasi Instagram? Saya yakin kalian semua sudah pernah atau bisa jadi sedang tergila-gila dengan aplikasi ini. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara memaksimalkan Instagram, agar akun Anda semakin populer dan terkenal.

Jika anda memang sedang tergila-gila dengan Instagram, sepertinya anda tidak perlu malu atau bahkan sembunyi-sembunyi dalam memainkannya. Karena belakangan ini aplikasi Instagram memang sedang hits-hitsnya sehingga bukan cuma anda yang mengalami “Kegilaan” dalam memainkan aplikasi yang satu ini.

Aplikasi berbasis foto dan video sederhana ini dapat dijalankan oleh perangkat mobile berbasis iOS, Android, dan juga Windows Phone. Kehadiran Instagram dirasa sangat berperan dalam mengatasi masyarakat yang mulai jenuh dengan sosial media lain seperti Facebook dan Twitter. Yang belakangan ini hanya berisikan berita hoax, dan berita tak penting lainnya.

Instagram yang menyajikan foto serta video unik dan menarik, membuat “pelarian” masyarakat yang mulai jenuh akan sosial media lain semakin sempurna. Bahkan tidak jarang pula dengan memaksimalkan Instagram mampu meroketkan nama pengguna yang mana berasal dari masyarakat biasa-biasa saja, alias belum pernah eksis sebelumnya.

Ketimbang makin bingung, mari kita simak bagaimana cara mengelola akun dan memaksimalkan Instagram agar menarik dan membuat akun tersebut menjadi terkenal dan mampu membawa keuntungan bagi pemiliknya. Oh ya, sebelumnya jangan lupa follow Instagram saya di username berikut ini ya @arnolduspt, Hehehe.

Tips Memaksimalkan Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal

instagram smartphone

1. Mulailah dengan merapikan username

Gunakanlah username yang singkat dan mudah di kenali orang. Atau kalau boleh menyarankan, nama asli anda adalah yang paling tepat untuk dijadikan sebagai username.

Menggunakan nama asli sebagai username akan sangat membantu, seperti membuat orang lain merasa yakin bahwa akun yang hendak mereka follow bukanlah akun spam. Selain itu juga memudahkan teman dan saudara anda untuk menemukan akun Instagram anda melalui kotak penelusuran.

Atau jika anda menggunakan Instagram sebagai sarana mempromosikan produk, pastikan bahwa username yang anda pilih tidak terlalu panjang dan berbelit-belit, intinya jangan alay!

2. Pilihlah foto profil terbaik, dan bio yang mewakili dengan diri anda

Sama halnya dengan username, foto profil dan bio adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak, username akan menjadi kesan pertama bagi user lain ketika hendak memfolow akun instagram anda.

Oleh karena itu, dalam pemilihan foto profil, pastikan anda menggunakan foto asli dan memilih yang terbaik di antara puluhan atau mungkin ribuan stock foto yang anda miliki.

Sedangkan untuk urusan bio, hal ini seharusnya anda menuliskan sesuatu yang mewakilkan diri anda di dunia nyata, hindari penulisan bio alay.

Nah, di atas adalah contoh bio alay yang sering saya jumpai di beberapa akun Instagram alay, hehe. Bisa kita lihat sendiri, jika bionya saja seperti itu sepertinya user lain yang tadinya tertarik akan mengurungkan niat mereka untuk memfollow akun Instagram kalian kan.

Usahakan menulis bio yang sangat menarik sehingga harus di pikirkan dengan matang dan berulang-ulang. Meskipun saya bilang sangat menarik, tapi jangan juga pergunakan kata-kata mutiara sebagai bio anda. Karena kesannya enggak banget deh.

Lebih baik be your self saja dengan menuliskan apa yang mewalikan diri anda. Seperti daerah asal, identitas kampus dan jurusan, serta pekerjaan yang sedang anda lakukan saat ini.

3. Kurangi foto selfie dengan tempat dan pose yang kurang menarik

instagram smartphone

Menurut survey yang saya lakukan kepada teman-teman saya, 9 dari 10 orang tidak terlalu suka melihat postingan Instagram yang hanya berisikan foto selfie dengan tempat bahkan pose yang tidak menarik sema sekali.

