Ilmunesia - Manakah Platfrom Terbaik Untuk Blogger Pemula, WordPress Atau Blogger

Manakah Platfrom Terbaik Untuk Blogger Pemula, WordPress Atau Blogger?

Manakah Platfrom Terbaik Untuk Blogger Pemula, WordPress Atau Blogger?

ilmunesia.com – WordPress atau Blogger, kedua platform blog ini seakan memimpin dunia blogging di dunia. Namun, hal tersebut ternyata memberikan dampak buruk juga kepada masyarakat, lebih khususnya mereka yang hendak mengembangkan hobi dan karir mereka dengan menjadi seorang blogger.

Secara garis besarnya, masyarakat awam khususnya di Indonesia, lebih mengenal Blogger ketimbang platform lain. Hal ini mungkin saja di latar belakangi oleh penggunaan nama platform besuran Google ini sendiri menggunakan sebutan untuk seorang penulis blog.

Ya, Blogger atau Blogspot memang lebih dinilai mudah dan praktis untuk mereka yang masih pemula, mungkin juga untuk mereka yang belum begitu mengerti tentang internet.

Oke fix, kalau gitu Blogger memang yang terbaik yo mas ??

Tidak juga, hanya karena Blogger dapat dengan mudah “diserap” oleh masyarakat awam, bukan berarti membuatnya menjadi platform blog terbaik.

Padahal kalau mau melihat pesaing ketatnya, yakni WordPress, banyak juga blogger senior yang merekomendasikannya. Walau memang penggunaannya sedikit ribet bila dibandingkan penggunaan Blogger, namun bila anda terus belajar dan menggunakannya setiap hari, tentu saja anda akan terbiasa dengan tampilan platform tersebut.

Apa nggak ada platform lain selai WordPress atau Blogger, mas ??

Tidak hanya dua platform tersebut, tetapi ada banyak sekali platform lain yang dapat anda gunakan untuk mendaftarkan blog baru anda, seperti Mywapblog, Tumblr, LiveJournal, dan masih banyak yang lainnya.

Hanya saja, WordPress atau Blogger memang lebih “mendapatkan hati” di masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Dan juga pengguna yang lebih banyak di Negri sendiri ini juga, dapat membantu anda yang merasa sebagai pemula untuk lebih belajar tentang kedua platform tersebut.

Tentu saja hal ini dikarenakan semakin banyaknya pengguna platform tersebut, khususnya di Indonesia. Maka semakin banyak pula tutorial dan cara-cara pengoprasian kedua platform blog tersebut, terlebih lagi tutorial dan cara yang berbahasa Indonesia.

Teruss, lebih baik saya pilih yang mana mas??

blogSebenarnya, kasus seperti ini sudah banyak dibahas oleh blog-blog diluar sana. Namun dari apa yang saya baca, biasanya tiap penulis memang memberikan opini atau pendapatnya masing-masing, sehingga hal tersebut bisa saja akan menimbulkan kebingungan dalam hati masyarakat yang hendak menjadi seorang blogger.

Secara pribadi bila ditanyakan tentang WordPress atau Blogger, saya rasa keduanya imbang, dan yang lebih penting adalah peran penulisnya. Karena blog anda tetap akan berkembang walaupun menggunakan platform yang dikatakan tidak bagus, semua itu asalkan anda konsisten dan niat untuk selalu memperbarui tulisan-tulisan yang berkualitas pada blog anda.

Namun, karena di sini anda yang akan menjadi seorang blogger, maka saya kembalikan lagi kepada minat dan kesukaan masing masing, menjadi seorang blogger sebenarnya tidak boleh ada unsur pemaksaan, maka dari itu tentukan saja, mana platform yang menurut anda pass buat anda.

Hanya saja, di dalam artikel ini, saya akan coba mengulas juga tentang kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh platform WordPress atau Blogger, sehingga anda juga dapat mengetahui dan semakin mudah untuk menentukan, dimanakah Blog anda akan berlabuh, WordPress atau Blogger yang akan menjadi “pelabuhan” blog anda.

