Ilmunesia - 9 Fitur Perintah Suara Google Now Yang Anda Wajib Tau

9 Fitur Perintah Suara Google Now Yang Anda Wajib Tau

9 Fitur Perintah Suara Google Now Yang Anda Wajib Tau

ilmunesia.com – Inovasi google semakin menawarkan berbagai kemudahan dan manfaat bagi pengguna, terutama  bagi para netter yang menggunakan fasilitas mesin pencari. Google Now memiliki fitur dan fungsi yang lebih berfokus pada basis perintah suara (voice command). Nah, tahukah cara menggunakan Goole Now?

Apa saja yang menarik tentang fitur perintah suara google Now ? Yang baru-baru ini sudah di update, khususnya bagi pengguna ponsel android. Berdasarkan informasi dari Gizmodo ada 9 fitur Google Now yang bisa langsung dimanfaatkan melalui perintah suara.

9 Fitur perintah suara Google Now

Berikut ini ada 9 fitur perintah suara Google Now yang bisa anda coba, hanya saja perintah yang harus di ucapkan menggunakan bahasa ingris. Dengan perintah suara ini, bisa dipahami cara menggunakan Google now.

1. Fitur aktifkan atau nonaktifkan WiFi dan Bluetooth 

Untuk menggunakan fitur wifi dan bluetooth melalui perintah suara, hanya perlu mengucapkan  “turn wifi off” atau “turn wifi on”. Maka perangkat android akan langsung menemukan laman wifi dan bluetooth dan siap menjalankan perintah.

2. Fitur menyalakan atau mematikan lampu flash

Untuk menggunakan menggunakan fungsi lampu flash, perintah suara yang digunakan adalah “turn flashlight on” atau “turn flashlight off”. Anda jangan kaget kalau tiba-tiba perangkat android menyala lampu flashnya dengan perintah suara tersebut.

3. Fitur membaca pesan masuk

Untuk membaca pesan masuk, pengguna android bisa menggunakan fitur suara “show my messages”. Dengan perintah suara ini akan tampil sekaligus 5 pesan baru pada layar. setelah itu anda bisa memilih salah satu pesan untuk dibuka.

4. Fitur memutar musik

Nah, ini biasanya yang menjadi favorit pengguna android. Dengan perintah play music in” maka aplikasi pemutar lagu akan menyala pada Google Now. Namun, jika memutar kembali musik yang belum disetel otomatis akan menggunakan Google Now.

5. Fitur membuka aplikasi

Untuk bisa membuka aplikasi, maka perintah suara yang digunakan adalah “open”dilanjutkan dengan aplikasi tertentu yang hendak dibuka. Pengguna android juga bisa membuka alamat URL situs, jika perintah itu dipahami oleh Google Now.

6. Fitur memanggil dan menulis pesan ke kontak

Dengan perintah suara “call…” atau “text..” Dilanjutkan dengan nama kontak, pengguna android akan mengikuti perintah suara tersebut. Lalu baris kontak akan segera muncul pada layar, sesuai dengan perintah lanjutan atau nama kontak yang sesuai.

7. Fitur menyalakan alarm

Fitur untuk menyetel alarm bisa menggunakan perintah suara “set an alram” , pengguna android akan dihadapkan pada konfigurasi untuk seting alarm sesuai dengan waktu yang diinginkan.

8. Fitur mengatur terang layar dan level volume

Untuk fitur ini, pengguna android harus menyesuaikan dengan cara manual terutama pada bagian mengecilkan volume, perintah yang digunakan adalah “mute volume” atau “lower brightness”. Begitu juga untuk pengaturan kecerahan layar yang sesuai dengan keinginan harus dilakukan manual.

9. Membidik foto dan merekam video

Dengan perintah suara “open camera” maka pengguna android akan langsung bisa membuka kamera, dan perintah suara “record a video” untuk membuka opsi video. Satu lagi, dengan perintah “take a photo” maka akan didapatkan menu beberapa layanan foto untuk membidik. Pengguna dapat memilih sesuai yang diinginkan.

Nah, itulah fitur perintah suara Google Now yang bisa dimanfaatkan bagi pengguna android, bagi pengguna iOS, masih ada beberapa fungsi yang belum bisa digunakan. Mungkin untuk kedepannya akan bisa berfungsi layaknya pengguna android, kita tunggu saja update Google Now selanjutnya.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/perintah-suara-google-now/

LEAVE A COMMENT