Tempat dan pose yang tidak menarik ini, contohnya adalah foto di kamar dengan muka ngantuk serta caption yang berbunyi “Muka baru bangun, gapake make up”. Faktanya tidak akan ada yang peduli dengan foto dan caption seperti itu, kecuali anda adalah Luna Maya.

Yah, pada intinya usahakan saja foto tersebut memiliki latar yang layak, serta pose tercantik atau terganteng yang bro/sist miliki ya.

4. Tentukan konsep foto untuk akun instagram anda

instagram smartphone

Jika pada poin ke dua kita membahas mengenai pengurangan jumlah foto selfie yang tidak terlalu menarik di pandang mata. Ada baiknya anda mulai belajar  membuat sebuah konsep atau tema guna memaksimalkan Instagram anda.

Ini bisa saja berasal dari profesi anda, semisal anda adalah seorang fotografer maka anda dapat mengupload karya-karya fotografi tersebut di Instagram untuk menambah jumlah follower.

Atau bisa juga konsep tentang alam, tentang makanan, dan juga travel. Gallery yang terkonsep seperti ini akan semakin menambah minat orang untuk memfollow Instagram anda, karena apa yang anda sajikan memang sangat menarik untuk di simak.

5. Kombinasikan foto dan video Instagram anda, untuk menciptakan feed yang cantik dan menarik

instagram smartphone

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai perencanaan konsep, kali ini yang harus dilakukan adalah mengolah dan mengkombinasikan konsep tersebut. Tujuannya agar tercipta feed Instagram yang cantik dan menarik minat pengguna lain untuk memfollow akun anda.

Membuat feed yang cantik, diyakini sangat ampuh dalam mencari follower yang mana akan membuat akun anda semakin terkenal nantinya. Oleh karena itu, sebelum anda siap untuk mengupload sebuah foto atau video dalam akun anda, berikut adalah tips untuk membuat feed semakin menarik :

Pastikan foto anda memiliki warna yang senada

Galeri yang memuat foto secara acak-acakan, cenderung tidak disukai oleh pengguna Instagram lain. Kebanyakan orang yang menggunakan Instagram, tidak memikirkan mengenai feed mereka. Sehingga akan jarang ditemukan pengguna yang memiliki galeri yang menarik.

Meskipun foto anda bagus, tapi perhatikan juga komposisi warna dalam foto yang hendak di upload. Maksudnya usahakanlah untuk mengupload foto-foto yang memiliki wana senada, seperti contoh user di bawah ini.

memaksimalkan Instagram

Galeri tersebut milik seorang pengguna Instagram dengan user @adhigunasosiawan, terlihat sangat menarik bukan?

Bisa kita lihat warna putih mendominasi galeri tersebut. Meskipun tidak semuanya berwarna putih namun tetap saja warna tersebut menjadi warna utama, yang membuat antara satu foto dengan foto lainnya saling berkaitan. Sehingga menciptakan galeri yang cantik dan menarik untuk di follow.

Kolaborasikan juga dengan bingkai

Masih dengan contoh galeri dari mas @adhigunasosiawan. Bisa kita lihat di atas jika dia menggunakan bingkai-bingkai untuk menjadikan galerinya semakin menarik.

Andapun bisa mengikuti jejaknya dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pihak ke tiga, yang banyak bertebaran di google play dan app store smartphone anda. Manfaatkanlah aplikasi tersebut untuk membuat galeri yang semakin menarik sehingga banyak orang tertarik untuk menjadi salah-satu dari follower anda.

Atau, gunakan aplikasi Insta grid untuk memotong foto anda menjadi beberapa bagian

Anda juga dapat mengunduh aplikasi untuk memotong foto dalam beberapa bagian, seperti Insta grid untuk memaksimalkan Instagram dengan membuat galeri anda semakin menarik.

Banyak sekali orang yang telah sukses mempercantik galeri mereka dengan menggunakan trik yang satu ini. Selain itu foto yang kalian upload ke Instagram juga akan terlihat lebih besar dan leluasa untuk diperhatikan.

