Ilmunesia - Kriteria Template Blog yang Baik dan Harus Anda Terapkan

Kriteria Template Blog yang Baik dan Harus Anda Terapkan

Kriteria Template Blog yang Baik dan Harus Anda Terapkan

ilmunesia.com – Kriteria template untuk blog itu tidak sembarangan, kita perlu mementingkan kualitas template itu. Kriteria template blog yang baik itu tidak ditentukan dari harganya yang mahal, tapi disesuaikan dengan kebutuhan dari web itu sendiri dan juga kesukaan si admin. Karena bagaimanapun juga, template yang digunakan dalam blog itu juga mewakili kepribadian si admin.

Untuk memilih template yang bagus memang gak harus yang mahal, yang murahpun asalkan fungsi yang anda butuhkan terpenuhi ambil saja dan terapkan dalam blog. Karena nilai fungsi itu lebih penting daripada nilai estetik, walaupun kita tidak boleh mengabaikan nilai estetik itu sendiri.

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh pemula adalah mereka sering sekali ganti template, bahkan seminggu bisa sampai 3 kali. Nah sebenarnya perubahan struktut web yang sering berganti ganti ini pun akan mempengaruhi posisi SERP dari web tersebut.

Maka dari itulah yang perlu anda perhatikan adalah memilih template yang berkualitas lalu menggunakannya untuk seterusnya. Jadi kalau ada yang kurang atau ingin berubah tinggal otak atik css html saja, tidak perlu menggonta ganti template.

Template itu pada dasarnya bisa diibaratkan sebagai pakaian dalam diri seseorang. Karena pakaian itulah seseorang bisa terlihat lebih cantik, lebih kurus, lebih profesional dan juga lebih menawan untuk dipandang.

Padahal itu hanya pakaian yang menutupi tubuh kita, namun hal itu mewakili diri kita dan bisa membentuk diri kita menjadi seperti apa. Yang menjadi kesan pertama dilihat orang juga dari template blog itu sendiri, maka dari itu pentingnya bagi kita untuk menentukan template yang tepat bagi blog kita.

Jadi template juga sangat mempengaruhi blog. Mulai dari tata letak hingga pewarnaan juga sangat mempengaruhi, terutama dari efek psikologi pengunjung. Misal dalam memilih paduan warna saja tidak pas, maka pengunjung akan cenderung tidak melanjutkan membaca lebih lanjut mengenai artikel yang tersajikan diblog itu.

Jadi kita harus bisa menentukan kriteria template blog yang baik untuk digunakan di blog kita. Karena template yang baik juga nantinya akan memberikan kenyamanan kepada pengunjung dan memberikan rasa percaya diri dan keuntungan lain terhadap diri kita.

Apalagi saat ini template bukan hanya menjadi karakter dari suatu web, namun menjadi hal yang berperan penting dalam SEO. Template blog yang memiliki struktur yang baik maka akan lebih mudah untuk di crawl oleh mesin pencari, apalagi jika memiliki schema yang bagus sehingga tidak menimbulkan berbagai error.

Kriteria template blog yang baik

kriteria template blog

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan beberapa poin yang berhubungan dengan kriteria template blog yang baik dan bisa diterapkan untuk blog. Jadi bagi anda yang ingin tahu template yang baik untuk blog dan bagaimana penerapan terbaik untuk blog, silakan simak pembahasannya dibawah ini.

1. Background yang terang dan teks yang gelap

Memang ada alasan lain yang menjadikan seseorang masih menggunakan template blog dengan backround yang gelap. Salah satu alasannya adalah karena adminnya menyukai seperti itu atau karena alasan ingin meningkatkan CTR atau rasio klik iklan di blognya.

Namun percayalah bahwa pengunjung lebih menyukai background yang terang dengan konten teks yang lebih gelap atau bahkan sangat gelap. Apalagi jika menggunakan fitur mode malam, background yang terang justru lebih sempurna dan enak dipandang daripada background yang gelap.

