Ilmunesia - Microsoft rilis aplikasi kamera pintar untuk gawai iOS

Microsoft rilis aplikasi kamera pintar untuk gawai iOS

Microsoft rilis aplikasi kamera pintar untuk gawai iOS

ilmunesia.com – Microsoft Research, sebuah divisi penelitian Microsoft yang dibentuk pertama kali pada 1991, merilis aplikasi kamera bernama Microsoft Pix. Aplikasi khusus untuk gawai iOS ini memiliki kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI) untuk menemukan versi terbaik foto pengguna secara otomatis sekaligus meningkatkan kualitas gambarnya.

Dalam unggahan di situs resmi, tim Computational Photography Group yang dikepalai oleh Josh Weisberg, mengklaim bahwa Pix lebih baik dari aplikasi kamera bawaan iOS.

“Kita semua menginginkan foto yang luar biasa. Kebanyakan dari kita hanya menekan tombol kamera dan berharap bisa mendapatkan hasil terbaik. Namun tidak jarang hasilnya mengecewakan, seperti mata tertutup, muka buram, kepala menengok ke arah yang salah, dan tidak tersenyum,” ujar Weisberg.

Aplikasi kamera pada umumnya memungkinkan pengambilan satu gambar secara sederhana dan langsung fokus pada objek yang dibidik. Tapi melalui Pix, seperti ditulis The Next Web (Kamis 28/7/2016), aplikasi akan mengambil 10 gambar aneka kualitas sebelum dan sesudah tombol shutter ditekan.

Kemudian aplikasi akan menggunakan AI untuk memilih hingga tiga foto yang dianggap terbaik. Selanjutnya aplikasi ini akan melakukan beberapa manipulasi perbaikan seperti menghilangkan noise, mencerahkan wajah, dan mengatur komposisi warna.

Untuk melihat sejauh apa manipulasi yang dilakukan Pix, pengguna dapat membandingkannya dengan menekan tombol Compare. Setelah memilih gambar terbaik, pengguna punya akses melakukan beberapa penyesuaian seperti pemberian filter, crop, dan sebagainya.

Berikutnya pengguna bisa memilih untuk hanya menyimpan foto atau langsung dibagikan ke layanan media sosial seperti Instagram.

Perbandingan foto yang diambil menggunakan Pix dan aplikasi bawaan iOS
Perbandingan foto yang diambil menggunakan Pix dan aplikasi bawaan iOS
© Microsoft

Keunggulan lain Pix adalah keberadaan fitur Automatic Live Image yang mampu mendeteksi setiap gerakan saat aplikasi diaktifkan. Secara sederhana, aplikasi akan menciptakan tampilan layaknya video.

Jika terdeteksi gerakan yang menarik dalam foto, aplikasi secara otomatis akan merekamnya sebagai video layaknya Live Photo milik Apple. Perbedaannya, jika Live Photo selalu mengambil video saat tombol kamera ditekan, Pix hanya merekam video ketika mendeteksi gerakan menarik sehingga lebih hemat memori.

Selain foto, Pix memang bisa digunakan untuk merekam video. Microsoft menggunakan teknologi yang sama dengan aplikasi Hyperlapse bikinannya sendiri. Frame video akan stabil secara otomatis dan pengguna bisa menyimpan video dengan beberapa pilihan kecepatan pemutaran.

Microsoft menyatakan bahwa pengaturan ISO dan keterpaparan (exsposure) di Pix disesuaikan secara otomatis setelah aplikasi terbuka. Wajah akan menjadi fokus utama dengan pengaturan yang telah dioptimalkan.

Aplikasi Pix bisa diunduh melalui App Store dengan syarat iOS versi 9.0 ke atas. Selain itu pastikan Anda menggunakan gawai iPhone 5S, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, atau iPhone 6s Plus. Selain di iPhone, aplikasi ini juga berfungsi di iPad dan iPod touch.

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/microsoft-rilis-aplikasi-kamera-pintar-untuk-gawai-ios

LEAVE A COMMENT