Ilmunesia - Ilmu komunikasi dalam dunia Broadcasting dan Public Relation

Ilmu komunikasi dalam dunia Broadcasting dan Public Relation

Ilmu komunikasi dalam dunia Broadcasting dan Public Relation

ilmunesia.com – Broadcast adalah suatu proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya, dan juga bisa di definisikan sebagai layanan server ke client yang menyebarkan data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber vieo atau audio. Manurut disiplin ilmu komunikasi, Broadcasting adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan penyiaran.

Siaran adalah pesan atau rangkaian pesan dalam bentuk suara, gambar, atau suara dan gambar atau yang berbentuk grafis, karakter, baik yang bersifat interaktif maupun tidak, yang dapat di terima melaui perangkat penerimaan siaran. Penyiaran adlah kegiatan pemancarluasan siaran melaui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut, atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melaui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat di terima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan pernagkat penerima siaran.

Studio merupakan sistem yang cukup berperan dalam sebuah stasiun penyiaran, sebagai sub sistem yang terintegrasi secara total, bagian studio memberikan andil untuk penyedia program-program regular yang bersifat berkesinambungan. Studio juga merupakan tempat produksi informasi sekaligus menyiarkan, yakni mengubah ide dan gagasan menjadi bentuk pesan baik gambar maupun suara.

Transmitler merupakan salah satu unsur dalam proses penyiaran yang berfungsi mengantarkan gambar dan suara dari studio dari studio berupa gelombang elektromagnetik yang membawa muatan informasi untuk dipancarkan atau disalurkan melalui kabel atau serat optik.

Radio sebagai media broadcast

Radio adalah sejarah teknologi yang menghasilkan peralatan radio yang menggunakan gelombang audio. Awalnya sinyal pada siaran radio ditransmisikan melaui gelombang data yang continue baik melalui Modulasi Amplitudo (AM), maupun Modulasi Frekuensi (FM).

Radio AM

Radio AM bekerja dengan prinsip memodulasikan gelombang radio dan gelombang audio. Kedua gelombang ini sama-sama memiliki amplitudo yang konstan. Namun proses modulasi ini kemudian mengubah amplitudo gelombang pengantar (radio) sesuai dengan amplitudo gelombang ra

Radio FM

Radio FM bekerja dengna prinsip yang serupa dengan radio AM, yaitu dengan memodulasi gelombang radio (pengantar) dengan gelombang audio. Hanya saja pada radio FM proses modulasi ini menyebabkan perubahan pada frekuensi.

Radio Internet

Radio internet (dikenal juga sebagai web radio, radio streaming, dan e-radio) bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang suara lewat internet. Prinsip kerjanya hampir sama dengan radio convensional yang gelombang pendek (short wave), yaitu dengna menggunakan medium streaming berupa gelombang yang continue. Sistem kerja ini memungkinkan siaran radio terdengar keseluruh dunia asalkan pendengar memiliki perangkat internet.

Radio Satelite

Radio satelite mentransmisikan gelombang audio menggunakan sinyal digital berbeda dengan sinyal analog yang menggunakan gelombang continue. Gelombang suara ditransmisikan melalui sinyal digital yang terdiri atas kode-kode biner 0-1. Sinyal ini ditransmisikan ke daerah jangkauan yang jauh lebih luas karna menggunakan satelite. Hanya saja siaran radio hanya dapat di terima oleh pernagkat khusus yang bisa menerjemahkan sinyal terekripsi. Siaran radio satelite juga hanya bisa di terima di tempat terbuka dimana antena pada pesawat radio memiliki garis pandang dengan satelite pemancar.

Radio Berdifinisi tinggi (HD Radio)

Radio yang dikenal juga radio digital ini bekerja dengan menggunakan sistem analog dan digital sekaligus. Dengan begitu memungkinkan dua stasiun digitas dan analog berbagi frekuensi yang sama. Efisiensi ini membuat banyak konten bisa disiarkan pada posisi yang sama. Kualitas suara yang dihasilkan HD radio sama jernihnya dengan radio satelit. Tetapi layanan yang ditawarkan gratis. Namun untuk dapat menerima siaran radio digital pendengar harus memiliki perangkat khusus yang dapat menangkap sinyal digital.

Televisi sebagai Media Broadcast

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang terkenal sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata “televisi” merupakan gabungan merupakan gabungan dari kata tele (jauh) dari bahasa Yunani dan visio (penglihatan) dari bahasa latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “ alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/pengliahatan” penggunaan kata “televisi” sendiri juga menunjuk kepada “kotak televisi”, “acara televisi” maupun “transmisi televisi”. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal sering di sebut dengan TV (wikipedia; eksiklopedia bebas).