Kelebihan dan kekurangan platform WordPress dan Blogger

wordpress atau blogger

Kelebihan WordPress

1# WordPress merupakan platform yang open source

Untuk lebih gampangnya, kita dapat mengartikan Wordoress ini sebagai sebuah platform blog yang memberikan hak akses penuh kepada penggunanya, untuk memodifikasi, menambahkan kode-kode dan lain sebagainya, sesuai dengan keinginan pemilik blog tersebut.

Jadi sangat mungkin sekali bila anda menjumpai blog profesional yang mempunyai tampilan berbeda dari yang lain. Tentu saja karena mereka memang handal dalam urusan pengkodean, dan mereka juga telah diberikan hak akses secara full oleh WordPress, untuk memodifikasi blognya sesuai keinginan mereka.

2# Menerima import isi blog dari berbagai macam platform

Ini dia keuntungan yang membuat WordPress ini terasa spesial, pasalnya jika anda telah memiliki blog dengan platform selai WordPress, dan anda memutuskan untuk bermigrasi dari platform lama tersebut ke platform WordPress, maka tidak usah kawatir akan memulai blog dari awal lagi.

Platform WordPress sendiri sangat baik hati, dan siap menerima import dari berbagai macam platform. Tentu saja keuntungan ini akan benar-benar menguntungkan anda, karena anda tidak perlu memulai semuanya dari awal saat memutuskan untuk bermigrasi ke platform Wordpres ini.

3# Banyak pengguna, banyak juga tutorialnya

Seperti yang sudah saya katakan di atas, karena pengguna dari platform blog yang satu ini cukup banyak. Tentu saja hal ini akan menguntungkan untuk anda yang baru dan masih awam dengan tampilan, serta penggunaan platform ini.

wordpress atau blogger

Keuntungan akan anda dapatkan, karena banyak sekali penulis blog di luar sana, yang bersedia berbagi ilmunya kepada pemula seperti anda. Dan juga, banyaknya pengguna dari Indonesia juga turut berperan atas hadirnya berbagai macam forum, dan blog-blog yang membahas seputar tutorial WordPress secara gratis dan berbahasa Indonesia.

Anda pula dapat bertanya kepada mereka yang telah senior mengenai pengoprasian Wordpres ini, menurut pengalaman saya, mereka yang telah terjun terlebih dahulu di dunia WordPress, akan sangat ramah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membuat anda bingung dalam menggunakan platform ini.

4# Adanya fitur plugin pada WordPress

Plugin ini serasa menjadi pembeda dengan platform blog yang lain, pasalnya dengan hadirnya plugin dalam penggunaan WordPress, maka akan sangat membantu kita-kita yang masih merasa awam dalam dunia WordPress.

Selain itu, konon katanya fitur plugin adalah pendongkrak SEO pada blog yang berbasis WordPress, sehingga tidak jarang ditemukannya blog WordPress mendominasi halaman pertama mesin pencari.

Penggunaan fitur plugin juga tidak begitu susah, karena anda hanya akan mencari dan melakukan penginstalan saja. Lebih lagi, proses penginstalan akan berjalan secara otomatis dengan sekali klik saja. Fitur plugin sendiri banyak sekali macamnya, seperti anti spam, tool seo, album foto, dan masih banyak lagi deh.

5# Adanya fitur tag dan kategori

Sebenarnya sih, Blogger atau Blogspot juga memiliki fitur kategori yang bernama Label. Namun dalam blogspot anda tidak akan menemui fitur tag seperti pada WordPress.

Fitur kategori berfungsi untuk mengelompokkan artikel, agar pengunjung dapat mengakses artikel yang serupa secara mudah. Sedangkan untuk Tag, memang tidak terlihat secara kasat mata, namun pengaruhnya akan mendongkrak SEO pada blog anda, sehingga banyak blog profesional yang memilih menggunakan WordPress sebagai platform blog andalannya.

6# Menurut beberapa pakar, Wordpres lebih ahli dalam bidang SEO

Banyak sekali pakar-pakar, dan penulis blog profesional yang menjadikan alasan agar pengguna sebaiknya memilih WordPress sebagai platform blognya. Salah satunya adalah dengan kemampuan WordPress dalam bidang SEO atau search engine optimization yang lebih baik ketimbang platform lain.