Saya sering melihat di berbagai blog yang memiliki background gelap banyak komentar yang menyatakan bahwa hal itu tidak enak dipandang dan bahkan menyakitkan mata. Saya sendiri pun mengalami hal yang sama jika memang dalam mengatur warna background dengan warna teks tidak sesuai.

Misalnya saja jika anda menggunakan background hitam #000 dengan tulisan putih #fff pasti dipandang tidak enak. Tapi jika dibalik backgrundnya menggunakan #fff dan teks menggunakan #000 pasti tidak akan terjadi masalah terutama dalam hal pandangan.

Paduan warna mempengaruhi kenyamanan pengunjung

Jadi mulai sekarang jika memilih template maka pilihlah yang sesuai dengan kriteria template blog satu ini. Selain itu perhatikan juga pewarnaan pada bagian bagian lain. Misal pada header, footer, sidebar, heading, kotak penanda dan sebagainya.

Yang penting gunakan clear backgroud dan gunakan dark text demi kenyamanan mata pengunjung. Karena bagaimanapun menariknya konten itu jika membuat mata pengunjung perih maka mereka pun akan kabur dari blog anda. Karena hal itu sama halnya dengan melihat HP yang cerah dalam kegelapan, pasti mata kita akan sakit.

Jika anda melihat lihat template di berbagai situs penjual template tentunya sekarang ini lebih banyak theme yang menggunakan background putih dan teks hitam. Karena memang secara langsung maupun tidak langsung pengunjung memang menyukai hal itu. Karena dari awal kecil pengunjung sudah terbiasa akan hal ini.

Maka dari itu, jika blog anda tidak memiliki kriteria template blog yang satu ini, maka pikirkanlah kembali untuk menggunakan template blog seperti ini. Karena lebih baik kehilangan uang sedikit untuk mengganti template dengan yang lebih baik daripada kehilangan banyak pengunjung karena pengunjung adalah sumber uang.

2. Navigasi yang jelas

kriteria template blog

Istilahnya itu clear navigation. Clear navigation merupakan kriteria template blog yang baik. Ibaratnya itu seperti sebuah tanda tanda penunjuk dijalan raya. Jadi anda bisa mencapai tempat yang diinginkan tanpa tersesat. Karena bagaimanapun juga, navigasi ini sangat diperlukan oleh pengunjung situs blog. Apalagi bagi blog yang memiliki banyak sekali kategori yang berbeda, memiliki kedalaman yang begitu dalam atau memiliki artikel yang sangat banyak seperti halnya toko online.

Memang pernah saya menemukan navigasi situs yang memang sulit diakses secara umum. Mulai dari berbelit belit, lokasi tidak strategis, sulit diaplikasikan, navigasi yang tidak ada, atau bahkan penggunaan navigasi yang double.

Intinya kriteria template blog yang baik adalah memiliki navigasi yang jelas, lengkap tapi tidak berlebihan. Dan yang paling penting adalah pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang seharusnya mereka cari di situs itu.

3. Pilih font yang nyaman dipandang

Jangan aneh aneh dalam menggunakan font untuk blog. Memang sih gak ada yang melarang, tapi jika menggunakan berbagai font yang aneh seperti tulisan latin dan sebagainya tentu akan memberi kesan tidak profesional dan tidak nyaman dipandang. Kecuali anda menggunakannya di blog yang berisi curhatan pribadi ataupun profil page. Tapi kalau digunakan untuk blog komersial maka itu sangat tidak baik.

Berbagai font yang umum digunakan adalah georgia, arial, sans serif, ferdana, times new roman. Selain jenis font, ukuran dari font itu sendiri juga perlu diperhatikan. Jangan sampai anda memilih font yang terlalu besar ataupun terlalu kecil. Hal itu harus berdasar pada kenyamanan pengunjung sendiri. Terutama dalam memilih ukuran yang tepat antara di mobile page dengan di dekstop page.