Internet sebagai Media Broadcast

Internet merupakan teknologi yang mengubah peradaban dunia. Internet (Kependekan dari interconection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protokol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (Packet Switching communication protokol) untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia . Rangkaian internet  yang terbesar dinamakan internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan interworking (“antarjaringan”).

Konvergensi  media

Konversi Media adalah penggabungan atau pengintrogasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

Konvergensi jaringan adalah konsistensi efisien telepon, video dan komunikasi dagta dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.

Jenis Profesi di Dunia Broadcast

Dunia Broadcast kental dengan dunia penyiaran sehingga profesi yang dikenal antara lain penyiar, pembaca berita, jurnalis/wartawandan lain sebagainya. Jenis profesi dunia Broadcast tidak hanya membuka lapangan pekerjaan sebagai karyawan saja. Tetapi juga kini membuka kesempatan besar bagi orang-orang yang ingin membuka usaha di bidang Broadcast. Dengan kemajuan Teknologi dan Informasi, bermunsulan perusahaan-perusahaan kecil yang berhubungan dengan dunia briadcast.

Beberapa profesi dalam industri Broadcast, antara lain:

1.      Announcer

2.      Reporter

3.      Presenter

4.      MC

5.      Operator

6.      Jurnalis/wartawan

7.      Editor

8.      Program director

9.      Produser

10.  Marketing

11.   Sales

12.  Stasiun manager

13.  Konsultan media

14.  Sutradara

15.  Production crew

16.  Copywriter

17.  Dubber

18.  Camera man

19.  Photografer

20.  Graphic desainer

21.  Animator

22.  Ilustrator

23.  Music programmer/director

24.  Finance

25.  Staff acounting

26.  Web/ IT developer

27.  Admin radio streaming

28.  Teknisi pemancar

29.  Off air manager

30.  Dll

ILMU KOMUNIKASI DALAM PUBLIC RELATION

APA ITU PR (PUBLIC RELATION)?

Public Relation

PR metrupakan suatu profesi yang menghubungkan antara lembaga atau organisasi dengan publiknya yang ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga tersebut. Karena itu PR berfungsi menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen, memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisifasi. PR pada dasarnya menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan baik dengan publik.

APA YANG HARUS DILAKUKAN MULAI SAAT INI SUPAYA ANDA SUKSES?

Proper Self Image

Banyak orang yang tidak menghargai terhadap dirinya sendiri. Mereka banyak melihat kekurangan pada dirinya sendiri, padahal setiap orang memiliki kelebihan masing-masing sehingga kita dapat memiliki citra diri yang baik. Pada saat kita memiliki citra diri yang baik kita akan mudah untuk mengembangkan diri menuju ke kesuksesan.

Ketakutan

Banyak orang yang mempunyai rasa takut untuk mencoba hal abru, takut gagal, takut ditertawakan orang lain, dan banyak takut lainnya. Mempunyai rasa takut adalah wajar karena kita tidak tahu hasilnya. Sesuatu yang kita tidak tahu apa yang akan terjadi dapat membuat kita takut. Tindakan (action) dapat mengalahkan ketakutan, jadi kalau kita mempunya rasa takut caranya adalah kerjakan saja.

Berpikir Positif

Pemikiran negatif akan menguras energi kita, sehingga kita akan merasa capek, dan  kita tidak mempunyai energi untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan tujuan kita. Mengeluh juga salah satu hal yang ngatif karena mengeluh berarti kita ingin melakukan sesuatu tetapi tidak bisa, seolah kita tidak berdaya. Mengeluh juga menguras energi kita. Dengan selalu berpikir positif, mnaka kita akan memiliki energi yang cukup besar, kita akan dengan mudah merasa semangat dalam mengerjakan segala hal. Dan pada saat kita merasa semangat orang lain akan mersakan semangat kita.

Procrastination

Procrastination adalah orang yang suka menunda sesuatu. Menunda membuat kita dapat kehilangan kesempatan karena mungkin saja orang lain akan mengambil kesempatan itu. Sering kali kita memiliki ide untuk melakukan sesuatu. Masalahnya bagaimana kita dapat dengan cepat melakukannya. Karena penundaan dapat membuat peluang ataukesempatan kita hilang.

Lingkungan

Lingkungan akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kita, sehingga bila kita berada pada lingkungan orang yang optimis dan mempunyai misi kedepan maka kita akan tertular dengan cara pemikiran mereka. Kita tahu bahwa lingkungan akan membentuk kita, namun tidak berarti bahwa kita harus ikut dengan lingkungan tsb. Tetapi, kita dapat memilih lingkungan seperti aopa yang kehendaki. Lingkungan kita adalah pilihan kita, pertanyaannya adalah kita akan memilih lingkungan yang seperti apa?

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://medianugrahaid.blogspot.co.id/2014/04/ilmu-komunikasi-dalam-dunia.html

LEAVE A COMMENT