Ilmunesia - Memaksimalkan Penggunaan Hashtag Pada Branding Media Sosial

Memaksimalkan Penggunaan Hashtag Pada Branding Media Sosial

Memaksimalkan Penggunaan Hashtag Pada Branding Media Sosial

ilmunesia.com – Hashtag adalah sebuah fitur yang bermula dari media sosial #twitter yang berfungsi untuk membantu penggunanya untuk menemukan sebuah konten yang lebih khusus, spesifik dan tepat sasaran. Namun seiring dengan popularitas hashtag di twitter, kini jejaring sosial lain seperti Facebook dan Instagram juga memakai dan menggunakan tagar ini. Cara penggunaannya yang sangat simpel dan efektif diyakini sebagai suatu alasan yang kemudian menjadikan fitur hashtag menjadi begitu populer dan banyak diminati pengguna media sosial.

Dengan hanya menambahkan tagar di awal kata kunci yang diinginkan maka kombinasi hashtag dan kata kunci tersebut akan berubah menjadi sebuah hyperlink secara otomatis untuk menampilkan seluruh informasi dan berita terkait kata kunci yang tersedia di situs media sosial tersebut.

Kenapa Harus Hashtag?

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa fitur hashtag dengan kemampuannya melacak apapun dengan tepat sasaran dan efektif sangat disukai oleh pengguna #media sosial. Menurut situs SocialMediaToday.com, ada tiga alasan kenapa pengguna media sosial kini sangat gemar menggunakan hashtag di situs media sosial.

Pertama adalah para pengguna memang menyukai fitur ini karena memudahkan mereka dalam melakukan pencarian. Kedua adalah penggunaan hashtag yang dapat menghubungkan penggunanya pada topik-topik trendi atau terbaru. Dan ketiga adalah fitur hashtag yang dapat digunakan secara universal untuk berbagai keperluan seperti bisnis, kesenangan dan kegiatan sosial.

Hashtag Untuk Berbisnis

Satu hal yang sangat menguntungkan terutama bagi pebisnis dari fitur hashtag ini adalah kemampuannya untuk mencari target marketing yang tepat dan juga potensinya membangun membangun sebuah brand bisnis. Salah satu wujud konkrit penggunaan fitur hashtag pada kegiatan bisnis ini sekarang sangat terlihat pada media sosial #Instagram.

Pada jejaring sosial berbasis foto dan gambar itu, fitur hashtag telah cukup banyak digunakan dan diandalkan pebisnis untuk ajang promosi dan mengembangkan strategi marketingnya guna memperoleh konsumen dan pelanggan dengan lebih targeted dan tepat.

Pada umumnya, hashtag pada bisnis digunakan untuk menghubungkan brand bisnis Anda dengan orang lain melalui hashtag yang sama. Tentunya hashtag pada bisnis akan jauh lebih efektif karena memberikan informasi yang saling relevan di antara produsen dan konsumen.

Trik Memaksimalkan Brand Dengan Hashtag

Brand bisnis memang merupakan salah satu komponen yang cukup diperhatikan oleh pebisnis. Nah, dengan fitur hashtag yang ada pada media sosial, kini para pebisnis terutama yang memfokuskan pada dunia online memiliki kesempatan cerah untuk memaksimalkan brand yang dimilikinya.

Untuk membangun sebuah brand dengan hashtag secara maksimal, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan hashtag yang sifatnya berbeda atau belum pernah digunakan sebelumnya. Dengan kode hashtag yang unik dan berbeda maka Anda akan terhindar dari persaingan hashtag yang cukup ketat. Dengan begitu promosi Anda akan dengan mudah untuk dikenali serta cepat direspon calon konsumen dan pelanggan.

Jika Anda masih binggung untuk menntukan kode hashtag yang unik, Anda bisa memanfaatkan situs layanan online gratis seperti hashtag.org atau twubs.com guna mencari kata kunci hashtag yang sekiranya dapat menarik perhatian, unik dan tidak pasaran (tidak umum).

Penggunaan Hashtag Untuk Personal Branding

Selain bisnis, fitur hashtag juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti untuk ajang personal #branding. Untuk memaksimalkan tujuan personal branding ini tentu Anda harus memiliki akun yang sudah siap digunakan. Setelah itu lakukanlah teknik promosi yang baik dan benar dengan menggunakan fitur hashtag ini. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan personal branding dengan fitur hashtag di media sosial.

Tips pertama adalah tidak menggunakan hashtag secara berlebihan (tak lebih dari tiga hashtag). Hal ini disebabkan karena hashtag yang muncul lebih dari tiga dalam satu postingan maka akan dianggap spam. Tentu jika hal ini terjadi, maka langkah Anda dalam personal branding akan gagal karena kode hashtag Anda berkesan negatif akibat spam. Tips kedua untuk melakukan personal branding di media sosial adalah dengan menggunakan hashtag hanya pada situs yang memiliki fitur hyperlink otomatis pada hashtag.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.maxmanroe.com/memaksimalkan-penggunaan-hashtag-pada-branding-media-sosial.html

LEAVE A COMMENT