Saya rasa hal ini terbukti dengan adanya poin nomor 4 dan 5, serta banyak juga saya temukan blog berbasis WordPress yang mejeng di halaman pertama mesin pencari, lebih lagi bila banyak sekali pakar yang merekomendasikan, pastinya di situ WordPress adalah platform blog yang memiliki “kekuatan tersembunyi”.

7# Dengan menggunakan WordPress, blog anda akan menjadi lebih profesional

Tentu dengan berbagai macam performanya yang lebih baik dalam bidang SEO, akan membuat blog anda yang berbasis WordPress akan lebih terlihat professional.

Profesional juga dibarengi dengan keharusan memiliki hosting dan domain jika anda menggunakan WordPress.org. Hal ini bukan hanya akan mempengaruhi tingkat profesional anda, namun akan memberikan dampak positif untuk blog anda kedepannya.

Bisa saja, dengan membeli hosting dan domain yang mahal, dan tidak mau merugi maka anda semakin semangat dalam mengelola blog, kalau sudah semagat seperti ini, tentu saja blog akan semakin berpeluang untuk terkenal.

8# Hampir tidak ada peraturan dalam WordPress

Tentu saja hal ini berkaitan dengan poin pertama, yang mengatakan WordPress adalah sebuah platform opern source. Ditambah lagi hosting dan domain adalah milik anda, tentu saja pihak WordPress tidak bisa semena-mena dalam menindak dan melakukan penghapusan blog anda.

Hal berbeda bila anda menggunakan platform yang menyediakan hosting gratisan, tentu saja akan ada banyak sekali peraturan yang perlu anda patuhi, dan bila ketahuan melanggar, maka siap-siap saja blog dihapu secara sepihak oleh mereka.

9# Dukungan template yang banyak

Dukungan template untuk WordPress juga sangat banyak sekali ditemui, banyak sekali developer dan designer web diluar sana yang bersedia untuk meluncurkan template gratis dengan sentuhan premium.

Namun untuk anda yang ingin mendapatkan fitur yang lebih pasti, saya sarankan untuk membeli saja template yang premium, toh juga akan mempengaruhi kualitas blog anda. Selain itu template premium juga akan memberikan dampak semangat karena tidak mau rugi akan modal yang dikeluarkan dalam membuat blog tersebut.

10# Wordpres sangat cocok untuk anda yang ingin lebih serius dalam bisnis

WordPress memang memberikan berbagai macam fitur yang dapat dinikmati oleh penggunanya, hal ini tidak lepas oleh WordPress sendiri yang merupakan platform open source. Sehingga untuk anda yang ingin serius membuat blog untuk kepentingan bisnis dan profesional, saya rasa WordPress lebih cocok untuk digunakan.

Mengapa ??

Tentu dikarenakan WordPress merupakan platform open source, apalagi bila anda telah memiliki domain dan hosting pribadi, saya rasa blog bisnis anda akan semakin aman dari tindak semena-mena pihak penyedia platform blog. Selain itu, blog bisnis anda akan berkesmpatan lebih besar untuk muncul di halaman pertama mesin pencari, karena memang WordPress yang telah didesain agar lebih SEO ketimbang platform lain.

 

Kekurangan WordPress

1# Modal yang dikeluarkan lebih besar

Yah, walaupun sebanding dengan fitur yang ditawarkan, namun untuk anda tidak konsisten atau memiliki tipe blogger yang “setengah-setengah”. saya rasa anda akan menyesal dan mengalami kerugian dikemudiah hari.

Hal ini tentu saja dikarenakan harga penyewaan hosting dan domain yang tidak murah. Biasanya untuk hosting yang bagus akan dikenai biaya 500 – 1jt pertahun, dan harganya bisa lebih mahal lagi tergantung kualitas hosting yang dipilih.

