Ilmunesia - Daftar Plugin Anti Spam Terbaik untuk Web WordPress Anda

Daftar Plugin Anti Spam Terbaik untuk Web WordPress Anda

Daftar Plugin Anti Spam Terbaik untuk Web WordPress Anda

ilmunesia.com – Di dunia maya, spam merupakan hal yang seringkali dilakukan. Hal ini dilakukan oleh mereka sekelompok orang yang memanfaatkan hal tersebut untuk meraih keuntungan. Namun, dibalik itu, banyak sekali pihak yang dirugikan dari ulah para spammer. Maka dari itu, berbagai perusahaan perusahaan besar pun melakukan cara untuk memberantas spam. Sebagian cara yang dilakukan ialah dengan membuat plugin anti spam.

Facebook merupakan salah satu target utama para spammer dunia. Namun jumlah targetnya justru jauh lebih banyak kepada web web seperti forum, dan blog. Mereka memanfaatkan kegiatan spam untuk hal-hal seperti promosi, menanam link, atau bahkan untuk menyusup ke dalam web demi keuntungan.

WordPress sendiri sebenarnya memiliki fitur anti spam yang berfungsi untuk menangkis spam di blog atau website. Namun anti spamnya masih sangat sederhana, misalnya hanya perlindungan dari upaya masuk yang dicurigai sebagai robot. Tapi jika untuk menangkis spam sejenis spam komentar, itu masih butuh bantuan dari plugin-plugin.

Dari pengalaman saya sendiri, selain spam komentar juga spam dalam menjadi pengguna website. Jadi nantinya jika sistem wordpress kita izinkan bagi siapa saja agar dapat mendaftar, maka spam akan berdatangan. Nantinya mereka bisa membuat postingan sendiri, berkomentar sendiri dan bahkan melakukan hal-hal tak terduga lainnya.

Untuk itu, disini saya ingin memberikan sedikit pembahasan mengenai plugin anti spam tercanggih yang bisa anda coba untuk menyingkirkan segala aktivitas spam. Plugin Anti spam ini termasuk plugin WordPress yang wajib di instal. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Daftar Plugin Anti Spam Terbaik

Dengan plugin ini memungkinkan wordpress anda aman, namun bukan berarti tidak perlu ulah campur tangan anda lagi. Karena anda pun tetep masih perlu mengontrolnya. Karena mungkin saja, aktivitas yang bukan spam terdeteksi sebagai spam atau sebaliknya. Ini dia plugin plugin anti spam tersebut.

1. Akismet

plugin anti spam

Plugin ini merupakan plugin yang dikembangkan oleh tim automattic dari wordpress. Karena itulah, plugin satu ini menjadi plugin anti spam wordpress paling banyak digunakan diseluruh dunia. Selain itu, berbagai fungsi fungsi yang ada didalamnya memang bisa bekerja secara maksimal.

Bisa dibilang, akismet memiliki antar muka dan halaman yang mudah sekali digunakan. Walaupun digunakan setelah mendaftarkan terlebih dahulu lalu menghubungkan menggunakan API key, tapi ini sangat mudah dan cepat. Tidak sampai 5 menit pun seharusnya sudah siap. Tinggal “set and forget” sudah beres.

Menurut saya, ini adalah plugin terbaik untuk memerangi spam komentar. Jadi bagi yang punya blog dengan banyak artikel dan seringkali ada komentar, ini adalah pilihan yang tepat. Karena akismet karena dikembangkan oleh wordpress, maka dia punya database yang sangat besar dalam menampung setiap IP yang terduga spam.

Anda pun bisa menyesuaikan komentar apa yang dikategorikan spam dan mana yang bukan. Misalnya anda sesuaikan jika ada 2 buah link di komentar maka itu diaktegorikan sebagai spam. Nah ini sangat penting bagi anda yang tidak ingin komentarnya dipenuhi unsur promosi.

2. Antispam Bee

plugin anti spam

Pernah coba menggunakan plugin anti spam satu ini? Plugin ini sangat menarik untuk di coba. Karena fitur-fitur yang ada didalamnya sangat sangat memudahkan kita untuk memerangi spam. Antispam bee menjadi alternatif akismet jika anda rasa akismet terlalu memberatkan server web anda.

Untuk algoritma yang diterapkan dengan mampu mendeteksi komentar dari real human atau bot ini sangat pandai dan sensitif. Jadi jangan khawatir akan ada spam yang berkeliaran di web anda.

Plugin yang memiliki install aktif hingga 200 ribu lebih dan selalu diupdate setiap kali ada masalah. Rating yang diberikan pun begitu bagus. Jadi jangan ragu untuk menggunakan antispam bee.

3. WP-Spamshield anti spam

plugin anti spam

Secara keseluruhan, WP-Spamshield anti spam memiliki fungsi untuk membasmi spam pada beberapa hal seperti komentar, form kontak, pendaftaran, pingback, trackback, dan juga berbagai perilaku spam lainnya. Cara kerja dari plugin ini walau cukup efektif tapi tidak menggunakan capchta yang dianggap menyulitkan bagi para pengguna.

