Ilmunesia - Mendesain Bukan Sekedar Tentang Uang

Mendesain Bukan Sekedar Tentang Uang

Mendesain Bukan Sekedar Tentang Uang

ilmunesia.com – Akhir – akhir ini saya sering dipusingkan dengan paradigma “desain grafis bukan desain gratis” dan sejenisnya bahkan sempat memicu keributan.

Perlu diketahui bahwa mendesain itu bukan sekedar tentang uang saja, ini tentang seni dan tidak ada hubungannya dengan uang. Jangan mengharapkuan uang dari hasil karya anda tapi harapkan lah apresiasi dari orang-orang yang melihat desain anda, karena uang akan datang dengan otomatis jika karya anda diapresiasi oleh banyak orang.

kita bisa bercermin dari desainer grafis professional yang sudah terlebih dahulu sukses, mereka bahkan dengan senang hati membagikan karya mereka secara GRATIS, kenapa ? karena mereka tidak merasakan rugi ketika membagikan karya mereka.

Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari membagikan karya secara gratis, diantaranya :

Pertama, sudah pasti kita mendapat pahala dan yang maha kuasa lah yang akan membalas bisa dalam bentuk apapun, bisa dalam bentuk ilmu yang bertambah, pengalaman atau hal lain, tak jarang desainer professional mendapatkan kontribusi berupa uang dari orang – orang merasa senang dan terbantu dengan karya yang mereka bagikan.

Kedua, membantu orang lain yang mempunyai profesi sama, sebagai desainer grafis janganlah pelit membagi ilmu kepada orang lain yang masih belajar, persaingan itu hal yang lumrah disetiap profesi. kita juga harusnya berterima kasih pada desainer pendahulu kita yang dengan senang hati membagikan ilmu lewat tutorial dan karya – karya mereka. Bisa di bayangkan jika tidak ada dari mereka yang mau membagi ilmunya maka kita tidak akan bisa menjadi desainer grafis seperti sekarang, bisa dibayangkan jika tidak ada situs seperti freepik.com atau all-free-download.com atau situs penyedia vector yang lain tentunya kita akan kesulitan mencari bahan untuk memudahkan proyek desain kita.

Ketiga, keuntungan yang bisa di ambil dari membagikan karya anda secara gratis adalah, nama kita menjadi dikenal oleh orang / desainer lain, hal itu tentu sangat menguntungkan kita bisa terhindar dari tuduhan plagiat dan yang paling menguntungkan adalah besar kemungkinan ada calon klien potensial yang melihat karya anda dan ingin mempekerjakan anda.

Memang setiap profesi pekerjaan bertujuan untuk mendapatkan uang, tapi tidak seperti ini juga caranya, paradigma ini secara tidak sengaja mendoktrin pemikiran dan membuat kita GILA !!! dan memicu perdebatan…

Bukan orang lain yang menurunkan harga desain tapi desainer itu sendiri, saya pernah mendapatkan kasus sebuah desain T-Shirt yang dihargai Rp. 20.000 oleh desainernya, 20 ribu ?? WTF siapa yang menentukan harganya ?? ya desainer itu sendiri. Para desainer yang ingin sukses dan populer secara instant biasanya memakai cara ini yaitu dengan menurunkan harga berharap memenangkan persaingan dan para klien selalu memakai jasanya tapi yang menjadi imbasnya desainer lain. Setelah itu barulah dia sadar dan mengakampanyekan “desain grafis bukan desain gratis” sungguh ironi yang menyedihkan.

Kawan – kawan.. jadilah desainer professional bersainglah secara sehat jangan dengan cara seperti ini,,

memang terkadang ada kasus desain yang tidak dihargai atau dicuri, tapi mohon jangan diambil hati sayapun pernah mengalaminya jadikan itu pembelajaran untuk kedepannya agar lebih hati – hati kalian membutuhkan itu sebagai pengalaman untuk sukses biarlah yang maha kuasa yang membalasnya.

Foto : Istimewa
Sumber : http://www.jagodesain.com/2015/04/mendesain-bukan-sekedar-tentang-uang.html

LEAVE A COMMENT