Ilmunesia - Cara Mengelola Akun Sosial Media dengan Mudah (Facebook, Twitter dan Instagram)

Cara Mengelola Akun Sosial Media dengan Mudah (Facebook, Twitter dan Instagram)

Cara Mengelola Akun Sosial Media dengan Mudah (Facebook, Twitter dan Instagram)

ilmunesia.com – Mengelola Akun Sosial Media – Memiliki sosial media itu ada plus minusnya, dimana plusnya dapat berkenalan dan berinteraksi dengan banyak orang, adapun minusnya kita dibuat kecanduan dengan sosial media itu sendiri.

Berbicara mengenai sosial media pastinya tak pernah lepas dari status, tweet yang kita upload sehari-hari yang terkadang tidak bernilai apa-apa atau justru cenderung curhat dan terkesan alay.

Bagi yang pernah mengalami atau saat ini mengalami hal tersebut, Insyaa Allah pada artikel kali ini akan membahas solusinya.

Mengelola Akun Sosial Media (Facebook)

Layanan jejaring sosial yang diluncurkan Mark Zuckerberg pada tahun 2004 ini, pastinya masih menjadi primadona di Indonesia. Untuk teman-teman yang sudah menggunakan Facebook sejak lama, tentu status yang kalian buat sudah ribuan dan tentunya akan sangat melelahkan untuk dibaca satu per satu.

Namun, untuk teman-teman yang mungkin baru menggunakan Facebook atau pengguna Facebook yang statusnya baru beberapa, tapi ingin menghapus seluruhnya karena terindikasi sebagai status alay, silahkan mencoba cara berikut ini :

Memasang Ekstensi Pada Browser :

  • Buka Google Chrome.
  • Kemudian pasang ekstensi berikut ini.
  • Apabila sudah terpasang akan nampak seperti gambar dibawah.

Mengelola Akun Sosial Media

  • Nama ekstensi yang digunakan adalah Facebook Post Manager, yakni ekstensi yang mempermudah kita untuk menghapus status Facebook dengan cepat.

Menghapus Status Facebook :

  • Silahkan buka Facebook teman-teman.
  • Kemudian masuk ke “Lihat Log Aktivitas” dan klik ekstensi “Facebook Post Manager”.
  • Silahkan pilih tahun dan bulan untuk memulai aktivitas penghapusan.

Mengelola Akun Sosial Media

  • Jika sudah, silahkan klik “Delete”.
  • Apabila proses scanning berjalan, silahkan tunggu perintah selanjutnya untuk “Confirm Delete” dan klik “Ok”.

Ulangi proses penghapusan pada tahun dan bulan yang diinginkan untuk dihapus. Dengan menggunakan ekstensi ini, kita bisa lebih menghemat waktu karena prosesnya yang cepat.

Selain menghapus status yang tidak bermanfaat. Usahakanlah untuk berteman dengan orang yang anda kenal atau berteman dengan seseorang yang statusnya mengandung manfaat.

Mengelola Akun Sosial Media (Twitter)

Sekarang saatnya beralih ke Twitter. Mungkin sosial media yang satu ini tak terlalu terkenal, karena popularitasnya masih kalah dengan Facebook.

Tapi, untuk teman-teman yang memiliki masalah dengan tweet yang menumpuk, berikut ini adalah solusinya :

  • Gunakan Tweet Delete atau klik disini.
  • Silahkan masuk dengan akun Twitter yang ingin dihapus tweetnya.

Mengelola Akun Sosial Media

  • Pilih tweet yang ingin dihapus, silahkan lihat tanda panah pada gambar diatas.
  • Jika selesai melakukan penghapusan, silahkan klik “Turn Off TweetDelete” agar TweetDelete tidak melakukan penghapusan secara otomatis terhadap tweet kita.

Tentunya selain melakukan penghapusan tweet, kita juga harus bijak dalam menulis tweet. Jangan sampai rasa gundah gulana yang ada di dalam hati semuanya ditumpahkan di akun sosial media, salah satunya adalah Twitter.

Mengelola Akun Sosial Media (Instagram)

Untuk mengelola Instagram lebih mudah ketimbang dua sosial media sebelumnya, karena Instagram mempunyai fitur Arsip.

Mengelola Akun Sosial Media

Apa itu fitur Arsip? fitur yang memungkinkan kita untuk menyembunyikan foto aib. Jadi, ketika kita dahulu khilaf memfoto sesuatu atau bergaya sesuatu dapat menyembunyikannya dengan mengklik fitur Arsip ini.

Jadi, untuk teman-teman yang tidak ingin menampilkan foto aibnya ke publik alias dinikmati sendiri bisa menggunakan fitur yang satu ini.

Kesimpulan

Dalam menggunakan sosial media haruslah bijak, jangan sampai apa-apa yang sedang kita alami diumbar kepada khalayak ramai. Dan yang harus diingat adalah memikirkan akibat dari postingan kita, karena gambar/video yang kita pasang akan terus menancap di internet.

Demikianlah penjelasan ringkas yang bisa saya paparkan. Semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat untuk teman-teman pembaca sekalian.

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/mengelola-akun-sosial-media/

LEAVE A COMMENT