Ilmunesia - Inilah Fitur Baru dan Kelebihan iOS 10

Inilah Fitur Baru dan Kelebihan iOS 10

Inilah Fitur Baru dan Kelebihan iOS 10

ilmunesia.com – Dengan segudang fitur baru, iOS 10 memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan iOS versi sebelumnya. Buat anda yang ingin mendapatkan segudang fitur baru itu, maka anda harus mengunduh iOS 10 yang digulirkan melalui OTA (over-the-air) atau melalui iTunes.

Namun, dalam peluncurannya sendiri sempat terjadi masalah pada update ini yang membuat update gagal. Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara Apple. Namun ia mengatakan bahwa masalah ini sudah bisa di atasi. Selain itu, masalah ini juga hanya dialami sebagian kecil pengguna. Lalu, apa saja fitur baru yang dibawakan Apple ke dalam iOS 10?

Siri yang Lebih Pintar

Siri kini lebih pintar, terutama dalam mencari dan mengenali gambar. Selain itu pengguna juga mengetik pesan hanya dengan berbicara di depan ponse. Siri yang akan mengetikkannya untuk anda. Terlebih lagi Apple membuka Siri untuk pengembang aplikasi pihak ketiga, sehingga fitur ini bisa di integrasikan ke aplikasi lain. Namun biasanya butuh waktu sampai Siri bisa ditemukan di aplikasi iOS lain.

Emoji Baru

Apple telah menambah 100 emoji baru yang bisa anda tambahkan saat anda sedang mengetik.

Hapus Aplikasi Bawaan

Pengguna bisa lebih memaksimalkan RAM dan kinerja ponsel dengan menghapus aplikasi bawaan. Seperti kita ketahui, dari beberapa aplikasi yang ada di iOS, tidak semua pengguna menggunakannya. Alhasil aplikasi bawaan tak terpakai ini hanya menjadi pajangan, bahkan mengganggu bagi sebagian orang. Di iOS 10 pengguna bisa menghapus aplikasi bawaan itu sehingga lebih menghemat ruang memori.

Universal Clipboard

Fitur ini memungkinkan pengguna memindahkan file dengan menyalin teks dan foto ke iMac lebih mudah. Semua itu berkat Universal Clipboard.

iMessage yang Lebih Berwarna

Dengan iOS 10, di iMessage anda bahkan bisa mengirimkan tulisan tangan anda. Tulisan tangan akan dikirimkan apa adanya ke penerima pesan tanpa di ubah. Jadi, apa bentuk tulisan tangan maka akan dikirimkan seperti itu juga. Termasuk saat anda menuliskan tanda tangan, maka tanda tangan itu akan dikirimkan seperti itu.

Anda juga bisa mengatur tampilan gelembung pesan yang akan muncul, bahkan mengirimkan animasi pada pesan yang mereka kirimkan, termasuk efek invisible ink. Kita bisa mengirimkan tanggapan cepat di iMessage, tersedia enam tanggapan cepat yang bisa anda kirimkan yang memungkinkan pengguna memberi tau orang lain apa yang sedang anda pikirkan. Termasuk mengirimkan stiker, menambahkan efek pada video seperti bola api, sketsa, dan sebagainya.

Satu fitur yang mungkin anda sukai adalah mengganti teks atau kata-kata dengan emoji. Misalnya, kata “senyum” bisa diganti dengan emoji, hanya dengan mengetuk teks tersebut. Selain itu di iOS 10, saat mengetik perangkat anda juga akan memberikan prediksi kalimat yang paling mungkin anda gunakan, yang muncul sebagai opsi. Ini membuat anda bisa mengetik lebih cepat.

Fitur lainnya, selain Siri Apple juga membuka pintu bagi pengembang untuk memanfaatkan iMessage. Pengembang aplikasi bisa mengintegrasikan iMessage ke aplikasi mereka.

Lockscreen

Tak perlu membuka kunci layar untuk melihat dan mengetik pesan. Anda bisa membacanya saat itu juga tanpa perlu membuka lockscreen. Di lockscreen, anda juga akan bisa menggunakan lebih banyak widget, termasuk menggunakakn 3D Touch untuk melihat informasi seperti kalender, cuaca dan saham. Semua bisa dilakukan tanpa harus membuka aplikasi.

Saat ponsel dalam kondisi siaga dengan layar mati, iPhone langsung akan terbangun (menyala) begitu iPhone diangkat. Informasi seperti pesan masuk akan langsung ditampilkan saat itu juga.

Apple Maps

Maps membawa lebih banyak fitur baru, dan memberikan lebih banyak kemudahan. Dengan Maps yang baru pengguna bisa mencari parkir yang kosong lebih mudah, informasi lalu lintas, termasuk restoran terdekat.

Kita juga bisa memesan atau reservasi tempat langsung dari dalam Maps. Jika belum mendukung beberapa negara, setidaknya kita di Indonesia bisa memesan taksi Uber langsung dari dalam Maps.

Maps juga lebih pintar karena “lebih tahu jalan”. Maps akan memberikan saran-saran yang proaktif, mana jalan tercepat untuk sampai ke tujuan anda. Kita juga akan diberi tahu ada apa saja di sepanjang rute yang kita lalui, termasuk waktu tambahan yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.

Apple Music

Apple merombak antarmuka Apple Music dengan antarmuka baru yang lebih simpel dan intuitif. Anda bahkan bisa melihat lirik saat lagu sedang diputar.

Terintegrasi dengan Rumah Pintar

Dengan aplikasi Home yang baru, rumah kita bisa menjadi smart home, termasuk menyalakan lampu, membuka kunci pintu, dan membuka tirai jendela. Semua itu bisa dilakukan di iPhone anda. Meskipun, yang satu ini membutuhkan mekanisme yang mendukung di rumah anda agar bisa bekerja.

Fitur Lain

Anda juga bisa melihat foto, video atau membalas pesan langsung dari pemberitahuan. Anda bisa mencari foto berdasarkan orang atau hal-hal yang ada dalam foto tersebut. Aplikasi foto bisa membantu anda mencari kenangan-kenangan indah. Kita juga bisa mengetik dalam dua bahasa secara bersamaan tanpa perlu beralih keyboard.

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://www.kolomgadget.com/2016/09/14/inilah-fitur-baru-dan-kelebihan-ios-10/35571

LEAVE A COMMENT