Ilmunesia - 9 Software 3D Modeling Gratis untuk Desainer 3D Amatir dan Profesional

9 Software 3D Modeling Gratis untuk Desainer 3D Amatir dan Profesional

9 Software 3D Modeling Gratis untuk Desainer 3D Amatir dan Profesional

ilmunesia.com – Banyak website yang menyediakan software 3D modeling gratis dan berbayar. Masing-masing software tiga dimensi menyediakan fitur berbeda, menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Misal untuk desain arsitektur, animasi, game, atau desain industrial.

Karena itu, memilih software 3D modeling yang tepat adalah langkah penting sebelum mulai membuat model tiga dimensi yang diinginkan. Salah pilih software bisa jadi model tiga dimensi yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

9 software 3D modeling gratis

Berikut adalah daftar software 3D modeling untuk membantu desainer memilih software yang sesuai dengan kebutuhan.

Meski gratis, software-software ini memiliki fungsi dan fitur yang tidak kalah dari software berbayar. Baik digunakan oleh desainer amatir maupun oleh desainer profesional berpengalaman.

  1. SculptGL

Format: obj, ply, sql, STL

OS: Web/Cloud

Level: Pemula

Terbaik untuk: Pemula yang baru belajar desain 3D

software 3d modeling gratis

SculptGL adalah software 3D modeling gratis yang hanya menyediakan fitur basic dengan jumlah objek dan kompleksitas objek yang terbatas. Tapi SculptGL merupakan software 3D modeling yang cocok untuk pemula yang baru belajar membuat model 3D.

Mudah digunakan oleh desainer pemula yang belum siap menggunakan software 3D rumit. SculptGL bisa digunakan dengan mudah melalui web browser.

Software SculptGL bisa digunakan untuk berlatih membuat 3D model dari dasar atau menggunakan template yang sudah disediakan, misal untuk membuat 3D model tubuh manusia.

Kuas besar berguna untuk membuat siluet tangan, kepala, dan perut. Kuas kecil berguna untuk membuat detail seperti bentuk otot, jari-jari, mata.

Sementara kuas tipis bisa digunakan untuk membuat detail yang lebih kecil seperti kerutan kulit atau bekas luka.

  1. TinkerCAD

Format: 123dx, 3ds, c4d, mb, obj, svg, stl

OS: Web/Cloud

Level: Pemula

Terbaik untuk: Pemula yang belajar 3D modelling

software 3d modeling gratis

Walau dibuat untuk desainer 3D level pemula dengan konsep umum, tapi sebenarnya software TinkerCAD bisa jadi lebih rumit.

TinkerCAD bisa digunakan untuk membuat 3D model dari dasar menggunakan basic modeling operations, tapi dengan tambahan fungsi untuk menggabungkan atau memisahkan bentuk model yang sedang dibuat.

Setelah menguasai teknik dasar 3D modeling seperti ini, maka pengguna TinkerCAD akan mampu menciptakan model 3D yang mengesankan seperti layaknya RaspberryPi.

  1. FreeCAD

Format: step, iges, obj, stl, dxf, svg, dae, ifc, off, nastran, vrml, FreeCAD’s native Fcstd file format.

OS: Windows, Mac, Linux

Level: Menengah

Terbaik untuk: Pengguna level menengah yang antusias untuk belajar 3D desain

FreeCAD adalah software 3D modeling serba-gratis dengan banyak fitur yang bisa disesuaikan, diubah, dan ditambah.

Kesan pertama FreeCAD mungkin terlihat menakutkan bagi desainer level menengah, tapi sebenarnya, FreeCAD tidak sesulit itu untuk digunakan.

Pengguna pemula mungkin akan merasa kewalahan dengan banyak banyaknya fitur yang tersedia, tapi setelah terbiasa, pengguna justru akan berterima kasih karena banyaknya fitur yang bisa digunakan.

FreeCAD merupakan parametric 3D modeler yaitu fitur yang memudahkan penggunanya untuk memodifikasi desain 3D dengan mengubah paramater objek. Sehingga penggunanya bisa mendesain berbagai bentuk real-life 3D object.

