Begini Cara Mengetahui Luasan dan Volume SketchUp

Salah satu informasi yang penting dalam membuat model 3 dimensi adalah perhitungan panjang, luasan dan volume suatu objek. Dengan mengetahui informasi tersebut kita dapat mengolah informasi yang ada sesuai yang kita inginkan seperti halnya mempertimbangkan bentuk desain model berdasarkan volume atau luasan yang diinginkan atau pun hanya sekadar mencantumkan nya ke dalam keterangan gambar yang kita buat.

 

Untuk mengetahui informasi berupa panjang, luasan dan volume sebuah objek pada SketchUp tentu sangatlah mudah. Berikut saya tunjukkan bagaimana cara mengetahui informasi panjang, luasan dan volume suatu objek pada SketchUp dengan cepat dan mudah.

  • Pertama bukalah aplikasi SketchUp dan buatlah model sesuai dengan keinginan kalian.
  • Kemudian kalian aktifkan tab Entity Info dengan cara pilih Windows > Default Tray > Entity Info

 

Mengetahui Luasan dan Panjang
Untuk mengetahui luasan dan panjang cukup dengan memilih face atau garis pada objek kemudian lihatlah informasi yang terlihat pada tab Entity Info

 

Luasan

Panjang

Mengetahui Volume

Untuk mengetahui Volume dari objek kalian buatlah objek menjadi group terlebih dahulu dengan cara pilih objek dan klik kanan kemudian pilih make group. Dan lihatlah informasi volume pada tab Entity Info. Jika informasi volume tidak muncul itu berarti objek terdapat lubang yang harus diperbaiki.

 

 

Nah itulah postingan cara mengetahui lusan dan volume pada SketchUp. 

Semoga Bermanfaat 🙂

Sumber: www.bagusgun.online

 

LEAVE A COMMENT