Ilmunesia - Cara Membuat Video Stop Motion Dengan Aplikasi Android

Cara Membuat Video Stop Motion Dengan Aplikasi Android

Cara Membuat Video Stop Motion Dengan Aplikasi Android

ilmunesia.com – Video stop motion bukan hal yang baru lagi saat ini. Intinya adalah membuat video dari gambar-gambar yang dibuat berurutan. jadi bisa dibilang Anda membuat video dari kumpulan foto-foto kenangan Anda dan ditambahi Caption atau musik, bisa disebut juga dengan video stop motion.

Biasanya ide-ide yang bisa digunakan dalam model stop motion ini cukup menarik untuk diaplikasikan ke dalam berbagai jenis dan bentuk video. Bahkan film kelas dunia seperti hollywood pun menggunakan model pengambilan stop motion ini. contohnya pada awal pemutaran film Marvell yang ditampilkan gambar-gambar bergerak. Nah itu termasuk video stop motion, tertarik mencobanya?.

Tak perlu menggunakan PC, Anda cukup menggunakan smartphone Anda, dan instal aplikasinya. Cara membuat video stop motion membutuhkan modal kreatifitas, kreasi dan aplikasi android, maka video stop motion Anda menjadi semakin menarik. Apa saja yang kita butuhkan?.yuk simak lebih lanjut.

Cara Membuat Video Stop Motion Dengan Aplikasi Androit dan Tahapan Membuatnya

Cara dan kelengkapan untuk membuat video stop motion ini, Anda membutuhkan Aplikasi Android, berikut ini Daftar aplikasi android untuk video motion dan tahapan untuk membuatnya.

1. Siapkan smartphone Anda, yang memiliki kamera tentunya.

2. Anda siapkan aplikasi android

Hal yang harus Anda siapkan untuk membuat stop motion di android adalah beberapa aplikasi berikut ini:

Stop Motion Lite

Cara membuat video stop motion

Aplikasi ini cukup bagus untuk membuat video stop motion dengan cepat. Bahkan Anda bisa langsung mengeksport gambar-gambar yang akan dibuat langsung ke VLC untuk diputar. Ada fitur Grid Overlay dan juga fitur Upload youtube untuk mengunggah video Anda ke Youtube.

Yang lebih hebatnya lagi, Stop Motion Lite ini juga bisa dipergunakan untuk membuat video animasi dan bahkan claymation.

PicPac

Cara membuat video stop motion

Aplikasi PicPac selain bisa digunakan untuk membuat video stop motion juga terdapat fitur time lapse sehingga Anda bisa memasukkan musik di dalamnya. Bahkan gambar yang akan Anda buat jadi video bisa juga diambil dari instragram dan galeri foto di ponsel.

Hasilnya adalah gambar dengan resolusi yang tinggi untuk versi berbayarnya. Sementara untuk versi gratis hanya dapat membuat video dengan kualitas 360 piksel.

Funmotion

Cara membuat video stop motion

Funmotion menawarkan pengguna yang sangat mudah yaitu Anda tinggal menyentuh dan menahan ikon pada layar untuk perekaman yang kemudian bisa Anda urutkan file perekaman tersebut dengan tanda pilih centang, secara otomatis video akan dimuat.

Stop Motion Marker

Cara membuat video stop motion

Stop Motion Marker adalah aplikasi berikutnya untuk cara membuat video stop motion. Aplikasi ini mampu menggabungkan sekitar 200 gambar dalam satu video dan terdapat fitur lain seperti Shooting Mode, baik secara manual ataupun otomatis, Frame edit dan masih banyak lagi.

Lapse It n Time Lapse Camera

Cara membuat video stop motion

Aplikasi ini pernah mendapat penghargaan sebagai software video stop motion terbaik dari salah satu stasiun televisi di inggris. Aplikasi Lapse It n Lapse Camera memiliki banyak fitur yang tidaka ada atau jarang digunakan pada aplikasi lain yang mempunyai fungsi sejenisnya.

Anda bahkan bisa import gambar kualitas tinggi dari DSRL, melakukan render video yang cepat dan kualitas full HD. Menyematkan lagu dari koleksi Anda, exposure mode, white balance, dan juga pengaturan fokus dengan mudah.

Tersedia juga fitur uploading ke media sosial favorit Anda seperti Google plus, Facebook, YouTube, dan instragram. Bahkan Anda bisa mengekspor video buatan Anda ke berbagai format video pilihan Anda, seperti MP4, H264, MOV, FLV.

Dari semua aplikasi video stop motion tersebut, Lapse-It memang yang terbaik. Namun Anda jangan memaksakan perangkat Anda  untuk memproduksi video full HD, sementara perangkat Anda tidak mendukungnya. Oleh karena itu, download aplikasi yang memang sesuai dengan kemampuan perangkat android Anda. Cukup pilih salah satu aplikasi di atas sesuai dengan perangkat dan mudah untuk Anda gunakan.

3. Download dan install aplikasi yang Anda pilih dari Google Play

4. Siapkan konsep video stop motion yang Anda inginkan, akan lebih bagus jika konsep dibuat semenarik mungkin.

5. Selanjutnya, adalah perlengkapan video stop motion Anda.

6. Beberapa Aplikasi bisa langsung Anda gunakan dan integegrasikan langsung dengan kamera, beberapa hanya difasilitasi dengan import dan editing.

Demikian cara membuat video stop motion dengan menggunakan smartphone atau ponsel Android Anda, selamat mencoba ya. Semoga Bermanfaat. Terimakasih.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/cara-membuat-video-stop-motion-aplikasi-android/

LEAVE A COMMENT