Ilmunesia - Apa Itu Swiss Style Typography atau International Typographic Style

Apa Itu Swiss Style Typography atau International Typographic Style?

Apa Itu Swiss Style Typography atau International Typographic Style?

ilmunesia.com – Ada baiknya ketika kamu mulai belajar desain, kamu juga mempelajari gaya-gaya desain yang telah ada didunia ini. Mengetahui gaya-gaya desain yang ada lebih jauh akan membantumu mendalami kemampuanmu dalam mendesain. Ingatlah, menjadi desainer itu bukan hanya membuat desain dengan keindahan visual yang tinggi, tapi juga dalam desain yang kamu buat bisa menjadi sebuah solusi dari masalah-masalah yang dihadapi publik atau klienmu.  Dalam tulisan ini kami akan memberikan wawasan kepada kamu yang belum tau tentang apa itu Swiss Style typography.

Apa Itu Swiss Style Typography

Swiss style menekankan pada kerapian, keramahan mata (enak dilihat), mudah dibacadan objektivitas. Fondasinya kembali kepada ketergantungan yang kuat pada elementipografi dan universalitas. Pengetahuan dasar dari pemahaman universal ini yangmembuat Swiss style mendapatkan sebutan sebagai ‘International Typographic Style’.

Dunia mungkin akan menerima Swiss untuk penemuan Swiss knife tapi dunia tidak bisa menerima untuk kepopulerkan Swiss Style. Gaya desain yang terkenal ini memang awalnya bukan buatan swiss, tapi sentuhan negara ini masih ada bahkan ke-detail terkecil dari tiap desain.

Meskipun Swiss Style typography ditelusuri dari Rusia, Jerman dan Belanda, tapi gaya desain ini dipopulerkan oleh desainer grafis Swiss. Mereka telah menggunakannyapada banyak lembaga budaya Swiss, iklan politik dan banyak lagi karena dianggap telah sesuai pasar pasca perang global yang meningkat drastis. Gaya desain ini juga banyak digunakan dalam tanda-tanda jalan, peta, iklan layanan masyarakat, dll. Dalamhal ini, lembaga, perusahaan dan perusahaan kecil membutuhkan metode identifikasiuniversal yang dapat dengan mudah berhubungan dengan mereka. Caranya adalah dengan membuat sebuah metode yang cukup universal dan dapat dipahami olehsetiap warga dunia. Olimpiade adalah salah satu contoh yang baik dalam membantuevent lembaga global Swiss Style karena telah menggunakan simbol-simbolsederhana yang menggunakan warna paling universal mungkin.

Apa itu Swiss Style typography?

 

 

Apa itu Swiss Style typography

Menjadi modernis oleh waktu, Swiss Style menjabat sebagai pendahulu untuk tren grafis web desain. Ini merupakan alasan mengapa Swiss Style disebut Raja Web Desain. Hal ini dapat dengan mudah diidentifikasi terhadap kesederhanaan dan nasihat untuk keindahan dan tujuan. Kedua prinsip ini sering diwujudkan dalam penggunaanlayout asimetris, grid, tipografi sansserif, left flushes (rata kiri) dan sederhana namunberdampak fotografi. Unsur-unsur ini diproduksi dengan cara yang sederhana namunsangat logis, terstruktur, kaku dan harmonis.

Mengenal Swiss Style Typography

Mengenal Swiss Style Typography

Being the King of Web Design, it is but natural that the Swiss Style would have an impact to our websites. This is why studying this design style helps web designers and graphic artists to produce impacting, simple and aesthetically arranged outputs. Designers take lessons from the Swiss styles applying the norms on simple yet artistically and clearly delivered messages by:

Menjadi Raja Web Design, itu tapi alami bahwa Gaya Swiss akan berdampak ke website kami. Inilah sebabnya mengapa mempelajari gaya desain ini membantu web designer dan seniman grafis untuk menghasilkan berdampak, output sederhana danestetis diatur. Desainer mengambil pelajaran dari gaya Swiss menerapkan norma-norma pada sederhana pesan artistik dan jelas disampaikan oleh:

Menjadi raja web desain, dari sinilah dasar flat design style yang digunakan banyak website termasuk desain blog kami saat ini. Gaya desain ini benar-benar membantu web desainer dan seniman grafis menghasilkan pengaruh, kesederhanaan dan outputpengaturan estetis. Desainer mengambil pelajaran dari Swiss Style yang menerapkan norma-norma kesederhanaan namun artistik dan pesan yang disampaikan jelas dari :

  • Menjaga keseragaman dan geometri
  • Menyediakan jarak yang lebih lebar
  • Menggunakan grid systems
  • Penataan informasi
  • Tetap minimalis
  • Menggunakan sans serif font
  • Menggunakan font ukuran yang berbeda
  • Menggunakan fotografi yang efektif

Nafas Masuk, Nafas Keluar

Ditekankan disetiap sekolah desain kalau penggunaan spasi itu sangatlah penting. Kebanyakan desainer cenderung mulai mengabaikan fakta ini. Dan itulah yang membedakan mereka dengan desainer lainnya yang lebih baik. Dalam karya seni, spasi (whitespace) adalah unsur yang sangat penting. Secara harfiah dan kiasanmenghembuskan kehidupan untuk itu. Memiliki setiap elemen dalam desain akan menghasilkan dampak visual dan mudah dibaca. Untuk halaman web, menggunakan teknik ini secara halus akan mempengaruhi pembacamu untuk berpikir bahwa adasusunan dihalaman web dan bisa menyampaikan kesan yang lebih baik juga.

swiss-style-06

Banyak yang percaya kalau perkerjaan akan menjadi sempurna jika tidak ada yang harus ditambahkan, tapi itu tentu bukan cara desain Swiss. Untuk desainer Swiss, menghapus elemen yang tidak perlu itu akan membuatnya menjadi sempurna. mereka percaya kalau pekerjaan akan menjadi lebih sempurna jika tidak yang harus dihapus dalam sebuah desain yang mereka buat. Jadi, alih-alih menambah sebuah elemen, mereka malah melakukan hal yang sebaliknya.

