Ini dia 8 Niche Blog Paling Populer yang Banyak Mendatangkan Pengunjung

Ini dia 8 Niche Blog Paling Populer yang Banyak Mendatangkan Pengunjung

ilmunesia.com – Niche blog dapat kita sama artikan dengan sebuah tema atau topik yang akan dimuat dalam setiap artikel yang akan diterbitkan oleh sebuah blog. Bukan hanya menjadi sebuah penentu topik, blog yang berfokus akan satu niche dianggap sangat ampuh mendulang kesuksesan, ketimbang blog yang tidak konsisten (Niche gado-gado).

Teman-teman mungkin bertanya, mengapa blog yang fokus akan satu niche dianggap bisa sukses mendatangkan pengunjung dan menjadi blog yang besar dan menguntungkan adminnya?

Hal ini sederhanya sekali, karena ketika anda memutuskan untuk mengelola blog dengan satu topik, maka anda akan menjumpai kemudahan dalam memperkenalkan blog tersebut kepada audiens/pengunjung. Dengan kata lain anda hanya perlu mempromosikan blog anda pada forum-forum yang anggotanya merupakan audiens dari topik yang anda gunakan.

Kemudahan dalam mempromosikan blog seperti di atas, tentu tidak akan dijumpai oleh mereka yang mengelola blog dengan berjuta-juta topik alias blog gado-gado.

Bagaimana cara memilih niche yang tepat untuk blog yang akan saya kelola?

Dalam artikel ini saya akan menuliskan 8 peringkat niche blog paling populer yang paling sering di cari pengunjung di Indonesia. Namun anda perlu teliti dalam menentukan mana yang terbaik dan layak untuk anda gunakan pada blog pribadi anda.

Memilih niche blog memang tidak bisa sembarangan, karena ini akan sangat berdampak pada laju perkembangan blog anda di kemudian hari. Mungkin anda malah akan dibuat bingung, dengan banyaknya pilihan mengenai niche paling populer ini. Oleh karena itu tentu saja anda harus melakukan banyak sekali pertimbangan.

Sama seperti memilih jurusan dalam kuliah, di sini anda harus menentukan dan memilih mana niche yang anda mengerti dan benar-benar anda kuasai. Agar di kemudian hari rasa jenuh “stuck” tidak akan mengganggu jalannya perkembangan blog yang anda kelola.

8 Niche Blog Paling Populer yang banyak dicari visitor

Niche Blog paling populer

1. Kesehatan

Niche kesehatan masih menjadi niche blog paling populer tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Hal ini sangat wajar sekali, karena ketika orang mengalami masalah kesehatan. Mungkin mereka akan mencari penyebab sesuai dengan ciri-ciri yang mereka alami di Google, sebelum benar-benar memeriksakannya ke dokter.

Alasan lain mengapa niche ini populer, yakni karena biaya checkup ke dokter memang tidak semurah jika dibandingkan dengan biaya yang tidak seberapa jika seseorang mencari artikel di sebuah blog atau website.

Oleh karena itu, niche kesehatan tentu sangat ampuh kalian gunakan jika ingin blog cepat terkenal dan meraih keuntungan darinya. Tapi, sebelumnya anda perlu mempertimbangkan hal ini dengan matang, seperti anda harus yakin betul jika anda benar-benar mengerti tentang kesehatan (Minimal pernah mengambil pendidikan keperawatan,dsb.  Karena jika informasi yang anda berikan tidak akurat, bisa saja membahayakan nyawa para pembaca anda.

2. Teknologi dan Gadget

Perkembangan teknologi semakin pesat dan sangat luar biasa, terlebih di era seperti sekarang ini yang segala sesuatunya tidak lepas dari penggunaan teknologi.

Hal ini pula yang menyebabkan banyak orang membutuhkan informasi mengenai perkembangan teknologi yang terjadi setiap saat. Sehingga sangat cocok sekali apabila anda membuat sebuah blog dengan menggunakan teknologi sebagai niche utamanya.

Jika anda benar-benar jago dalam mengelola blog dengan niche teknologi seperti ini, bukan tidak mungkin blog anda akan berkembang dengan pesat dan akhirnya mampu memberikan pendapatan untuk anda.

Anda bisa memulai dengan menyediakan tulisan mengenai spesifikasi, bursa harga, serta review pribadi dalam menggunakan produk-produk teknologi yang populer seperti gadget. Niche teknologi, termasuk salah satu Niche Blog paling populer karena selalu update berita tentang teknologi.

Perusahaan-perusahaan penyedia gadget selalu berupaya dalam menciptakan produk yang berinovasi. Calon pembeli biasanya berupaya untuk mencari review yang dapat meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut.

3. Tutorial blog dan website

Bikin blog dengan niche blog atau blogging?, hmm seriusan… Sebenarnya hal ini sudah tida asing lagi dan sudah banyak blogger senior yang mempraktekkannya.

