Ilmunesia - Mengenal 4 Tools Online Pilihan untuk Keyword Research

Mengenal 4 Tools Online Pilihan untuk Keyword Research

Mengenal 4 Tools Online Pilihan untuk Keyword Research

ilmunesia.com – Dalam membuat artikel blog, mengaplikasikan keyword ke dalam artikel adalah salah satu hal yang sangat perlu anda lakukan. Mengapa hal tersebut perlu? Tentu jawabannya adalah dikarenakan penerapan keyword pada artikel akan membuat artikel/ halaman artikel tersebut menjadi lebih cepat dirayapi oleh mesin pencari Google. Untuk itu Anda perlu melakukan keyword research.

Singkatnya hal tersebut adalah salah satu bagian SEO offpage yang tidak boleh terlewatkan. Fakta tersebutlah yang membuat riset keyword menjadi hal yang amat penting untuk dilakukan oleh seorang blogger. Tujuannya agar dapat membuat artikel yang memenuhi standar SEO sehingga dapat mengoptimalkan visibilitas blog tersebut di mata search engine.

Untuk melakukan riset keyword sendiri, sebenarnya tidaklah sulit. Saat ini telah sangat banyak tools online yang dapat menyajikan anda dapat lengkap mengenai keyword potensial yang berhubungan dengan niche blog anda.

Nah, kali ini Klik Mania akan memberikan beberapa rekomendasi tools online yang dapat menjadi pilihan untuk melakukan keyword research/ riset keyword. Berikut tools online yang dimaksud:

1. Google keyword planner

keyword research

Tools online pertama yang dapat menjadi pilihan untuk keyword  research adalah Google keyword planner. Untuk anda yang akrab dengan Google adwords, tentunya mengetahui tools online yang satu ini.

Google keyword planner dapat dikatakan sebagai tools online yang dapat dipergunakan untuk banyak tujuan, salah satunya adalah riset keyword atau mendapatkan keyword ideas.

Sebagai media untuk mencari keyword ideas/ keyword, Google keyword planner dapat menyajikan data lengkap mengenai keyword ideas yang berpotensi dan lengkap denga angka persaingan keywordnya ( competition rate).

Selain itu, tools ini juga dapat menyimpan hasil dari keyword research atau list keyword dalam bentuk file ms. Excel.

2. Keyword .io

keyword research

Tools online lainnya yang juga dapat menjadi pilihan dalam melakukan keyword research adalah keyword.io. JIka anda mencari tools yang mudah dan simple dipergunakan untuk membantu anda dalam mencari keyword, maka keyword.io dapat dikatakan sebagai salah satu rekomendasi terbaik.

Dari segi penggunaan, keyword.io jauh lebih simple dari Google keyword planner. Dimana anda dapat langsung mencari keyword ideas dengan memasukan product/niche yang berkaitan dengan konten anda.

Namun, tools ini memiliki kelemahan tersendiri yakni ia hanya membaca data penelusuran Google saja( hanya berdasarkan search engine Google).

3. Ubersuggest

Ubersuggest juga dapat dikatakan sebagai salah satu pilihan yang dapat anda pertimbangkan untuk mencari keyword ideas konten artikel anda. Ubersuggest dapat menyajikan hasil/ data keyword ideas yang didasari dari search engine Google(Google trends).

Bukan hanya untuk keyword berbahasa Indonesia saja, ubersuggest juga dapat digunakan untuk riset keyword berbahasa Inggris. Ubersuggest sangat cocok untuk anda yang tengah mengembangkan blog bule/ berbahasa inggris.

4. Keyword id

keyword research

Pilihan terakhir dari pembahasan artikel ini yang juga boleh anda pertimbangkan sebagai tools online untuk melakukan riset keyword artikel adalah Ubersuggest. Meskipun kurang populer, keyword id sebagai tools memiliki keunggulan dari kesederhanaan yang ditawarkannya.

Tools online ini dapat menyajikan banyak keyword ideas sesuai dengan product atau niches yang anda tuliskan pada kolom pencariannya. Yang menjadi kelemahannya adalah keyword id ini tidak menampilkan angka persaingan dari keyword ideas yang ditampilkannya.

Sebagai catatan penutup, meskipun penerapan keyword pada artikel blog adalah hal basic yang penting dalam optimisasi visibilitas blog, namun kualitas konten artikel juga merupakan poin utama yang tidak boleh dilewatkan.

Artikel yang berkualitas akan dapat mencuri perhatian pembaca/ audience/ internet user yang berarti akan meningkatkan traffic kunjungan blog anda.

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/keyword-research/

LEAVE A COMMENT