Sedangkan untuk anda yang memang konsisten dan menjadikan WordPress sebagai blog bisnis, seperti toko online dan sebagainya. Saya rasa modal tersebut tidak akan sebanding dengan kesuksesan yang akan anda raih dikemudian hari.

2# Untuk pemula yang benar-benar awam akan lebih pusing untuk terbiasa

Jika anda memang konsisten dan niat untuk belajar, saya rasa akan mudah-mudah saja. Namun saya akui memang, bila penggunaan WordPress untuk pemula akan sedikit lebih ribet ketimbang platform lain seperti Blogger.

Hal ini mungkin saja karena WordPress sejatinya didesain untuk para profesional, yang telah terbiasa dengan hal-hal yang berbau blog, dan kode-kode. Tapi tenang saja, tetap semangat pasti bisa kok.

3# Tidak bisa menghasilkan uang melalui Adsense

Tenang saja, meski WordPress tidak bisa menghasilkan uang melalui Adsense, namun hal itu hanya berlaku untuk WordPress.com dengan hosting gratisan mereka.

Sedangkan untuk anda yang memilih menjadi pengguna WordPress.org dengan hosting dan domain yang mutlak milik anda, tentu saja anda dapat mendaftarkan blog WordPress anda untuk menjadi publisher Adsense.

Meskipun begitu, untuk blog WordPress.com sendiri ada yang bilang anda tetap bisa mendaftarkannya sebagai publisher Adsense, asalkan telah memiliki domain dan hosting sendiri juga.

Maka dari itu, lebih disarankan untuk menggunakan WordPress.org dengan paket hosting dan domain pribadi saja, untuk memudahkan bila suatu hari nanti, anda ingin mendaftarkan blog tersebut menjadi publihser dan mendapatkan uang dari blog anda. Yahh, hitung-hitung balik modal domain dan hosting. Hehe.

 

Kelebihan Blogger

wordpress atau blogger

1# Blogger merupakan platform milik rakasasa Google

Hal pertama yang membuat Blogger lebih direkomendasikan untuk pemula, yakni Blogger merupakan platform besutan Google yang merupaka raksasa mesin pencari.

Tak jarang juga, hal ini memperkuat anggapan beberapa orang yang menyebutkan Blogger lebih baik untuk digunakan oleh pemula. Namun menurut saya pribadi, WordPress atau Blogger, akan sama saja tergantung dari pengelola blog tersebut.

2# Pemula akan lebih terbiasa menggunakan Blogger

Poin nomor dua ini juga telah saya rasakan sendiri, hal ini juga menyebabkan saya memutuskan untuk menggunakan blog untuk blog personal yang saya miliki, ketimbang menggunakan WordPress.

Untuk seorang pemula, memang tampilan dari Blogger akan sangat mudah untuk dimegerti, sehingga semakin mudah pula mereka untuk lebih terbiasa dengan platform yang satu ini.

Sedangkan untuk anda yang berminat untuk menjadi seorang blogger dibawah platform bersubdomain blogspot ini, saya rasa pilihan anda sangat tepat, terlebih bila anda merupakan seorang yang benar-benar pemula, anda dapat menjadikan Blogger sebagai platform belajar terlebih dahulu, sebelum nantinya benar-benar yakin untuk bermigrasi ke plarform WordPress.

3# Blogger merupakan platform blog yang benar-benar gratis

Tidak perlu sewa hosting, dan tidak perlu pusing berpikir tentang domain, saat anda mendaftar maka saat itu juga blog siap untuk digunakan.

Benar sekali, Blogger tidak mengharuskan penggunanya untuk memiliki hosting dan domain pribadi, sehingga platform ini dapat dikatakan sebagai platform blog gratisan yang terbaik.

Namun, bila suatu saat nanti anda memutuskan untuk mengganti domain dengan domain top level, maka anda tetap saja tidak akan kehilangan pengunjung, karena url blog yang lama akan otomatis dialihkan menuju url blog baru yang menggunakan domain top level.

4# Anda dapat menghasilkan uang dari Adsense tanpa modal

Benar sekali, seperti yang kita ketahui bila layanan Adsense dan Blogger adalah sama-sama milik Google. Tentu saja Google akan meringankan pemilik blog yang menggunakan platform mereka, bila pemilih blog tersebut hendak mendaftarkan blognya sebagai publisher Google Adsene.

