Ilmunesia - Cara Profesional Menyampaikan Pendapat atau Kritik Terhadap Sebuah Presentasi

Cara Profesional Menyampaikan Pendapat atau Kritik Terhadap Sebuah Presentasi

Cara Profesional Menyampaikan Pendapat atau Kritik Terhadap Sebuah Presentasi

ilmunesia.com – Contohnya kamu adalah seorang murid jurusan desain komunikasi visual. Di kelas terdapat sesi presentasi dan kemudian dilanjutkan dengan sesi memberikan kritik terhadap presentasi tersebut. Setiap murid harus mempresentasikan concept desain mereka di depan kelas, kemudian murid lain bergiliran memberikan kritik. Berikut adalah cara kamu menyampaikan kritik tanpa menyinggung perasaan orang lain dan tentunya kamu akan keliatan sangat profesional ketika memberikan kritik tersebut.

1. Repeat ( mengulang )

Mengulang poin – poin penting yang disampaikan oleh orang yang memberikan presentasi. Ini menunjukkan kalau kamu sebagai si pendengar mengerti dan menyimak dengan baik apa yang baru saja disampaikan.

Contoh cara menyampaikan: ” Saya mengerti kalau kamu ingin menggunakan warna pink karena target market produk kamu adalah remaja muda. dan kamu juga ingin menjual desain kamu di pasar tradisional karena menargetkan kalangan kurang mampu dan menengah…”

2. Connect ( koneksi )

Sampaikan apa yang anda suka dari hal yang baru disampaikan oleh teman anda.

Contohnya: “saya sangat suka ide kamu tentang memakai karakter penari balet di poster kamu, menurut saya kamu sangat kreatif”

3. Pursue 

Step terakhir adalah sampaikan kritik tersebut.

Contohnya: ( setelah step repeat dan connect ) akan tetapi,saya rasa penggunaan karakter kucing di poster kamu itu kurang tepat, karena blablabla”

Jika kamu merasa ada hal yang kurang realistis dari presentasi tersebut kamu dapat memberikan sanggahan dengan cara mengajukan pertanyaan. Ini adalah cara yang sangat bagus untuk memberikan kritik tanpa harus menyinggun perasaan orang lain atau membuat malu orang yang mendapatkan kritik tersebut.

Contohnya: Orang yang melakukan presentasi mengatakan akan mencari dana sebesar 30 juta dari donatur dalam 3 hari. Kamu sebagai si pendengar merasa 30 juta merupakan angka yang tidak realistis. Cara yang baik untuk menyampaikan kritik secara tidak langsung adalah dengan cara bertanya.

cara menjawab yang baik: “Bagaimana cara kamu mencari donatur dan mengumpulkan uang sebesar 30juta? 30 juta itu bukan angka yang kecil.”

cara menjawab yang tidak baik: “Saya tidak setuju dengan pendapat kamu bahwa kamu bisa mencari dana sebesar 30 juta itu dalam 3 hari. menurut saya itu sangat tidak realistis”

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://www.caradesain.com/cara-menyampaikan-pendapat-atau-kritik-terhadap-sebuah-presentasi-di-depan-umum/

LEAVE A COMMENT