4. Jangan gunakan pop up windows

Sebenarnya apapun itu pop up atau segala sesuatu yang melayang dan menutupi konten itu jangan digunakan. Bahkan untuk langganan email pun banyak yang merasa risih melihatnya. Apalagi jika pop up sejenis iklan ataupun untuk mengisi formulir dan sebagainya, pastinya hal itu sangat menggangu pengunjung.

Kriteria template blog yang baik itu tidak memiliki pop up windows. Karena hal itu memang tidak baik dan bisa mengakibatkan berbagai hal yang berkaitan dengan kenyamanan pengunjung. Usahkan jika memang terpaksa ingin menggunakan pop up baik untuk iklan ataupun langganan email, maka pilihlah untuk menggunakan di sidebar saja dengan jenis melayang (hover), bukan munculan yang menutupi laman.

5. Sidebar yang informatif

kriteria template blog

Penggunaan sidebar juga perlu anda maksimalkan. Karena yang namanya sidebar ini sangat penting dalam mempengaruhi pengunjung, terutama untuk meningatkan CTR dan mengurangi bounce rate. Anda dapat menempatkan berbagai jenis informasi yang unik dan menarik disidebar seperti newer post, related post, trending post dan sebagainya. Dengan itulah pengunjung bisa membaca satu artikel ke artikel lain dengan baik. Dan tentunya hal tersebut juga akan menguntungkan kita selaku pemiliki blog.

Untuk jumlah sidebar dan letak sidebar yang terbaik adalah diposisikan di bagian samping kanan dan gunakan satu sidebar saja. Karena hal itu akan lebih baik dalam menargetkan pengunjung untuk bisa melihat berbagai referensi lain.

Selain itu juga kebanyakan orang memang telah terbiasa dengan hal tersebut sehingga lebih nyaman, misalnya saat menulis mengggunakan ms office kan terletak di sebelah kanan berbagai tool pentingnya. Jadi hal itu akan lebih baik daripada ditempatkan di bagian kiri.

6. Fast loading dan SEO friendly

kriteria template blog

Gak perlu pakai AMP gak masalah asalkan itu fast loading untuk tampilan mobile maupun tampilan dekstop. Karena menurut sumber yang didapat dari google mengatakan bahwa untuk web yang dimuat lebih dari 3 detik di smartphone maka sebagian besar pengunjung akan keluar dan beralih ke situs lain. Maka dari itulah disini peran anda untuk bisa memuat situs yang lebih cepat yaitu kurang dari 3 detik.

Untuk mengechek seberapa cepat situs anda, anda bisa menggunakan tools yang baru baru ini dibuat oleh google yaitu di thinkwithgoogle, anda bisa mencarinya di google. Namun sebenarnya tool apapun yang dibuat itu memang tidak bisa menjadikan itu akurat. Karena penilaian pengunjung dan robot juga tentunya berbeda. Mungkin saja situs dikatakan lambat oleh mesin pencari tapi dikatakan cepat oleh pengunjung real human.

Ada beberapa hal yang menjadikan suatu web itu terkesan lambat. Mulai dari penambahan plugin, flash, atau adanya js yang menghalangi perenderan laman. Misal seperti terlalu banyak iklan yang tampil maka otomatis loading blog akan bertambah berat dan lama. Maka dari itu, saya sarankan kepada anda untuk menggunakan tampilan laman sebaik mungkin. Karena bagaimanapun juga meminimalisir dari konten yang tak terlalu berguna itu perlu untuk meningkatkan kecepatan loading blog.

Fast loading = kenyamanan pengunjung

Untuk masalah loading sendiri sebenarnya ini dalam pengaruh terhadap SEO adalah masalah kenyamanan pengunjung. Jadi jika pengunjung memang masih membutuhkan itu konten itu walaupun loading lama, maka itu juga tetap memiliki sisi baik di SEO. Justru itu menandakan bahwa konten itu meamang benar benar berkualitas.

Contohnya saja bisa anda lihat pada artikel artikel di situs besar. Kebanyakan loading mereka memang lambat. Namun bagaiamanapun juga, karena memang konten mereka kredibel dan berkualitas dan disukai pengunjung, jadi google pun akan memposisikan dan memberi prioritas dihalaman utama.