Hal ini terbuki, dengan subdomain bawaan (.blogspot.com), dan hosting gratisan dari Google, blog yang anda miliki sudah dapat digunakan untuk mendaftar menjadi publihser, tentu saja konten yang anda sediakan harus berkualitas, dan memenuhi persyaratan sebagi publisher.

Namun, untuk anda yang mendaftar dengan subdomain bawaan alias tanpa modal, maka akun yang anda dapatkan adalah akun Hosted, yang berarti akun anda tidak dapat digunakan untuk beriklan di blog dengan domain top level. Tetapi tenang saja, sewaktu-waktu bila anda ingin berganti domain, anda tinggal melakukan upgrade akun Adsense saja.

5# Banyaknya pengguna dan tutorial yang ada

Entah itu WordPress atau Blogger, tentu saja memiliki pengguna yang banyak , terutama di Indonesia. Sehingga akan menguntungkan anda yang hendak menjadi blogger dengan menggunakan platform WordPress atau Blogger, hal ini tentu saja dikarenakan banyaknya penulis blog yang menyediakan tutorial dan tips berbahasa Indonesia.

6# Template yang dapat diubah sesuka hati dan memiliki banyak pilihan

Banyak sekali template yang disediakan untuk Blogger, entah itu template default maupun template dari pada web designer yang bisa didapatkan dengan mudahnya.

Untuk templatenya sendiri bisa anda dapatkan dengan futur grartisan maupun fitur premium. namun untuk anda yang memilih template dengan fitur premium, biasanya template jenis ini dijual oleh pembuatnya, sehingga anda harus mengeluarkan modal lagi untuk membeli template tersebut. Hal ini sebenarnya berlaku untuk template WordPress atau Blogger.

7# Karena ditangani oleh Google, maka server Blogger jarang sekali mengalami gangguan

Hal ini mungkin dipengaruhi oleh Blogger yang merupakan bagian dari perusahaan Google, sehingga kemungkinan besar server yang dipergunakan juga merupakan server milik Google.

Tentu saja hal terebut akan sangat menguntungkan anda sebagai pemilik blog, terlebih bila suatu saat nanti blog anda memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak.

Bila anda menggunakan hosting sendiri kemungkinan besar hosting tersebut tidak akan mampu menangani padatnya trafik, namun bila anda menggunakan hosting milik Google, hal yang sangat aneh bila server milik perusahaan sekelas Google mengalami gangguan atau down.

8# Blogger adalah platform terbaik untuk bereksperimen mengenai template

Bereksperimen mengenai template di sini, dapat anda artikan sebagai memodifikasi atau membuat template hasil karya sendiri. Blogger merupakan platform terbaik untuk anda yang ingin bereksperimen serta balajar tentag template, tentu saja dikarenakan template Blogger yang menggunakan struktur kode yang lebih mudah untuk dipelajari oleh pemula.

Dengan bereksperimen dan membuat tempate hasil karya anda sendiri, sangat membuka kemungkinan besar untuk mendatangkan uang melalui blog anda, uang ini berasal dari penjualan template anda kepada orang yang membutuhkan. Namun ada catatan, agar ada yang tertarik untuk membeli template anda, template yang anda buat harus benar-benar responsive dan menunjang seo.

9# Dapat mengganti domain tanpa membeli paket hosting

Anda mungkin mulai berpikiran untuk membercantik tampilan blog anda dengan mempersingkat url yang ada. Bila sebelumnya anda memanfaatkan subdomain dari Blogger, yakni blogspot.com, maka suatu saat anda dapat membeli domain tanpa memesan hosting.

Istilahnya, anda nitip domain pada hositing milik Google, sehingga anda tidak perlu dipusingkan dengan harga sewa hosting pertahun yang tidak sedikit. dan hanya memikirkan biaya sewa domain pertahun yang cukup murah harganya.