Mengenal Swiss Style Typography

Ukuran, Bentuk, Swiss!

Karya Swiss style umumnya memperhatikan penggunaan elemen desain yangseragam dan angka geometris. Ini berfokus untuk menjaga konsistensi bentuk dan ukuran mereka. Kebanyakan seniman grafis mempraktekan penggunaan susunan bentuk bersama untuk membentuk desain abstrak yang unik. Penggunaan poligon, bukan garis yang rumit dan desain kaligrafi menjamin kesederhanaan pekerjaan. Dan juga bumbu-bumbu sampai penggunaan seluruh gambar, sehingga terlihat lebih tajam dan tujuan-terarahkan. Selain itu, warna, manipulasi teks dan perangkat abstrakjuga dikombinasikan dengan bentuk untuk menghasilkan pesan yang sangat jelas kepada penikmatnya.

swiss-style-08

swiss-style-09

Dasar

Modernitas Swiss Style mengandung arti yang sangat dasar. Menggunakan desain yang minimal untuk membuat pembaca lebih fokus pada apa yang benar-benar penting adalah tujuan utama dari Swiss Style. Semakin sedikit gangguan, semakin baik. Menghapus semua elemen yang mengganggu, membuat dasar dan hanya menyisakan rincian penting adalah prinsip dasar dari gaya desain ini. Hal ini untuk memastikan apakah tujuan utama dari desain yang dibuat terpenuhi.

swiss-style-10

Gridding

Gridding adalah penggunaan kerangka kerja yang sangat stabil yang memungkinkandesainer untuk secara logis mengatur informasi yang mereka masukkan kedalamhalaman. Sistem ini adalaha sebuah praktek yang ditelusuri sampai ke abad pertengahan, memungkinkan seniman lebih mudah mengidentifikasi penempatan informasi dan jenis informasi yang akan dimasukkan.KarenaSwiss Style dicirikan dari kelogisan dan tujuan yang terorientasikan, penggunaangriddingsangat dianjurkankarena memberikan kemudahan kepada desainer dalam melakukan pekerjaan danmemberikan kemudahan kepada pembaca untuk mencoba mengerti apa yang sedang dilakukan oleh desainer tersebut.

Berorientasi Pada Informasi

Jelas kalau Swiss Style lebih berorientasi pada informasi. Inilah sebabnya mengapadesainer harus memikirkan pekerjaan dalam penyebaran informasi lebih dari apa pun. Pesan harus dikirimkan sebelum orang-orang terhibur dengan keindahannya. SwissStyle harus lebih fokus pada penataan semantik data daripada penempatan estetikaitu. Para pembaca tipografi harus merasa seperti mereka membaca daripada melihat. Mereka benar-benar mempelajari data tersebut daripada menghargainya.

Apa Jenis Huruf Kamu?

Jenis huruf adalah elemen inti dari komunikasi visual. Ini adalah rute yang paling tepat dan  mudah untuk menyampaikan pesan. Dalam prinsip Swiss Style, ini akan menjadihal yang paling dibenci seorang desainer dengan masuk kedalam resiko kualitas jenis huruf untuk desain tipografi, yang tentunya harus disajikan dengan cara yang palingsederhana, ekspresif, dan dengan mudah dipahami. Untuk seniman Swiss Style, penggunaan huruf yang paling sederhana mungkin adalah cara terbaik untuk melakukannya.

swiss-style-11

Inilah sebabnya mengapa banyak seniman dalam desain Swiss Style menggunakantipografi sansserif. Mereka umumnya stroke tunggal, artinya, memiliki kuas yang lebar dan ukuran stroke. Bentuk umum dari jenis ini adalah jenis huruf Helvetica.

swiss-style-12

Apakah ukuran penting?

Ukuran begitu penting? Tentu saja. Ukuran font adalah hal yang terpenting dalam Swiss Style. Perbedaan ukuran font dan kontras tipografi memberikan kesan padadampak visual dan hirarki dalam penyajian data. Ini menunjukkan pemisahan ataupenyaringan dari yang paling penting ke yang kurang penting. Biasanya, ukuran font yang lebih besar menjadil yang paling penting, seperti tag heading pada HTML, dimana web crawler memprioritaskan tag H1 daripada H2 dan H3.

Apa itu Swiss Style typography

Apa itu Swiss Style typography

Memanfaatkan Fotografi

Meskipun Swiss Style umumnya difokuskan pada jenis font, tapi tidak mengabaikan foto-foto adalah elemen yang baik untuk desain Swiss. Kebanyakan desainer Swisscenderung menggunakan foto dari gambar bekas yang akan memberikan kesanrealisme dan drama untuk seluruh desain. Umumnya, foto-foto ini diambil tanpawarna, makna, hitam dan putih.Kurang lebih Swiss Stylemengikuti filosofi yang sangat sederhana. Sama seperti produk Swiss, gaya desain ini difokuskan pada fungsinyabukan tampilannya. Norma ini harus memandu semua calon Desainer Swiss. Kamu harus menempatkan apa yang dibutuhkan dan tidak. Semoga bermanfaat, Terimaksih.
 
 
 
 
Foto : Isitmewa
Sumber : http://www.pindexain.com/apa-itu-swiss-style-typography/

LEAVE A COMMENT