Tips memaksimalkan Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal

Namun perhatikan juga, jangan sering-sering menggunakan trik ini. Karena kalau anda sering menggunakannya maka user lain akan terganggu dengan foto-foto anda yang tertumpuk-tumpuk dan seakan menjadi spam di beranda mereka. Tak jarang mereka yang kebanyakan pakai trik ini malah berakhir dengan kehilangan beberapa follower mereka.

6. Upload foto dengan waktu yang terjadwal

Agar dapat memaksimalkan Instagram dan akun anda semakin di kenal oleh orang, maka pastikan selalu ada foto yang anda upload setiap harinya. Hal ini dilakukan agar anda tidak di unfollow user lain, karena meraka beranggapan bahwa akun anda sudah tidak aktif lagi.

Oleh karena itu, pastikanlah anda telah memiliki jadwal upload tersendiri agar jangan sampai dianggap spam karena sering upload foto, dan  kehabisan stok untuk hari berikutnya.

Dalam memilih jadwal upload, pastikan juga anda memilih waktu-waktu tertentu saat banyak user sedang aktif agar mendapatkan like yang banyak. Seperti pada jam-jam makan siang dimana banyak orang sedang menikmati waktu istirahat sambil mencari hiburan di aplikasi Instagram.

7. Jadilah user yang aktif dalam membalas dan memberikan komentar serta like

Jika akun anda sudah mulai terkenal, jangan lupa untuk membalas mereka yang bertanya pada kolom komentar foto anda. Hal ini akan menimbulkan kesan bahwa anda adalah user yang friendly alias tidak sombong.

Selain membalas komentar yang masuk pada akun anda, tidak ada salahnya untuk memberikan tanggapan atau sekedar menyapa pengguna lainnya. Keaktifan ini akan membuat akun anda semakin dikenal oleh orang-orang dan juga bisa mendatangkan followers untuk anda.

Sedangkan untuk like, gimana anda bisa mendapatkannya jika anda sendiri malas untuk memberikan like pada foto orang lain. Jadi pastikan anda tidak menjadi user sombong yang hanya ingin mendapatkan like, tanpa mau memberikan like pada user lain.

Setelah mengetahui tips memaksimalkan Instagram dengan mengelola galeri agar semakin rapi dan dikenal banyak orang. Ada baiknya juga kita mambahas mengenai apa saja keutungan yang bisa didapatkan jika kita memiliki akun yang terkenal, agar dalam mengelolanya kita semakin semangat.

Manfaat punya akun Instagram yang terkenal

smartphone aplication instagram

1. Daya tarik dan menambah kepercayaan diri

Percaya atau tidak, mereka yang memiliki jumlah follower di atas rata-rata, biasanya akan mudah menemukan kepercayaan diri mereka.  Tidak hanya itu, follower yang banyak juga membuat daya tarik orang lain kepada diri anda semakin bertambah. Mereka akan memposisikan diri anda sebagai seorang motivator yang membuat mereka ingin mengikuti jejak anda.

Tapi problemnya adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan followers yang banyak ? Sebelumnya coba jawab pertanyaan ini terlebih dahulu.

Jika anda berjalan-jalan di sebuah mall baru, kemudian saat makan siang anda melihat ada 2 buah restoran, jualannya sama persis, yang satu ramai pengunjung dan yang satu sepi, kira-kira anda mau makan di restoran yang mana?

Jika anda sama seperti saya, pasti anda akan pilih yang ramai bukan ? di dunia nyata, kita bisa mengundang orang untuk makan gratis atau menggunakan customer bayaran untuk memancing customer sesungguhnya. cara ini juga bisa dilakukan di instagram, dengan membeli followers pasif sebagai pancingan terlebih dahulu.

Meskipun followers pasif ini pada akhirnya akan berkurang karena terdeteksi oleh instagram, namun dapat menjadi cara tercepat anda untuk membangun followers instagram. Saran saya jangan membeli followers pasif terlalu banyak di awal. cukup 1500-2500 followers terlebih dahulu, agar terlihat lebih natural pertumbuhannya. Anda bisa tambahkan lagi di bulan berikutnya.

Salah satu kendala lagi adalah mencari vendor penambah followers instagram yang terjamin dan terpercaya. Karena banyak pula yang tertipu saat membeli lewat akun media sosial yang tidak jelas penjualnya.

