Ilmunesia - Mengapa kamera iPhone sangat populer

Mengapa kamera iPhone sangat populer

Mengapa kamera iPhone sangat populer

ilmunesia.com – Pernahkah kamu bertanya, kamera ponsel mana yang terbaik? Pertanyaan itu tidak akan ada habisnya, karena jawaban tersebut lebih mengarah ke opini publik. Setiap smartphone punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika pertanyaannya, kamera smartphone mana yang paling populer? Hampir semua orang setuju jawabannya adalah iPhone.

Mengapa kamera iPhone sangat populer

iPhone sejak dulu memang sangat populer. Meskipun jika dihitung berdasarkan iOS, pangsa pasarnya tidak lebih dari 20%. Namun jika dilihat dari merk dagang, iPhone selalu masuk top 3 penjualan tertinggi. Tidak heran, kamera iPhone juga ikut populer. Namun bukan cuma karena penjualannya yang tinggi saja. Berikut ini ada sejumlah alasan mengapa kamera iPhone begitu populer.

Barang mewah yang populer

Harga iPhone memang tidak masuk akal. Sering melihat artis-artis dalam maupun luar negeri memegang smartphone mereka? Kemungkinan besar, mereka pasti memegang iPhone. Bahkan sering juga di iklan dan sinetron-sinetron juga menampilkan artis sedang memegang iPhone lengkap dengan logo Apple di belakang casingnya alias tanpa sensor. Apple sangat cerdas dengan menyematkan logo “magis” mereka di tempat yang strategis. Dengan demikian, para pemirsa akan melihat bahwa iPhone digunakan oleh para artis, baik dalam maupun luar negeri, sehingga memberikan sugesti bahwa iPhone adalah produk mewah pilihan para artis. Masih ingat tentang David Beckham yang terkena masalah gara-gara iPhone? Beckham yang dulu merupakan bintang iklan Motorola pun tertangkap gambar sedang menggunakan iPhone di tempat umum. Inilah daya magis dari iPhone, hingga bintang iklan smartphone lain pun menggunakan iPhone juga.

Mengapa kamera iPhone sangat populer

Kualitas dari iSight

Melihat popularitas iPhone yang luar biasa, Apple pun meningkatkan kualitas kameranya dengan merilis brand untuk kameranya, yaitu iSight. Peningkatan pesat kamera iSight terjadi pada iPhone 5s. Ketika itu, Apple meningkatkan kualitas sensor, sehingga pixel yang dihasilkan lebih besar. Dengan demikian, hasil kamera bakal lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, unit pemrosesan gambar juga diperbaru, sehingga sekarang bisa mengambil gambar dengan sangat cepat, burst mode, slow motion, hingga time lapse. Pada iPhone 6, peningkatan terjadi pada kecepatan fokus yang disebut dengan Focus Pixel. Pada iPhone 6s, peningkatan terjadi pada resolusi, tone color, hingga live image. Kamera iPhone sangat cepat dalam memproses gambar. Mode HDR pun tidak perlu menunggu sampai 1 detik, gambar sudah selesai diproses.

Mengapa kamera iPhone sangat populer

iOS

Penggunaan iOS sebagai sistem operasi iPhone juga membawa berkah tersendiri. Dengan dukungan developer yang sangat besar, banyak sekali aplikasi dan tools yang dirilis untuk iPhone. Masih ingat dengan Instagram? Pertama kali muncul di iPhone dan butuh 2 tahun lebih untuk bisa sampai di Android. Mengapa bisa demikian? Kepopuleran iPhone adalah salah satunya. Pangsa pasar raksasa bukan jaminan prioritas untuk developer. iOS terkenal akan konsistensinya dalam sebuah ekosistem. Berbeda dengan Android yang terpecah-pecah, dan bahkan aplikasi untuk sebuah ponsel Android belum tentu cocok untuk ponsel Android lainnya. Sedangkan iOS, developer hanya memikirkan tentang iOS untuk iPhone atau iOS untuk iPad.

Mengapa kamera iPhone sangat populer

Banyak komunitas fotografer iPhone

Dengan semakin populernya kamera iPhone, maka muncul banyak juga komunitas-komunitas fotografer iPhone, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Komunitas ini sering berbagi banyak ilmu, mulai dari tips trik hingga berbagi hasil foto terbaik menggunakan iPhone. Bahkan tagar yang sangat populer di Instagram seperti #iPhonesia, #iPhoneography, #iPhonephotography, hingga #iPhoneonly sangat mendunia. Isinya adalah hasil gambar dengan menggunakan iPhone. Ditambah lagi komunitas – komunitas tersebut sering mengadakan lomba dan kompetisi. Sehingga, popularitas kamera iPhone semakin tinggi.

Mengapa kamera iPhone sangat populer

Mungkin terlalu naif memang bila menyebut kamera iPhone adalah yang terbaik, karena tentu selain kelebihan pasti juga punya kekurangan. Namun bila melihat popularitasnya, boleh dikatakan bahwa iPhone adalah yang paling populer.

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://macpoin.com/1375/mengapa-kamera-iphone-sangat-populer/

 

LEAVE A COMMENT