Jadi cara kerja dari plugin ini adalah dibalik layar web anda untuk memastikan semua elemen dari web bebas dari aktivitas spam. Plugin ini pun tidak terlalu memberatkan server bagi para pengguna shared hosting.

Dengan 2 lapisan pencegahan terhadap spam, plugin ini dianggap lebih baik oleh sebagian orang daripada plugin anti spam lainnnya. Dua lapisan tersebut yaitu

a. Javascript anda cookies anti spam
b. Alogritma anti spam

WP shield ini menjadikan 100% keamanan dari spam. Maka dari itu, anda bisa memilih plugin anti spam satu ini dibandingkan dengan lainnya.

Plugin anti spam ini berkerja secara otomatis menangkal spam yang mendukung berbagai kebutuhan. Diantaranya adalah gravity forms, ninja forms, contact form 7, jetpakc contact forms & comments, woocomerce, buddypress, bbpress. S2member, fast secure contact form, maul chimp, formidable forms, dan hampir semua bentuk form dan registrasi.

4. Si Capctha anti spam by Mike Challis

plugin anti spam

Si Capctha anti spam dari Mike Challis ini menggunakan tantangan berupa capctha dalam bentuk tulisan dan angka dalam beberapa karakter atau letter. Menurut saya ini plugin yang simpel tapi begitu berguna, saya sendiri pun menggunakan plugin si chapctha. Secara keseluruhan, saya beri bintang 4.8 untuk plugin ini.

Plugin si capctha dapat tampil dengan baik walau menggunakan browser yang mengompres javascript dalam web. Misalnya di UC mini atau Opera mini. Karena kebanyakan plugin anti spam lainnya tidak bisa tampil di web semacam itu.

Untuk user interface pun cukup sederhana. Anda tinggal mengatur mau digunanakan di bagian mana saja maka plugin ini akan tampil disana. Plugin ini sangat cocok untuk dipasang dibagian komentar, login, register, dan juga pada form. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, antara sebelum dan sesudah menggunakan plugin ini, memang terasa banget penurunan spam yang terjadi. Ya walaupun masih ada yang masih belum tersaring, namun plugin ini sudah meminimalisir banyak sekali spam. Anda perlu mencobanya.

5. Loginizer

plugin anti spam terbaik

Plugin ini biasanya akan otomatis terpasang di web wordpress saat mereka pertama kali menginstall CMS tersebut. Karena peran loginizer begitu penting untuk mencegah brute force attacks pada web. Misalnya mereka yang akan melakukan hack atau crack dengan menggunakan cara login wp admin.

Plugin ini dipercaya oleh wordpress sebagai plugin penangkal brute force attack yang begitu tangguh. Walau saya sendiri sebenarnya masih sering menemui titik kelemehan dari plugin satu ini tapi secara keseluruhan dalam memberikan perlindungan sudah oke.

Salah satu kelemhannya yaitu walau sudah diatur bagi pengguna yang salah memasukan login selama beberapa kali, dan saya atur hanya bisa login beberapa jam kemudian, tapi hanya dengan direfresh saja tetap bisa login. Namun ini tidak hanya berlaku di browser tertentu, bukan seperti chrome, firefox dan lainnya.

Tapi saya tetap merekomendasikan plugin ini untuk mengurangi kejadian kejadian yang tidak diinginkan di web anda. Jadi akan meminimalisir terjadinya upaya masuk yang tidak baik entah itu dari spambot ataupun dari pihak yang ingin berbuat ulah.

6. Anti spam by CleanTalk

plugin anti spam terbaik

Anti spam by cleantalk yang mengusung semboyan universal anti spam plugin ini memiliki banyak keleihan dibandingkan dengan yang lainnya. Diantaranya adalah tidak ada capctha dalam bentuk apapun seperti pertanyaan, hitungan, puzel, animal counting, dan lainnya. Namun walau begitu mampu menangkal spam bot dengan begitu efektif.

Kegunaan dari plugin yang termasuk open source ini ialah untuk melindungi web dari spam dalam berbagai hal seperti pada komentar, pendaftaran, kontak email, order barang, langganan email, pemesanan, survey atau polling, dalam woocommerce, widgets, dan bahkan mampu menangkal spam pada komentar terdahulu.

Plugin ini memiliki yang sangat bagus dalam upaya pencegahan terhadap spam. Untuk saat ini saja sudah memiliki instalasi aktif hingga 50 ribu lebih. Apalagi adanya perbaruan perbaruan yang menyesuaikan dengan perkembangan spammer. Untuk ratingginya sendiri memiliki 1734 user yang memberikan bintang 5 dari 1813 user yang meratingnya.

Jangan ragu lagi mengenai kualitas dari plugin ini. Plugin ini merupakan suatu firewall yang terhubung ke cleantalk cloud. Jadi dengan diolah dengan teknologi filter dan algoritma yang dimilikinya, membuat anti spam ini sangat efektif dalam membasmi spam.

