Ilmunesia - Cara Buat Hyperlapse dengan Kamera Ponsel

Cara Buat Hyperlapse dengan Kamera Ponsel

Cara Buat Hyperlapse dengan Kamera Ponsel

ilmunesia.com – Ada baiknya sebelum kita membuat hyperlapse kita ketahui dulu apa itu hyperlapse.
Berbeda dengan teknik Timelapse, Hyperlapse memasukan pergerakan camera dalam mengabadikan objek, dan urutan foto nantinya dibuat menjadi film. Hyperlapse mengambil gambar sudut perjalanan camera seperti orang berjalan dan bergerak.

 

 

Contoh hyperlapse pake ponsel:

 

 

 

 

di video tersebut saya ambil dengan kamera xperia mini (3MP aspect 16:9) dan jumalah fotnya ada 805 foto bibuat video hanya berdurasi 36 detik.  untuk hyperlapsenya cuma 101 frame saja, selebihnya timelapse. (video hyperlapse yang pertama di atas rell kereta).

 

 

adapun beberapa syarat wajib untuk membuat hyperlapse adalah:
1. Camera 
2. Tripod (monopod)
3. After Effect / Final Cut Pro (untuk menyetabilkan getaran)

Selebihnya tinggal kita nyesuaikan saja sama kondisi.

untuk kali ini saya memakai aplikasi Fv-5 (bisa download di playstore) saya memakai fv-5 karena ada fitur interval shot, jadi kita ndak usah memikirkan shot manual.

 

 

kunci utama dalam membuat hyperlapse adalah konsisten dalam framing object. jadi kita harus punya patokan saat kita bergerak agar nantinya saat editing videonya ndak getar-getar atau kasar pergerakannya.
Aplikasi apa aja yang penting ada fitur timelapse atau interval shot. (saya memakai fv-5)
setingan untuk fv-5

 

 

pertama
screenshot_2014-06-09_1454
kedua
screenshot_2014-06-09_1454_1
ketiga
screenshot_2014-06-09_1454_2

 

di interval saya menggunakan 10 detik setiap jarak fotonya, jadi setiap 10 detik sekali ambil gambar pindah tempat, perpindahanya harus konsistenmisal setiap 20cm geser seterusnya 20cm geser terus, ada baiknya di tandai dulu pergeserannya. untuk total shot minimal 100. karena 100 foto dibagi 25frame, jadi cuma menghasilkan 4 detik saja kalau sudah jadi video :)
nah setelah kita sudah menset setingan camera selanjutnya kita lihat video ini biar tambah jelas:

 

video diatas sangat jelas bagaimna teknik membuat hyperlapse. hyperlapse membutuhkan software editing untuk meminimalisir guncangan saat kita mengambil gambar.

 

Cara editing foto hyperlapse:

 

Untuk teknik editing di Adobe After Effect bisa lihat dibawah.

 

 

NB: kalau semisal foto yang dihasilkan fresh dari kamera warnanya kurang enak dilihat kita bisa edit dari Lightroom, di lightroom kita cukup edit 1 atau 2 foto saja bisa paling awal dan palingakhir. setelah itu Select all kemudian tinggal di synchron aja. lebih jelasnya bisa lihat video bagaimna cara synch edit di adobe LR.
Foto : Istimewa
Sumber : http://wawanadie.com/cara-membuat-hyperlapse-dengan-kamera-ponsel/

 

LEAVE A COMMENT