Ilmunesia - 8 Situs Pembuat Infografis Gratis untuk Membuat Desain Semakin Keren

8 Situs Pembuat Infografis Gratis untuk Membuat Desain Semakin Keren

8 Situs Pembuat Infografis Gratis untuk Membuat Desain Semakin Keren

ilmunesia.com – Infografis adalah salah satu cara terbaik untuk menyajikan data tanpa membuat audiens merasa bosan. Ada banyak orang yang memiliki data mengesankan, akan tetapi yang tidak mereka ketahui adalah bagaimana menciptakan infografis yang informatif dan dirancang dengan baik.

Untungnya, ada banyak sekali situs infografis yang tersebar di dunia maya. Dan situs-situs tersebut, diharapkan mampu membantu kebanyakan orang dalam membuat infografis yang bagus hanya dalam hitungan menit.

Mengenal Infografis

Infografis itu berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphics.

Infografis (infographics) adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat, sebagaimana yang dilansir dari House Of Infographics.

Selain itu, Infografis juga terdiri dari beberapa jenis, seperti:

1. Infografis statis.

2. Infografis animasi.

3. Infografis interaktif.

Penasaran dengan situs-situs yang dimaksud? Simak pembahasannya dibawah ini!

Daftar Situs Pembuat Infografis

Kurang lebih ada delapan situs pembuat infografis yang bisa kamu coba, dan mungkin salah satunya memang sudah kamu coba atau menjadi favorit kamu ketika ingin membuat infografis.

Dan kedelapan situs tersebut adalah:

1. Piktochart

Gambar: Piktochart

Nama Piktochart sudah tidak asing lagi, karena situs yang satu ini mungkin sudah kamu gunakan untuk membuat infografis. Adapun untuk memulai desain infografis, kamu tinggal mengunjungi website resmi Piktochart.

Setelah itu, lakukan pendaftaran via email atau langsung masuk menggunakan Facebook. Dan ketika sudah masuk ke dashboard area akan ada tiga pilihan yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Infographic.

2. Presentation.

3. Printable.

Silahkan kamu pilih salah satu dari ketiganya. Kemudian, proses pembuatan desain sudah bisa dilakukan.

Di Piktochart sendiri sudah disediakan beberapa template gratis, namun apabila kamu ingin membuat desain sendiri, silahkan klik “Create New” dan disana sudah disediakan fitur-fitur yang begitu lengkap.

2. Canva
Situs Pembuat Infografis

Gambar: Canva

Canva sama seperti Piktochart, Canva sudah begitu terkenal dan familiar sebagai situs pembuat infografis, karena sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Untuk memulai desain infografis dengan Canva, silahkan langsung menuju ke situs resminya.

Jika kamu sudah mengunjungi situs resminya, silahkan masuk dengan akun Google atau Facebook. Setelah itu, klik “More” di Create a design.

Kemudian, cari infographic dan kamu sudah bisa langsung membuat desain sendiri atau menggunakan template dari Canva.

Dan yang harus kamu ketahui adalah desain dari Canva ada yang berbayar dan adapula yang gratis. Dan untuk mencari yang gratis pastikan kamu memilih desain yang bertanda free.

Selain untuk membuat desain infografis, kamu juga bisa membuat desain lain, seperti:

1. Sertifikat.

2. Resume.

3. Wallpaper desktop.

4. Undangan.

5. Postingan sosial media, dll.

3. Visme
Situs Pembuat Infografis

Gambar: Visme

Di situs ini, sebelum kamu memulai membuat desain diharuskan mengisi beberapa kolom, seperti pekerjaan, tempat bekerja hingga tujuan membuat desain.

Jika sudah mengisi kolom tersebut, maka kamu sudah bisa menggunakan akunmu di Visme. Selain sebagai situs pembuat infografis, di Visme kamu juga bisa membuat beberapa desain, seperti:

1. Presentation.

2. Charts & reports.

3. Social graphics.

Untuk menjajal dan merasakan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Visme, silahkan kamu mengunjungi situs resminya di Visme.co.

4. Infogram
Situs Pembuat Infografis

Gambar: Infogram

Situs nomor 4 ini tak kalah bagus dengan situs pembuat infografis lainnya, dimana fitur-fitur yang disediakan Infogram cukup banyak dan membantu dalam proses pembuatan desain infografis.