Sekarang jangan takut lagi, karena sudah ada vendor berkualitas yang terpercaya ► http://celebfans.id yang sudah banyak membantu ribuan pengguna sebelumnya. Followers yang diberikan juga berkualitas dan Customer Servicenya cepat tanggap.”

Namun yang sangat perlu untuk diingat jangan sampai lupa diri, dan menjadi sombong ketika anda berhasil memaksimalkan Instagram dan mengelola akun tersebut hingga akhirnya terkenal. Kasus seperti ini sering sekali terjadi, yang mana pada akhirnya anda hanya akan dibenci dan sia-sialah jika akun terkenal namun sebenarnya dibenci banyak orang.

2. Portfolio

Ada beberapa pekerjaan, seperti desainer, fotografer, atau seniman, yang menuntut anda memiliki portfolio yang menarik. Instagram dapat anda pergunakan sebagai galeri yang menyajikan karya-karya terbaik anda sehingga klien yang hendak berbisnis dapat melihat karya tersebut melalui galeri Instagram yang anda miliki.

Instagram adalah aplikasi yang populer, hal ini tentu saja berdampak baik jika anda menggunakannya sebagai portfolio seperti ini maka akan sangat menguntungkan. Karena mereka yang ingin bekerja sama dengan anda dapat langsung mencari dan melihat portfolio tersebut kapan saja, dan dimana saja.

Saya sendiri sedang mencoba untuk membuat galeri Instagram saya sebagai portfolio dari karya-karya yang saya miliki. Yah meskipun masih dalam tahap proses, namun hal ini saya tujukan untuk menambah kenalan dan inspirasi dari fotografer-fotografer lain yang juga menggunakan Instagram sebagi portfolio mereka.

3. Kemudahan dalam mempromosikan produk

Jika sudah terkenal dan memiliki banyak follower, sudah pasti akun tersebut bisa dipergunakan untuk yang namanya bisnis. Jika anda sedang mengelola usaha yang menawarkan suatu produk maka eksistensi anda di Instagram akan membawa banyak keuntungan dalam promosi yang anda lakukan.

Memang pada awalnya akan sulit memaksimalkan Instagram dan membuat akun tersebut terkenal, namun jika anda sabar maka anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan, seperti sarana promosi produk seperti ini.

Bisa anda bayangkan sendiri, jika follower yang banyak tersebut tertarik dengan produk yang anda tawarkan, maka itu akan sangat menguntungkan bagi jalannya usaha yang anda miliki. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk menyewa space iklan di website, karena anda sudah bisa mempromosikan produk tersebut secara mandiri.

4. Endorsement

Tidak hanya mempromosikan produk orang lain, follower yang banyak juga menarik minat orang lain untuk melakukan bisnis dengan anda. Mereka akan meminta tolong agar anda mempromosikan produk mereka dengan imbalan berupa barang atau uang yang sudah disepakati sebelumnya.

Banyak orang tertarik melakukan endorsemet, dikarenakan tidak semua follower akan tertarik dengan apa yang di tawarkan oleh suatu akun.

Sedangkan dengan bekerja sama dengan akun terkenal (Dalam kasus ini adalah akun anda) dapat menambah kemungkinan produk mereka di beli. Karena mereka telah memperluas jangkauan produk mereka dengan berpromosi melalui akun yang berda dengan follower yang berbeda pula.

5. Menyediakan space iklan

Agak mirip dengan endorsement, anda bisa memanfaatkan akun yang anda miliki untuk mencari uang tambahan. Dengan menyewakan space iklan untuk mereka yang hendak mempromosikan produk.

Jadi, ketika akun yang anda kelola sudah mulai terkanal anda dapat membuka lowongan bekerjasama kepada pemilik-pemilik produk untuk mengupload foto produk atau brand mereka dalam beberapa foto, yang akan ditampilkan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

Bagaimana, apa yang kita bahas di atas adalah hal paling sederhana untuk memaksimalkan Instagram dengan merapikan galeri dan hal penting lainnya agar menjadi terkenal. Jika anda sudah membaca artikel ini sampai selesai, maka hal selanjutnya tinggal mempraktekkannya saja, karena akan sangat menguntungkan jika akun anda dikenal oleh banyak orang.

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/tips-memaksimalkan-instagram/

LEAVE A COMMENT