Bagi mereka yang sudah pro, tentu hal-hal seputar blogging sudah di luar kepala. Namun bagaimana dengan mereka yang baru memulai? Tentu hal seperti ini akan sangat membingungkan mereka.

Contoh nyatanya, ketika anda datang dan membaca tulisan ini karena kebingungan dalam menentukan mana niche blog paling populer  yang tepat untuk anda gunakanan.

Mengelola blog atau website memang tidak semudah yang dibayangkan, oleh karena itu pemula memang wajib membaca tips-tips dari senior yang sudah lebih dulu ke dunia website dan blog. Persaingan di dunia website dan blog itu sangat ketat. Sehingga informasi mengenai tips pengelolaan yang anda tulis akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang masih terbilang pemula.

4. Travel

Siapa sih yang tidak suka travelling dan menjelajahi hal-hal baru di dunia ini? Oleh sebagaian orang, travelling bukan hanya sebagai aktivitas penghilang bosan, melainkan sudah menjadi bagian dalam hidupnya.

Sehingga mereka akan melakukan apapun guna mendapatkan informasi mengenai destinasi wisata terbaik yang terdapat di suatu daerah. Niche blog traveling termasuk niche blog paling populer, karena banyak informasi tentang obyek wisata yang bisa kita gali.

Sebenarnya, anda yang memilih niche ini tidak hanya mengandalkan audiens dari pecinta travelling saja, karena faktanya semua orang tentu suka jalan-jalan dan liburan. Saya sendiri tertarik dengan niche blog yang satu ini dan ingin menggunakannya pada blog pribadi saya di www.ifrombali.com (Meski belum ada postingan, hehehe).

Keuntungan lain yang dapat anda rasakan jika memilih niche blog travel, yakni perjalanan yang akan anda lalui sembari menciptakan cerita yang akan anda sampaikan pada blog tersebut. *Kalau artikel anda berdasarkan pengalaman pribadi sih.

5. Bisnis

Anda juga dapat memilih niche blog seputar bisnis, dalam niche blog yang satu ini ada banyak sekali aspek yang bisa anda gali. Banyak sekali blogger yang sudah sukses dengan mengangkat niche bisnis dalam blog pribadi mereka.

Hal ini tentu sangat berkaitan dengan sifat masyarakat yang ingin merubah nasib mereka. Mempelajari bisnis tentu menjadi hal mutlak bagi mereka yang ingin sukses dalam hidup.

Niche bisnis menjadi niche blog paling populer, meskipun memberikan tutorial tentang bisnis ternyata tidak kalah menguntungkan ketimbang menjalankan bisnis itu sendiri.

6. Otomotif

Niche blog mengenai otomotif juga merupakan salah satu niche blog paling populer dan paling banyak mendatangkan pengunjung. Pemilihan niche blog ini akan sangat menguntungkan terlebih jika dalam keseharian anda juga memiliki hobi di bidang tersebut.

Anda dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada sesama penggemar otomotif, dan mendapatkan uang dari hobi tersebut.

7. Hiburan dan humor

Tidak hanya sebagai sumber informasi, banyak orang yang menggunakan internet sebagai tempat mencari hiburan dan humor untuk mereka.

Hal ini tentu sangat wajar karena setiap orang pasti senang dengan hal-hal yang menghibur dan membahagiakan. Niche blog hiburan dan humor menjadi bagian niche blog paling populer terkait hal ini.

Jika anda sedang mencari niche blog yang sekiranya cocok untuk anda, mungkin mengangkat niche hiburan dan humor menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengangkat niche seperti ini, anda tidak memerlukan keahlian khusus seperti ketika anda mengelola niche kesehatan.

Hal yang paling utama adalah bagaimana cara membuat orang terhibur dengan apa yang anda tulis pada blog tersebut.

8. Download

Niche Blog paling populer adalah apa yang sering dicari oleh pengunjung atau pengguna internet. Untuk saat ini khususnya di Indonesia masyarakatnya gemar sekali menggunakan internet untuk aktifitas download.

Banyaknya pengguna internet yang gemar mendownload itu dapat anda gunakan sebagai referensi dalam memilih niche blog paling populer yang tepat untuk anda gunakan.

Hanya saja, niche download kebanyakan adalah niche yang ilegal. Karena jika anda menyediakan software bajakan, maka hal tersebut sama saja melanggar hak cipta. Blog anda tidak dapat di daftarkan ke Google Adsense dan hanya mendapatkan keuntungan dari link shorthen/penyingkat link seperti yang dilakukan oleh blog milik Bagas31.

Di atas merupakan 8 niche blog paling populer jika digunakan untuk mendatangkan visitor dan meraih keuntungan. Namun dalam pemilihannya akan kembali lagi kepada anda sendiri.

Pastikan anda telah mempertimbangkan dengan matang dan memilih berdasarkan hobi dan keahlian anda. Pada akhirnya anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menyediakan konten terbaru setiap harinya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/niche-blog-paling-populer/

LEAVE A COMMENT