kursus Animasi, kursus Bogor, kursus Digital Branding, kursus Facebook Ads, kursus Internet Marketing, kursus Programming Bogor, kursus Web Bogor, kursus Web di Bogor, Twitter dan Isntagram, kursus Autocad 2D, kursus Autocad 3D, kursus Autodesk, Autocad pemula, Kursus 3D, Kursus Desain Grafis, Kursus website murah, Kursus PHP,

Langkah-Langkah Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Perkembangan internet yang begitu pesat saat ini mampu membawa banyak keuntungan dalam berbagai bidang kehidupan. Hampir semua orang saat ini bergantung pada teknologi yang lebih memudahkan, bahkan sekarang ini orang sudah mulai beralih dari belanja offline menjadi belanja online. Internet Marketing atau pemasaran melalui internet adalah salah satu ilmu wajib yang harus dimiliki terutama bagi Anda yang akan berjualan dengan sistem online.

 

Untuk menjadi internet marketer yang handal memang tidaklah mudah, dibutuhkan pengalaman dan proses yang cukup panjang. Namun, jika mengetahui cara belajar internet marketing, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menjadi internet marketer yang handal. Ada beberapa masalah yang sering dihadapi internet marketer pemula seperti menentukan produk yang akan dijual, tidak tahu cara riset kompetitor yang benar, dan tidak tahu cara marketing yang baik. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempelajari internet marketing.

 

Riset Produk

Dalam internet marketing, riset produk adalah kunci utamanya. Yang dibicarakan dalam bisnis online adalah keinginan pasar, bukan keinginan Anda semata. Jadi, jika Anda menjual produk yang sedang tren dan dibutuhkan banyak orang, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan profit yang besar. Untuk cara riset produk, cara yang paling mudah adalah melihat di marketplace besar di Indonesia mana saja produk yang menjadi best sellernya. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk riset produk adalah menggunakan Google Trends. Berikut kita jelaskan cara risetnya:

 

  1. Cobalah mulai dengan membuka Google Trends, dan pastikan Anda sudah login ke akun gmail.

 

  1. Kemudian pada kotak pencarian, cobalah masukkan kata kunci produk. Misalnya Anda ingin berjualan sepatu sneakers, maka masukkan kata kunci “sepatu sneakers” dan tekan enter.

 

  1. Setelah selesai, Anda akan melihat grafik seperti di bawah ini dari hasil kata kunci “sepatu sneakers”.

 

  1. Silakan amati grafiknya, jika grafik pencarian tersebut stabil berarti produk tersebut pencarian setiap bulannya stabil, tetapi jika grafik pencariannya menurun, lebih baik mencari produk lainnya yang lebih berpotensial untuk di jual.

 

Riset Persaingan

Setelah produk didapatkan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset persaingan yang ada di pasar untuk mengetahui siapa saja pesaing yang akan Anda hadapi nanti. Dari riset ini nantinya Anda akan mendapatkan gambaran terhadap lawan bisnis, sehingga paling tidak Anda bisa mengimbanginya atau memenangkan persaingan bisnis. Cara termudah melakukan riset persaingan bisnis adalah dengan melihat produk yang akan Anda jual di marketplace.

Untuk penentuan harga, Anda bisa menggunakan sistem Leader Pricing yaitu menentukan harga lebih rendah dari harga pasaran dengan keuntungan yang minim agar para konsumen bisa berpindah ke produk yang Anda jual. Cara ini bisa meningkatkan omzet penjualan, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Marketing

Step yang  terakhir adalah marketing. Ada banyak pilihan strategi marketing yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk yang Anda miliki. Berikut ulasannya :

A. Facebook Marketing

Facebook menjadi social media yang memiliki pengguna aktif terbanyak di dunia saat ini. Tak heran bila Facebook menjadi tempat marketing produk paling menjanjikan. Anda bisa membuat Facebook Fans Page yang berisi konten menarik agar bisa menaikkan branding dan awareness terhadap bisnis, sehingga omzet penjualan bisa ikut meningkat. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk beriklan, di mana Anda juga bisa menentukan target market sesuai dengan produk yang Anda jual.

B. Youtube Marketing

Sekarang ini Youtube menjadi situs berbagi video yang paling banyak dikunjungi. Apalagi dengan maraknya paket Internet murah, menjadikan Youtube memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Anda hanya perlu membuat channel berisi video ulasan produk Anda, kemudian upload ke Youtube. Untuk menaikkan viewers, Anda bisa melakukan share ke berbagai social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line, Google Plus, dan lain sebagainya.

C. Website Marketing

Website merupakan media yang paling efektif untuk menjalankan strategi marketing secara online. Dari sisi penjualan bisa lebih meningkat dan mampu menaikan brand bisnis yang Anda miliki. Dengan adanya website, konsumen dapat melihat segala produk yang Anda miliki dan melihat kualitas dari brand apakah dibuat secara asal-asalan atau secara profesional.

D. SEO

SEO merupakan teknik marketing di mana website yang Anda miliki bisa menempati posisi teratas dari halaman pencarian di Internet, sehingga pengunjung yang datang bisa lebih banyak. Ada tiga komponen penting yang utama dalam SEO yaitu riset keyword, on page, dan off page optimization.

E. Content Marketing

Content is king. Anda tidak perlu menggunakan cara tradisional dengan melakukan iklan secara terang-terangan. Jika Anda sedang melihat televisi kemudian melihat iklan pastinya Anda akan kurang suka kemudian mengantinya ke saluran televisi yang lain, begitu juga di dunia internet marketing, orang akan pindah ke website lain jika menemukan iklan secara terang-terangan. Solusinya yaitu dengan content marketing. Dengan content marketing, Anda tidak akan langsung menjual dari produk yang Anda miliki, tetapi menjual nilai manfaat dan kegunaan dari produk yang dimiliki dengan disajikan berupa artikel, audio, video, dan presentasi.

 

sumber: www.jurnal.id

 

LEAVE A COMMENT