Ilmunesia - Alasan RAM 1 GB iPhone Lebih Kencang Dibanding 4GB di Android

Alasan RAM 1 GB iPhone Lebih Kencang Dibanding 4GB di Android

Alasan RAM 1 GB iPhone Lebih Kencang Dibanding 4GB di Android

ilmunesia.com – Jagat ponsel selalu “dibumbui” oleh persaingan. Hadirnya persaingan tersebut, otomatis membuahkan perkembangan yang sangat hebat dalam kecanggihan dari produk. Semua ditawarkan oleh perusahaan pembuat ponsel pintar seperti iPhone, Samsung, Nokia, dan masih banyak lagi.

Lebih dari sekedar media berkomunikasi, kehadiran ponsel di jaman sekarang sudah mencakup taraf yang lebih luas dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pekerjaan, hiburan, bahkan aktivitas apapun kini dapat dilakukan dengan bantuan ponsel pintar.

Berbicara tentang ponsel pintar, banyak orang pasti akan sepakat jika saya mengatakan bahwa iPhone adalah brand ponsel paling canggih yang ada saat ini.

Tidak hanya dibekali dengan kecanggihan dalam dapur pacunya, tetapi desain yang ditawarkan oleh Apple dalam setiap produk iPhonenya ini benar-benar minimalis. Dan mampu memberikan kesan elegan bagi siapapun yang menggunakannya.

iphone

iPhone dan kinerjanya yang maksimal

Meskipun saya mengatakan bahwa iPhone adalah ponsel pintar yang memiliki kinerja paling, namun banyak orang yang mulai meragukan kemampuan tersebut karena ponsel pintar ini. Rata-rata hanya dibekali oleh RAM yang kecil.

Bayangkan saja, disaat pesaingnya sudah mulai menghadirkan flagship dengan dukungan ram 4GB atau bahkan lebih iPhone dengan setianya menggunakan RAM kecil. Yang berkisar antara 512MB, 1GB, bahkan iPhone 7 yang baru saja dirilis hanya dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 2GB saja.

Hal aneh lain yang bisa kita temui, adalah kenyataan bahwa produk yang dikeluarkan oleh perusaan Apple adalah produk yang dibandrol dengan harga tinggi. Tidak terkecuali produk iPhonenya yang dibandrol dengan harga tinggi, walaupun hanya dibekali dengan kapasitas RAM yang kecil.

Lalu, apa iPhone sekarang ini sudah tidak dapat diandalkan lagi?

Meskipun iPhone tidak dibekali dengan kapasitas RAM yang besar, kita dapat menguji kemampuan iPhone dengan salah-satu taktik yang bernama “Ono rego, ono rupo”.

YAP!

Jika kamu ingin mendapatkan barang yang terbaik, pastinya harga akan dipertaruhkan. Bahkan, jika berbicara tentang teknologi, sepertinya hal tersebut sangat-sangat benar adanya.

Dalam kasus ini pula, dimana iPhone yang hanya dibekali dengan kapasitas RAM kecil, mampu memiliki harga jual berkali lipat lebih mahal. Walaupun dengan produk saingan yang sudah memiliki kapasitas RAM sebesar “gajah”.

Saya bahkan memiliki pengalaman pribadi, dimana kala itu dengan bangganya saya menantang teman saya yang memiliki ponsel iPhone 5s untuk menguji kecanggihannya ponselnya dengan ponsel yang saya miliki.

Dengan beberapa test yang dilakukan, seperti kecepatan booting, kecepatan membuka aplikasi, keunggulan dalam membuka game-game berat, serta uji skore benchmark. Ternyata iPhone 5S miliknya yang hanya dibekali dengan 1GB RAM, mampu mengalahkan ponsel Android saya yang kala itu dibekali RAM sebesar 4GB.

iphone

Namun, kita dapat mengetahui  apa yang membuat iPhone mampu memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan Android. Meskipun tidak dibekali oleh RAM yang kecil.

1# Ibaratkan RAM adalah sebuah jalan raya

Penjelasan pertama mengapa Apple bisa membuat teknologi yang unggul dibandingkan Android, yakni dapat kita ketahui dengan mengibaratkan RAM adalah sebuah jalan raya.

Di jalan raya tersebut, terdapat arus data yang berlalu-lalang membawa informasi. Di sini anggap saja bahwa data-data adalah kendaraan yang melintasi jalan raya tersebut. Karena terjadi kemacetan Android memiliki ide untuk memperlebar jalan sehingga jalan raya dapat dipergunakan dengan lancar kembali.

Namun karena makin hari kendaraan yang melintas juga semakin banyak, maka jalan yang lebar juga akan terasa sempit kembali.

Berbeda dengan Apple yang menangani jalan macet tersebut dengan menyediakan transportasi yang lebih kecil dan ringan (Kendaraan/data yang lebih kecil). Hal tersebutlah yang menyebabkan produk Apple tidak membutuhkan spesifikasi seperti RAM dan Processor yang tinggi. Karena sesungguhnya data informasi yang diproses oleh iPhone merupakan data yang lebih ringan dibandingkan dengan data pada Android.

2# Garbage Collector

Untuk melakukan dan menyelesaikan tugas yang sama, iPhone mempu menghemat memori berkali lipat lebih baik dibandingkan dnegna Android.

Tidak seperti Android, iPhone tidak menggunakan Java sehingga memory yang dipergunakannyapun tidak terlalu ekstra. Untuk Android sendiri, mereka memerlukan memory ekstra yang dinamakan garbage collector.

Jadi, penggunaan memory pada android akan diatur secara otomatis oleh sistem garbage collector tersebut. Terutama jika Android sedang dipergunakan untuk membuka aplikasi yang membutuhkan performa yang tinggi.

Meskipun fitur garbage collector dapat membantu meringankan proses aplikasi, tetapi jika Android dipergunakan untuk membuka banyak aplikasi yang membutuhkan performa tinggi. Maka kapasitas memori akan cepat terkuras dan kinerjapun akan menurun.

3# iOS adalah sistem oprasi yang ringan

iOS adalah sistem oprasi yang menggunakan bahasa pemograman Objective C, bahasa program tersebut dinilai lebih baik ketimbang Android yang menggunakan bahasa pemograman Java. Jika sistem oprasi yang digunakan sudah sangat ringan, maka wajar jika iPhone tidak membutuhkan kapasitas RAM yang tinggi.

Kesimpulannya, meskipun iPhone dibandrol dengan harga yang mahal, namun kinerja yang ditawarkan sangat sebanding dengan apa yang kamu bayarkan. Hal tersebut terbukti dengan lebih unggulnya produk iPhone dibandingkan Android dengan kapasitas RAM yang besar.

Namun, iPhone juga memiliki kekurangan layaknya produk teknologi lainnya. Sehingga kalau kamu ingin membeli ponsel yang baik, maka carilah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Android maupun iPhone sebenarnya sama-sama bagus, tergantung kebutuhan usernya saja.

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/alasan-ram-1-gb-iphone-lebih-kencang-dibanding-4gb-android/

 

LEAVE A COMMENT