kursus Animasi, kursus Bogor, kursus Digital Branding, kursus Facebook Ads, kursus Internet Marketing, kursus Programming Bogor, kursus Web Bogor, kursus Web di Bogor, Twitter dan Isntagram, kursus Autocad 2D, kursus Autocad 3D, kursus Autodesk, Autocad pemula, Kursus 3D, Kursus Desain Grafis, Kursus website murah, Kursus PHP,

Belajar Autocad : Menjadikan Desain Kusen Pintu 2d Jadi Objek 3d

Selamat datang kembali di tutorial singkat ini. 

Kali ini saya akan coba kembali membahas mengenai tutorial autocad 3d. Setelah tutorial sebelumnya kita bahas cara membuat objek pintu yang  masih berbentuk 2d dan dijadikan Dynamic Block. Sekarang mari kita wujudkan menjadi bentuk 3D.

Kali ini kita akan memanfaatkan perintah Extrude pada Workspace 3d Modeling Autocad untuk membuat versi 3D dari suatu denah. 

Langsung saja…

Step 1

Buka file denah pintu, jika belum ada silahkan dibuat terlebih dulu. Seperti biasa saya menggunakan satuan ukuran Millimeter. Buatlah seperti dibawah.

 

 

Step 2

Rubah Workspace menjadi 3d. lihat dipojok kanan bawah. Ceklish 3D Modeling.

 

 

Di Menu View pilih tampilan SW Isometric. 

 

 

Setelah kita pilih SW Isometric maka tampilan secara otomatis berubah. Disini kita perhatikan Cursor maupun UCS Icon menjadi 3 sumbu.  Yaitu X,Y dan Z.  dimana X dan Y adalah Horizontal sedaangkan Z adalah arah ke atas atau Vertikal. Pada saat kita membuat objek secara otomatis berada di sumbuk X dan Y.

 

 

 Step 3

Masih aktif di VIEW berikutnya rubah view menjadi Realistic. Klik di 2d Wireframe maka muncul pilihan lain dibawahnya. 

 

 

Setelah tampilan menjadi Realistic maka tampilan UCS pun berubah menjadi berwarna. Ada 3 warna. Merah untuk sumbu X,  Hijau untuk sumbu Y dan Biru untuk Z.

Selanjutnya buat dan atur acuan objek kusen. Berarti saat ini kita akan membuat garis dengan menggunakan Polyline.  Sebelumnya kita atur UCS nya terlebih dulu.

Pastikan Ortho Mode dalam keadaan aktif jika belum silahkan aktifkan dengan cara tekan F8 pada keyboard.

ketikan UCS pada commandline <ENTER> Ketikan 3 (3 adalah untuk mengatur UCS dengan cara 3 point) <ENTER> setelah itu tentukan sumbu X dan Y dengan meng klik 3 titik. seperti petunjuk pada gambar dibawah. 

 

 

Hasilnya UCS berubah 

 

 

Step 4

Buatlah garis dengan menggunakan perintah Polyline. Kenapa harus menggunakan polyline. Supaya garis tetap menjadi satu kesatuan. Jadi tidak perlu kita joint lagi.  Ini untuk memudahkan ketika pada saat melakukan Extrude Path.

Ketikan PL pada commandline <ENTER> Klik di titik 1 arahkan ke sumbu Y atau atas lalu ketikan nilai 2200 <ENTER> arahkan ke kanan atau sumbu X ketika nilai 850 <ENTER> arahkan kebawah pasti tepat berada di siku-siku kusen. Jika berhasil sesuai dengan langkah diatas. 

Nilai 2200 adalah ketinggian kusen. Sedangkan 850 adalah lebar kusen. Sesuai dengan objek pintu yang dibuat.

 

 

Step 5

Extrude objek kusen. Namun rubah objek menjadi solid terlebih dulu. Dengan cara ketikan REG pada commandline. Blok area objek kusen yang di blok warna biru lalu tekan <ENTER>

 

 

Setelah enter dan berhasil. Objek menjadi solid

 

 

Seleksi objek kusen sebelah kiri, ketikan EXT pada commandline <ENTER>. Setelah di enter maka objek dalam keadaan aktif Extrude.

 

 

Klik kanan pilih PATH lalu klik garis acuan yang dibuat sebelumnya. Yang dilingkari warna merah. Setelah di klik maka objek yang di extrude mengikuti garis acuan. hasilnya.. 

 

 

Sekarang Extrude pintunya. Dengan cara seleksi Seleksi dulu.

 

 

Ketikan EXT Pada commandline <ENTER>. Klik tepat berada di Endpoin bagian kusen atas.

 

 

 Jika sudah maka hasil akhirnya…

 

 

Sementara saya cukupkan sampai sekian dulu. Silahkan beri material supaya objek terlihat real. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Suhendar Daenuri

LEAVE A COMMENT