7. WP Bruiser

plugin anti spam terbaik

Plugin anti spam ini dulu dinamakan sebagai GoodBye Captcha merupakan plugin anti spam dan juga plugin penambah keamanan untuk blog atau web wordpress anda. Cara kerja plugin ini yaitu mengidentifikasi spam bot dengan tidak menggunakan captcha yang menyulitkan para pengunjung. Dengan algoritmanya mampu mengidentifikasi mana bot mana real human.

Selain itu, plugin ini merupakan plugin yang mampu digunakan diberagam ekstensi seperti contact forms, membership, email subcription maupun e commerce. Plugin ini juga terigentrasi dengan beragam jenis plugin, jumlahnya sangat banyak. Jadi sangat rekomended untuk digunakan.

Walau plugin ini gratis, tapi memiliki support yang bagus. Dengan adanya dukungan dari pengembang, terutama update yang rutin, membuat plugin ini sangat bagus untuk digunakan. Plugin anti spam ini bisa digunakan untuk beragam jenis fungsi, seperti anti spam pada komentar, login, form, dan masih banyak lagi.

Plugin ini pun memiliki fitur brute force attacks yang bisa meminimalisir terjadinya penyalahgunaan masuk oleh hacker. Semua upaya masuk yang mencurigakan akan di blok IP nya sehingga tidak akan bisa masuk lagi ke blog anda. Dan yang paling mengesankan adalah tidak memiliki efek apapun terhadap loading web. Jadi tidak berdampak buruk terhadap SEO.

8. WP Recaptcha Plugin

WP Recaptcha Plugin

Karena plugin ini menggunakan API dan fasilias dari google, tentunya plugin ini begitu aman digunakan. Apalagi pengguna cukup klik kotak saja dan tidak perlu ada langkah lain. Kecuali jika memang terdeteksi spam dan terdeteksi bukan manusia, maka google yang canggih akan menampilkan beberapa rintangan seperti menentukan mana gunung mana bukan, mana danau mana bukan, mana pepohonan mana bukan hingga menebak mana yang termasuk papan lalu lintas.

Plugin ini pun cukup simpel digunakan. Apalagi bisa diterapkan di berbagai jenis keperluan, seperti halnya form kontak, komentar, login, register dan masih banyak lainnya. Namun sebelum anda menggunakan, anda harus mendaftarkan website anda di halaman recaptcha google. Lalu anda dapat mengatur mengenai seberapa mudah digunakan oleh orang lain. Saran saya, pilihlah yang sedang saja.

Plugin ini mengikuti perkembangan versi captcha dari google sendiri. Jika berubah, maka otomatis ikut berubah. Misal saat dulu masih menggunakan gambar, maka plugin ini pun menggunakan yang sama, dulu saat mengharuskan copy paste, juga sama, hingga sekarang yang paling mudah pun plugin ini tetap mengikutinya. Hal ini dikarenakan plugin ini langsung terintegrasi dengan captcha dari google.

Jadi jika anda menggunakan plugin ini, pasti jika ada perubahan versi dari google maka tampilan captcha ikut berubah. Maka dari itu, anda harus siap dengan segala perubahan perubahan yang mungkin terjadi.

9. Growmap antispambot

plugin anti spam terbaik

Bisa dibilang growmap antispambot ini plugin yang menarik. Karena selain mampu mengumpulkan daftar IP spammer di database server mereka, plugin ini hanya membutuhkan centang saja. Jadi gak ada ribetnya sama sekali. Namun plugin ini sudah lama sekali tidak mendapatkan update dari pengembangnya. Padahal pengembangnya masih terus aktif sampai saat ini, namun sudah tidak mengurusinya. Jadi tidak ada dukungan untuk plugin ini jika ada masalah.

Walaupun memiliki algoritma untuk menangani spam, saya tidak merekomendasikan lebih jauh plugin ini untuk memerang komentar spam. Menurut saya lebih baik gunakan wp recaptca. Selain itu, plugin ini tidak bisa menyesuaikan tampilannya di banyak theme. Maka dari itu perlu untuk diperhatikan hal ini.

Penutup

Dari beberapa plugin anti spam di atas, kombinasi plugin anti spam menurut saya yang terbaik adalah akismet, si chapta anti spam, dan loginizer. Ketiga plugin diatas memiliki fungsi yang agak berlainan dalam memerangi spam, jadi tidak akan menimbulkan masalah bila dipakai secara bersamaan di blog anda.

Sebenarnya plugin WP recaptcha pun bagus, namun ada beberapa browser di mobile yang tidak mau tampil atau sulit untuk tampil, karena selain biasanya diblok oleh script browser, jika koneksi internet kurang stabil kadangkala tidak mau tampil. Selain itu memberatkan loading website.

Untuk plugin anti spam by Cleantalk pun bagus dalam menangkal spam. Terutama dengan fitur-fitur yang begitu lengkap dan canggih. Namun semua itu tergantung pada anda sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan blog anda.

Semoga pembahasan mengenai daftar plugin anti spam di atas bermanfaat buat kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini untuk mendapatkan beragam artikel yang unik dan bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/daftar-plugin-anti-spam-terbaik/

LEAVE A COMMENT