Ilmunesia - Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry

Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry

Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry

ilmunesia.com – Bagaimana sih Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry dengan Mudah dan Cepat? WannaCry atau yang biasa disebut dengan WannaCrypt, sudah menginfeksi lebih dari 200.000 komputer di lebih dari 150 negara bersistem operasi Windows di seluruh dunia.

Serangan ini dimulai di tanggal 12 Mei 2017, dimana sekumpulan cyber crime WannaCrypt ini menyebarkan virus menggunakan metode attachment email, trojan, dan worm ke seluruh komputer.

WannaCry ini diperkirakan menggunakan EternalBlue exploit, yang sebenarnya dikembangkan oleh U.S. National Security Agency (NSA), yaitu badan keamanan Amerika. Namun, hal tersebut malah dimanfaatkan oleh sekumpulan black-hat hacker untuk mengambil keuntungan

Apa komputer saya kena Ransomware WannaCry?

Jika komputer kamu mengeluarkan tampilan seperti dibawah ini, maka bisa dipastikan komputer kamu telah terinfeksi oleh Ransomware WannaCry

Kok aku bisa kena WannaCry sih?

Cara kerja Ransomware Wannacry ini menggunakan Bug EternalBlue yang memanfaatkan port SMB, bahasa gampanynya port SMB ini merupakan port untuk sharing file antar jaringan. Biasanya dipakai pada kampus-kampus atau kantor.

Jadi, jika salah satu komputer terjangkit Ransomware ini, akan dipastikan besar bahwa komputer lain akan terjangkit pula.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel dibawah ini

Nah, Jadi gimana cara mengatasinya?

Untuk Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, berikut ini merupakan tahap-tahapnya :

Menutup port 135 dan 445

Untuk menutup port 135 dan 445, kamu dapat menggunakan command line untuk menutupnya.

Untuk membuka Command Line, kamu dapat klik kanan pada start menu, dan pilih menu Command Prompt (Admin), atau jika tidak ada maka pilih Microsoft Powershell (Admin)

Jika tidak ada, kamu dapat mengetikan cmd pada start menu, dan klik kanan lalu pilih Run as Administrator

Setelah itu, kamu dapat menjalankan 2 command dibawah ini (atau dengan langsung dicopy) :

Lalu kamu dapat masuk ke command line dan paste ke sana. Untuk Windows 7,8,8.1, kamu dapat klik kanan pada kotak hitam dan klik paste. Untuk Windows 10, kamu dapat langsung klik kanan pada kotak hitam.

Matikan Support SMBv1

Ransomware WannaCry ini menggunakan eksploitasi port SMB, maka untuk mencegahnya kamu dapat mematikan fitur SMB ini dengan cara menjalankan command line:

Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya, jadi kamu dapat mengikuti step sebelumnya

Update Windows kamu sampai ke update terbaru

Bug EnternalBlue ini diketahui pada Maret 2017, dan Microsoft sudah mengeluarkan fix untuk bug tersebut pada Mei 2017, jadi jika komputer kamu sudah terupdate minimal setelah Mei 2017, seharusnya komputer yang kamu gunakan akan aman dari serangan WannaCry ini

Update Antivirus Anda, atau pakai Antivirus Premium Trial

Mencegah lebih baik daripada terlambat. Sebenarnya, Windows anda sudah disertakan dengan Antivirus bawaan (Microsoft Security Essentials). Apalagi jika anda menggunakan Windows 10, maka antivirus tersebut akan terupdate secara otomatis

Namun, untuk berjaga-jaga, anda dapat menggunakan Antivirus berbayar, namun anda gunakan Trial nya saja (30 hari gratis), untuk menangkal sementara serangan WannaCry yang sedang marak ini.


Berikut diatas adalah Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry. Apa kamu punya cara lain selain cara diatas? Share di kolom komentar juga ya. terimakasih

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://belajarkoding.net/cara-mencegah-dan-mengatasi-ransomware-wannacry/

LEAVE A COMMENT