10# Blogger merupakan platform yang sangat aman

Sangat aman, atau dapat diartikan juga Blogger ini merupakan sebuat platform yang jarang sekali dapat ditembus oleh hacker. Saya juga tidak menemukan data-data yang menyebutkan kasus pembobolan blog yang berbasis Blogger.

Tentu saja hal ini akan membuat kita, selaku pemilik blog, akan merasa aman dan nyaman saat mengelola blog tersebut. Namun jangan terlalu berbangga, karena apapun yang bersumber dari internet, pasti ada celah untuk dibobol, meskipun itu situs presiden sekalipun.

Maka dari itu, tetap berwaspada akan keamanan, disarankan untuk melakukan backup secara rutin untuk meminimalkan hal yang tidak diinginkan. Rutin melakukan backup sebenarnya disarankan untuk pengguna WordPress atau Blogger.

Kekurangan Blogger

1# Pemilik blog harus patuh terhadap peraturan yang diberlakukan oleh Blogger

Kekurangan yang pertama, terjadi bila anda menggunakan platform Blogger, dengan tetap memanfaatkan hosting gratis yang telah disediakan. Tentu saja pihak Google tidak akan mau bila hosting yang mereka sediakan secara gratis, malah dipergunakan untuk hal-hal yang dilarang atau berbau ilegal.

Bila anda coba-coba untuk melanggar peraturan yang telah ditetapkan, maka siap-siap saja akan mendapatkan penalty dari Google, mungkin saja blog tidak akan muncul dalam mesin pencari selama beberapa waktu. Atau bisa juga blog anda langsung dihapus secara sepihak, karena telah dianggap melakukan tindakan melanggar perjanjian.

2# Tidak menerima import file dari blog lain

Yang menjengkelkan adalah bila anda sebelumnya telah memiliki blog dengan menggunakan platform lain, dan tiba-tiba anda memutuskan untuk bermigrasi ke platfrom Blogger. Namun ternyata hal tersebut tidak bisa.

Tidak seperti WordPress yang mengijinkan import file dari platform mana saja, Blogger hanya mengijinkan import file isi blog lama ke blog baru, yang sama-sama menggunakan platform Blogger. Tentu saja sangat merugikan untuk anda yang telah memiliki pengunjung setia pada platform blog lama anda.

Namun hal ini tidak terlalu masalah, karena bila ditanya lebih baik migrasi ke WordPress atau Blogger, saya menyarankan dalam bermigrasi, lebih baik anda menggunakan platform WordPress saja, tentu agar anda memiliki hosting dan domain pribadi, serta dapat melakukan import file dari platform mana saja.

3# Tidak terlalu cocok untuk dijadikan blog bisnis

Sepertinya platform Blogger memang tidak diperuntukan untuk anda yang hendak menjadikan blog sebagai sarana bisnis anda, seperti toko online dan lain sebagainya.

Meskipun tetap dapat digunakan untuk berbisnis, namun blog anda tidak akan bisa seprofesional WordPress dalam hal ini. Maka dari itu saya sangat menyarankan, untuk anda yang menggunakan blog sebagai bisnis, lebih baik menggunakan WordPress saja.

Tetapi, untuk bisnis kecil-kecilan, saya rasa Blogger juga sudah cukup, mengingat anda dapat memanfaatkan fitur hosting gratis yang disediakan oleh Google dan Blogger itu sendiri.

Kesimpulan

Dari apa yang telah saya sampaikan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut ini.

  • WordPress lebih unggul untuk anda yang mementingkan profesionalitas, dan optimasi search engine (SEO)
  • Blogger lebih unggul untuk pemula yang masih belajar tentang blog
  • Blogger lebih unggul karena terintegerasi langsung dengan Google Adsense
  • WordPress lebih unggul karena anda memiliki hak sepenuhnya terhadap blog anda

Meskipun begitu, namun perlu anda lihat lagi secara seksama mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing platform. Entah itu WordPress atau Blogger sebelum benar-benar memutuskan untuk memilih satu di antara kedua platfrom tersebut. Jadi jangan sampai memilih ya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/wordpress-atau-blogger/

LEAVE A COMMENT