Ilmunesia - Pengertian Warna Jingga (Orange) dan Contohnya

Pengertian Warna Jingga (Orange) dan Contohnya

Pengertian Warna Jingga (Orange) dan Contohnya

ilmunesia.com – Warna Jingga (Orange) adalah warna hasil campuran merah dan kuning. begitupun pada spektrum cahaya, dia berada diantara merah dan kuning. warna ini merupakan warna dari buah jeruk, apricot, wortel dan labu. dalam teori warna, Jingga termasuk Warna Sekunder (hasil pencampuran 2 warna primer). kalau bahasa inggrisnya biasa disebut Orange atau oranye.
 
Asal mula nama warna jingga sebenarnya berasal dari buah jeruk (orange) yang sudah matang. penggunaan warna orange pertama, tecatat pada tahun 1512. 
 
Jadi sebelum tercatat sebagai nama warna, untuk menggambarkan seperti apa itu warna orange, orang-orang hanya mengatakan warna jeruk yang sudah matang. sama seperti warna apricot, atau warna dari saffron.
 

Contoh Warna Jingga 

Berikut adalah contoh warna orange standar yang sudah disepakati disluruh dunia, beserta kode warnanya.
 
Hex = #FF7F00
Panjang Gelombang = 560 – 620 nm
Frekuensi = 505 – 480 THz
Contoh gambar warna jingga atau warna orange

Selain itu, warna jingga juga mempunyai turunan. kadang orang menyebutnya warna orang tua dan muda. 

contoh warna orange tua dan warna orange muda
 

Warna Jingga Di Mata Dunia 

Pasti warna jingga sudah sangat populer dimata sobat semua. soalnya kita bisa melihatnya hampir setiap hari pada produk-produk seperti, pakaian, minuman, otomotif dan lain sebagai. warna ini digunakan untuk memancing konsumen penyuka warna orange.
Sejak dahulu warna jingga atau warna orange sudah dipakai oleh Seniman Mesir Kuno sebagai warna untuk lukisan makam, dan hal lainnya. sebelum abad ke-15, di Eropa warna orange belum memiliki sebutan, jadi digunakan saja istilah warna kuning-merah. 
 
Kalau melihat dari sisi budaya dan agama, warna orange sudah dikenal oleh agama Hindu dan Budha sebagai warna penting dalam ajarannya. lihat saja pakaian yang sering dipakai oleh biksu dan juga warna yang digunakan pada pakaian di India.

Mengapa Warna Orange disebut Warna Peringatan ?

Warna orange merupakan warna yang mudah dilihat ketika malam hari atau redupnya cahaya. jadi pengendara motor maupun mobil, lebih mudah melihat warna ini ketika berkendara siang hari maupun malam hari. 
 
Diantara warna lain, warna jingga memang fokus. artinya ketika disandingkan dengan warna lain, ada efek fokus pada mata kita terhadap warna jingga. itulah mengapa warna ini disebut sebagai Safety Orange atau Warna Peringatan.
 
Bukan cuma pada lalulintas jalan, melainkan tanda peringatan pada pekerjaan proyek, garis polisi (police line) juga memakai warna orange.
 
 
 
 
 
Foto : Istimewa
Sumber : https://www.grafis-media.website/2017/09/pengertian-warna-jingga-orange-dan-contohnya.html

LEAVE A COMMENT