Ilmunesia - Perbedaan Hacker dan Cracker

Perbedaan Hacker dan Cracker

Perbedaan Hacker dan Cracker

ilmunesia.com – Hacker , mungkin kalau kita mendengarnya akan terbayang tentang orang yang melakukan Cybercrime(kejahatan di dunia maya). namun pengertian hacker sendiri sebenarnya adalah Orang yang gemar mengoprek komputer dan memiliki keahlian khusus dalam membuat dan membaca program tertentu.
kegiatan Hacking sangat membantu dalam pembuatan sistem keamanan dan juga program , karena dengan adanya hacking , kita dapat mengetahui celah keamanan dari suatu porgram atau sistem keamanan.namun ada orang-orang tertentu yang menggunakan ilmunya hanya untuk melakukan kejahatan yang biasa disebut dengan Cracker.


Perbedaan Hacker dengan Cracker
 sangat sedikit , saking sedikitnya terkadang orang bingung yang mana cracker dan yang mana hacker , lalu menyebut semua yang berhubungan dengan hacking adalah hacker dengan konotasi yang buruk.

Jika hacker dalam pembobolan suatu sistem keamanan atau program tertentu diniatkan untuk ilmu semata , dengan adanya pembobolan ini kita dapat mengetahui celah keamanan atau kekurangan suatu program. sehingga sistem keamanan dan program tersebut menjadi lebih kokoh dan baik lagi.

 

seorang hacker sejati dapat mengembalikan sistem yang sudah dirusak seperti semula dan memperingati si pemilik program untuk mengupdate celah keamanan atau kekurangan pada program tersebut. dengan begitu pemilik program tidak perlu susah payah membangun sistem yang sudah di rusak.

berbeda dengan hacker , seorang cracker melakukan kegiatan hacking dengan niat yang buruk. seperti mencuri sebuah data, menghancurkan program yang sudah ada, atau merusak keamanan suatu sistem. para cracker ini pun biasanya menggunakan alat tertentu dalam proses hackingnya sehingga banyak dari cracker tidak tahu cara mengmbalikan sistem yang sudah di rusak. karena niatnya yang buruk dari awal mereka tidak mempedulikan nasib dari pembuat / pemilik suatu sistem keamanan atau program tersebut.

 

 
walaupun perbedaanya hanya sedikit , hacker dan cracker sangat berbeda , mulai dari tujuan hingga kemampuan. oleh karena itu diharapkan kita dapat membedakan seorang hacker dan cracker, karena kegiatan hacking sendiri sangat berguna sekali jika di gunakan untuk kebaikan. Semoga Bermanfaat. Terimakasih.
 
 
Foto : Istimewa
Sumber : https://www.it-jurnal.com/perbedaan-hacker-dan-cracker/

LEAVE A COMMENT