Fitur yang disediakan infogram, diantaranya adalah:

1. Add chart.

2. Add map.

3. Add graphics, dll.

Selain membuat infografis, kamu pun juga bisa membuat desain Instagram, Facebook, Twitter dan beberapa desain lain yang tentunya akan sangat membantu.

Untuk mulai menggunakan Infogram, silahkan mengunjungi situs resminya di infogr.am dan masuk dengan akun Facebook atau Google yang kamu miliki.

5. Venngage
Situs Pembuat Infografis

Gambar: Venngage

Menyenangkan sekali menggunakan situs pembuat infografis Venngage, karena di situs ini ada banyak template gratis maupun berbayar yang bisa kamu gunakan.

Selain itu, ada beberapa kategori template yang bisa kamu pilih, seperti:

1. Informational.

2. Statistical.

3. Process.

4. Tutorials.

5. Fun data, dll.

Untuk membuktikan banyak atau tidaknya template di Venngage, silahkan kamu mengunjungi situs resminya di Venngage.com dan mulailah menikmati desain-desain yang ditawarkan.

6. Easelly
Situs Pembuat Infografis

Gambar: Easelly

Ada 16 kategori yang disediakan situs pembuat infografis Easelly untuk memudahkan para penggunanya dalam membuat infografis.

Selain ada banyak kategori yang diberikan, proses pengeditan template bawaan Easelly terbilang mudah.

Dan berikut ini beberapa kategori template yang ada di Easelly:

1. Animals.

2. Business.

3. Sports.

4. Science.

5. Timeline, dll.

Adapun untuk proses pengoperasian sama seperti situs-situs sebelumnya, dimana kamu bisa login dengan akun email atau Facebook. Kemudian, apabila semua proses sudah selesai, silahkan download hasil editanmu tadi.

7. Mind The Graph
Situs Pembuat Infografis

Gambar: Mind The Graph

Mind The Graph memang tak menawarkan template gratis yang begitu banyak, seperti situs pembuat infografis yang sebelumnya sudah disebutkan.

Namun, di situs ini kamu diberikan beberapa menu untuk membuat infografismu sendiri, diantaranya adalah:

1. Icons.

2. Shapes.

3. Text.

4. Charts.

5. Background.

6. Upload.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menggunakan Mind The Graph untuk membuat desain infografis?

8. Edraw
Situs Pembuat Infografis

Gambar: Edraw

Edraw memungkinkan kamu untuk membuat infografis secara offline. Cara yang satu ini efektif, terutama untuk kamu yang tidak bisa membuat infografis secara online.

Untuk memulai desain menggunakan Edraw, kamu harus download terlebih dahulu aplikasinya di komputer, baik itu untuk pengguna Mac, Windows atau Linux.

Setelah download selesai, kamu bisa merasakan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Edraw untuk membuat desain infografis yang keren. Lakukan pengunduhan di situs resminya, Edraw.com.

Situs Pendukung

Infografis tidak bisa lepas dari yang namanya ikon atau gambar pendukung. Oleh karena itu, mengetahui situs-situs yang menyediakan gambar pendukung amat sangat penting agar desainmu semakin cantik.

Dan berikut ini adalah nama-nama situs yang menyediakan gambar pendukung untuk desain infografismu:

1. Icon Archive.

2. Medialoot.

3. Peecheey.

4. Freepik.

Gambar-gambar yang ada di keempat situs tersebut dipastikan akan sangat membantu kamu, karena desain-desain yang ada didalamnya sangat bagus dan menarik.

Apakah kamu sudah mengunjungi keempat situs tersebut? Jika sudah, apakah keempat situs tadi benar-benar mendukung dalam proses pembuatan infografis?

Kesimpulan

Dari kedelapan situs pembuat infografis yang sudah disebutkan tadi, pasti salah satunya sudah pernah kamu gunakan. Dan apabila kamu belum pernah mencoba dari kedelapan situs tadi, silahkan langsung berkunjung ke alamat resminya.

Jika kamu sudah mencoba kedelapan situs yang sudah disebutkan tadi, menurut kamu manakah yang paling mudah untuk digunakan dan menghasilkan desain yang sangat bagus?

Itulah tadi beberapa situs pembuat infografis yang diharapkan dapat membantumu dalam urusan pembuatan infografis. Jika kamu punya referensi lain, jangan lupa untuk share di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/situs-pembuat-infografis/

LEAVE A COMMENT