FreeCAD bisa digunakan untuk membuat sketsa objek 2 dimensi, seperti bentuk Box, Sphere, Cone, Cylinder, dan Torus; lengkap dengna Tools modifikasi seperti Thickness, Cut, Fillet, Extrude, Fuse, Boolean.

Bisa juga digunakan untuk membuat simulasi gerakan robot, menciptakan model game 3D, model animasi, model arsitektur, model industrial, hingga menampilkan dan menyesuaikan G code.

  1. MakeHuman

Format: dae, fbx, obj, STL

OS: Windows, Mac, Linux

Level: Menengah

Terbaik untuk: Pengguna level menengah yang ingin dapat hasil cepat

MakeHuman merupakan satu-satunya software 3D modeling gratis yang dikhususkan untuk membuat karakter manusia (character creation tool).

Awalnya MakeHuman merupakan plugin untuk Blender, yang kemudian menjadi aplikasi independen gratis. Dengan banyaknya fitur yang tersedia, MakeHuman bisa disetarakan dengan 3D sculpting tools seperti ZBrush.

MakeHuman sangat mudah digunakan untuk menciptakan file manusia 3D, karena software MakeHuman bisa memanipulasi ageless, genderless humanoid 3D file.

Fitur dan tools yang disediakan dalam software ini sangat mengagumkan sehingga bisa secara harfiah digunakan untuk memanipulasi karakter manusia 3D hingga ke bagian penyesuaian bentuk dan ukuran rambut, serta menyesuaikan ekspresi wajah.

MakeHuman juga menyediakan berbagai pilihan baju yang bisa dipakai untuk melengkapi karakter yang sedang dibuat, mulai dari model baju kasual hingga yang bergaya chic.

  1. Meshmixer

Format: amf, mix, obj, off, STL

OS: Windows 7, Mac OS 10.7, OS X

Level: Menengah

Terbaik untuk: Pengguna level menengah yang ingin segera membuat desain 3D

software 3d modeling gratis

Foto by  000jeremy

Meshmixer merupakan software 3D modeling gratis lengkap, yang menekankan pada fungsi mekanisnya. Software Meshmixer didesain untuk menciptakan robust desain 3D untuk 3D printing.

Software Meshmixer dilengkapi dengan banyak tool yang berfungsi untuk mengukur kestabilan objek, mengatur ketebalan, menghaluskan mesh, serta kuas untuk berbagai fungsi.

Meshmixe bisa digunakan untuk menciptakan model 3D dari dasar, juga bisa digunakan untuk memodifikasi dan memperbaiki model 3D yang sudah ada hingga siap dicetak dalam bentuk 3 dimensi.

Meshmixer bukan software 3D modeling untuk pemula. Pengguna perlu menginvestasikan waktu untuk belajar menggunakan software ini.

Tapi waktu yang telah diinvestasikan tidak akan sia-sia, karena software ini merupakan salah satu software 3D modeling terbaik yang setara dengan software 3D modeling buatan Autodesk lainnya.

  1. Sculptris

Format: obj, goz

OS: Windows, Mac

Level: Menengah

Terbaik untuk: 3D Sculptors level menengah yang baru belajar ZBrush atau Mudbox

software 3d modeling gratis

Sculptris merupakan software 3D modeling yang diciptakan oleh developer yang sama yang juga menciptakan ZBrush. Sculptris memiliki fitur yang mirip dengan ZBrush, tapi tidak selengkap ZBrush.

Dengan menggunakan teknik dasar dari software Sculptris, bahkan pengguna pemula pun akan mampu menciptakan model 3D yang siap dicetak.

Software ini bisa digunakan untuk membuat model dari dasar, ataupun memanfaatkan template yang tersedia sebagai dasarnya.

Kunci dari menggunakan software Sculptris ini adalah menciptakan detail model secara bertahap, jangan langsung membuat model berresolusi tinggi dari awal.