Selain itu anda juga perlu menghindari berbagai blingky images dan juga flash yang tinggi atau berbagai komponen aktraktif lainnya. Karena hal itu justru akan membuat pengunjung merasa tidak betah, tampilan jadi lebih berat dan yang pasti juga adalah blog menjadi tidak terkesan profesional.

Selain kecepatan situs, tentunya tampilan yang resposif juga penting untuk dimasukan kedalam kriteria template blog yang baik. Karena semakin kesini semakin banyak orang yang menggunakan mobile untuk mengakses berbagai hal mulai dari mencari berita hingga video.

Maka dari itu, tampilan blog yang responsif sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk memasangnya. Tidak hanya soal kenyamanan pengunjung semata, tapi algorita mesin pencari memang sudah dibuat untuk memprioritaskan tampilan yang mobile friendly.

7. Maksimalkan fungsi penggunaan plugin

Secara umum di wordpress tentu banyak plugin yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang perbaikan. Misalnya untuk memaksimalkan dan menambah fitur, menambah kecepatan dan sebagainya. Anda harus bisa memaksimalkan berbagai penggunaan plugin tersebut untuk membuat tampilan dan performa blog lebih baik.

Blog berbasis wordpress merupakan blog paling atraktif untuk memaksimalkan penggunaan plugin plugin yang ada. Namun karena berbagai fitur yang memang dimiliki, jangan sampai anda menjadikan blog terlalu banyak plugin sehingga akan mengakibatkan loading jadi tambah berat. Usahakan jangan sampai ada 2 plugin yang memiliki fungsi sama dipakai bersamaan.

8. Pastikan selalu mendapatkan pembaruan

Jika kita membeli template tersebut, pastikan kita membelinya secara legal. Sehingga suatu saat kita akan mendapatkan update secara berkala. Pembaharuan ini berfungsi untuk mengatasi bug, error dan meningkatkan performa. Selain itu update ini juga akan memberikan tampilan yang lebih baik dan selalu dapat mengikuti perkembangan zaman.

Biasanya seseorang yang membeli template secara ilegal pasti tidak akan mendapatkan update terbarunya. Menurut saya sangat penting untuk segera memperbarui template dengan versi terbaru. Karena berbagai fitur fitur tentunya semakin lengkap. Apalagi perubahan itu sendiri terjadi karena banyaknya pengunjung yang menginginkan adanya fitur baru, atau karena adanya pengunjung yang melaporkan adanya bug atau error ataupun tampilan yang kurang bagus.

Namun jika anda punya template yang gratisan ataupun template bikinan sendiri, anda pun bisa bebas dengan sebebas bebasnya untuk mengupdate setiap hari. Jadi tampilan dan segalanya bisa di custom sedemikian rupa dengan risiko kerusakan ditanggung sendiri tentunya. Saya sendiri pun lebih suka menggunakan template yang jarang dipakai orang, mudah dikostumisasi dan tentunya harga murah.

Demikianlah pembahasan mengenai kriteria template blog yang baik. Apakah berbagai poin poin dari kriteria diatas sudah ada semuanya di dalam template anda? Kalau belum, silakan anda perbaiki templatenya atau bisa dengan membeli template baru yang sesuai dengan kriteria template blog yang telah saya bahas diatas.

Jadi intinya kriteria template blog diatas itu adalah kriteria secara umum sesuai dengan standard umum. Namun tentunya setiap orang memiliki standar pribadi yang berbeda beda. Jadi kriteria itu belum tentu juga cocok digunakan oleh setiap orang.

Namun jika anda tidak ingin repot, maka anda dapat mengganti template terbaru yang sudah memiliki kriteria seperti yang saya sebutkan diatas.

Semoga artikel tentang kriteria template blog yang baik ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini untuk mendapatkan berbagai hal yang unik dan menarik setiap harinya. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Semoga Bermanfaat. Terimakasih.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/kriteria-template-blog/

LEAVE A COMMENT