  1. Blender

Format: 3ds, dae, fbx, dxf, obj, x, lwo, svg, ply, stl, vrml, vrml97, x3d

OS: Windows, Mac, Linux

Level: Profesional

Terbaik untuk: 3D Modeler Professional, 3D Desainer, Game Developer

software 3d modeling gratis

Blender adalah software 3D modeling gratis lengkap yang tidak cocok untuk pemula. Tapi jika pengguna bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk mempelajarinya, maka pengguna tidak akan membutuhkan software lain untuk menciptakan berbagai jenis 3D model.

Blender bisa digunakan untuk menciptakan film animasi, visual efek, seni, aplikasi interaktif, video game, dan model 3D siap cetak.

Software ini memiliki fitur super banyak yang terdiri dari:

3D modeling, animating, composting, UV unwrapping, texturing, raster graphics editing, rigging, skinning, fluid and smoke simulation, particle simulation, soft body simulation, sculpting, match moving, camera tracking, rendering, video editing, serta terdapat fitur integrated game engine.

Blender memiliki komunitas besar yang merupakan kunci kesuksesan dan perkembangan dari software ini. Dalam komunitas, pengguna bisa berbagi informasi software, berbagi tips penyelesaian masalah yang berhubungan dengan software Blender.

  1. Daz Studio

Format: 3ds max, obj, bvh, autodesk fbx, collada

OS: Windows, Mac OS X

Level: Profesional

Terbaik untuk: Profesional 3D Morphing, posing, animation, dan fungsi rendering

software 3d modeling gratis

Foto by Horo

Daz Studio adalah software 3D modeling gratis yang memiliki banyak fitur. Software ini tidak cocok untuk pemula, tapi menyediakan fungsi rendering maju yang cocok untuk profesional.

Dengan menggunakan Daz Studio, pengguna bisa menciptakan seni 3 dimensi seperti nyata. Daz Studio juga menyediakan tutorial interaktif sehingga pengguna bisa menjadi seniman 3D mahir.

  1. OpenSCAD

Format: dxf, off, STL

OS: Windows, Mac, Linux

Level: Jenius

Terbaik untuk: Pecinta kode yang ingin membuat objek CAD solid

OpenSCAD adalah aplikasi software 3D modeling gratis, tapi bukanlah software yang menarik, dengan cara penggunaan yang berbeda dari software lain. Software OpenSCAD merupakan kompilator 3D berdasarkan bahasa deskripsi tekstual.

Dalam kalimat yang sederhana, model 3D dibuat menggunakan kode. Baik kode yang dirangkai dari dasar ataupun menggunakan kode yang telah digunakan untuk membuat proyek serupa.

Karena itu, software ini cocok untuk pecinta kode, hacker, atau code-genius, pokoknya orang-orang yang paham cara merangkai kode untuk membuat model 3D.

Sudah tahu akan memilih software yang mana?

Ada dua hal penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih software 3D modeling:

– tujuan penggunaan

Apakah untuk rekayasa teknik atau untuk karya seni? Karena masing-masing software memiliki perbedaan fungsi dan fitur, sesuai dengan tujuan penggunaannya.

– File conversion

Masing-masing software menghasilkan format yang berbeda, contohnya: dae, fbx, obj, STL, dan sebagainya. Kalau model dibuat untuk dicetak 3D, maka butuh software yang menghasilkan format file jenis STL.

Terakhir, jangan terburu-buru membeli software 3D modeling, karena di internet ada banyak software gratisan yang fungsi dan fiturnya sama dengan software berbayar.

Software gratisan cocok untuk pengguna pemula dan menengah karena software gratisan biasanya dilengkapi dengan inbuilt apps dan tutorial. Di youtube juga banyak orang yang menyediakan video tutorial 3D modeling yang mudah diikuti..

PS: Semua software bisa digunakan secara gratis, tapi masing-masing software memiliki lisensi dan aturan penggunaan. Misal, software dan karya 3D yang dihasilkan tidak boleh diperjualbelikan.

Sebaiknya baca lisensi, aturan penggunaan, dan kebijakan privasi masing-masing software sebelum didownload.
Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/software-3d-modeling-gratis/

LEAVE A COMMENT