Ilmunesia - Plugin Backup Terbaik WordPress untuk Keamanan dan Cadangan Database Website

Plugin Backup Terbaik WordPress untuk Keamanan dan Cadangan Database Website

Plugin Backup Terbaik WordPress untuk Keamanan dan Cadangan Database Website

ilmunesia.com – Sebagai bagian dari proses keamanan suatu web, aktivitas backup secara rutin merupakan hal yang begitu penting untuk dilakukan. Itulah alasan mengapa situs-situs besar perlu memiliki database cadangan yang diletakkan dilokasi berbeda dari server webnya. Bagi web dengan CMS WordPress, kita bisa melakukan backup dengan mudah melalui bantuan plugin backup yang sudah banyak tersebar.

Plugin backup dalam WordPress sendiri begitu sangat penting peranannya jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja ada penyusup yang masuk ke web anda dan seluruh isi web anda berhasil di acak acak oleh mereka. Nah dengan bantuan plugin ini, anda dapat mengembalikan web ke tampilan seperti semula hanya dengan satu kali klik.

Memang, para pengguna web sekarang ini bisa melakukan backup otomatis tanpa bantuan plugin. Misalnya dengan menggunakan auto backup dengan cloud atau VPS. Jadi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa dipulihkan kembali dalam waktu yang sangat cepat.

Namun tentunya tak semua provider hosting atau server menyediakan fitur tersebut. Banyak yang tidak ada fitur auto backup sehingga bisa sangat fatal akibatnya. Karena jika ada kesalahan atau karena upaya hacking dari luar, database web yang terhapus semuanya tak akan bisa dikembalikan ke kondisi semula. Tentunya kerugian yang akan ditanggung bukan?

Berbagai plugin backup dibawah ini setidaknya bisa memberikan referensi bagi anda semua mengenai plugin backup.

Plugin Backup Terbaik untuk WordPress

Berbagai macam plugin berikut ini tidak saya urutkan dari berbagai peringkat dari pandangan tertentu seperti saya sendiri. Akan tetapi diambil dari banyaknya orang yang mereview, menggunakan serta merekomendasikan plugin tersebut. Setidaknya dengan adanya review dari berbagai orang tersebut bisa memberikan pilihan buat anda semua untuk memilih manakah plugin yang sekiranya bisa memberikan yang terbaik.

Tanpa basa basi lebih lanjut, inilah beberapa macam plugin backup WordPress yang rekomended untuk digunakan oleh anda. Silakan pahami baik-baik masing masing plugin tersebut.

1. Updraftplus by Updraftplus.com

plugin backup terbaik

Updraftplus menjadi plugin backup yang begitu menarik menurut saya. Karena dengan fitur satu klik backup, satu klik kembalikan akan sangat memudahkan kita dalam melakukan backup rutin. Tempat backupnya bisa ke cloud atau drive yang sudah disediakan. Misalnya dropbox, google drive, amazon s3, rackspace cloud file, ataupun updraftplus vault. Kalau menurut saya, yang paling mudah adalah di upload ke dropbox.

Namun sayangnya untuk bisa menikmati aktivitas autobackup, anda perlu membeli yang versi pro. Tapi bagi anda yang seringkali melakukan backup manual, tanpa membeli yang premium pun tak masalah. Tapi tentunya untuk versi premium dan gold memiliki banyak fitur lain. Misalnya untuk clone dan migrasi ke web lain. Ini sangat memudahkan. Terlebih lagi akan mendapatkan storage yang besar dari updraftplus secara gratis untuk tempat cadangan data.

Saya sendiri menggunakan updraftplus karena begitu mudahnya. Tampilan yang sederhana, tidak perlu pendaftaran yang ribet, tidak ada syarat lainnya membuat semakin nyaman. Kita hanya perlu menghubungkan antara updraftplus dengan layanan tempat kita menyimpan.

Untuk keamanan juga sangat diperhatikan oleh updraftplus. Walaupun web anda tidak menggunakan sambungan pribadi SSL, namun updrafplus tidak akan bocor ditengah jalan. Jadi bisa dipastikan keamanannya.

Plugin ini memiliki 1 juta lebih instalasi aktif sampai saat ini. Sebagai plugin dengan pemasangan terbanyak di WordPress, plugin ini tentunya terus memberi dukungan dan juga fitur yang lebih baik. Menurut saya, plugin backup satu ini sangat cocok untuk backup plugin anda.

Salah satu kekurangan yang mungkin akan dirasakan adalah dalam proses backup terlalu lama. Entah ini dari kecepatan server updraftplus atau dari dropbox yang kurang. Karena cuma backup 300 MB saja sangat lama sampai 20 menit lebih. Belum tahu untuk yang lainnya, apakah sama atau tidak, terutama untuk web dengan data yang sangat besar seperti halnya toko online.

2. Duplicator – WordPress Migration Plugin by Snap Creek

plugin backup terbaik

Plugin backup satu ini juga memiliki 1 juta lebih instalasi aktif. Seperti namanya, plugin ini memiliki fungsi untuk menduplikasi konten, database, plugin dan semuanya dari web anda ke penyimpanan lain. Plugin ini tidak hanya bisa digunakan untuk migrasi saja, akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk backup. Penggunaanya pun cukup simpel hal inilah yang membuat orang banyak yang tahu.

Secara umum, fungsi plugin ini memang untuk migrasi. Sangat mudah untuk migrasi entah itu ke WordPress web baru ataupun untuk ke cadangan lain. Anda bisa melakukannya dengan sekali klik lalu dicadangkan ke komputer anda.

Cara kerja dari plugin ini adalah dengan cara membackup file lalu setelah tekumpul dan terkompres akan dapat dipindah ke beberapa macam jenis cloud storage atau penyimpanan lokal di komputer anda. Nantinya, hanya dengan menggunakan plugin ini anda bisa migrasi ke situs lain dengan memanfaatkan file penyimpanan tadi.

3. BackWPup by Inpsyde GmbH

plugin backup terbaik

Selanjutnya ada BackWPup. Dengan jumlah sekitar 500 ribu instalasi aktif dan lebih dari 4 juta kali download, plugin ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Dengan kemampaunnya untuk backup database seperti wp-content, ke dalam ruang terpisah seperti dropbox, google drive, ms Azure, RackspaceCloud file, s3, FTP, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan hasil backup menjadi .zip, tar, tar,bz2, tar.gz

Namun dari bebrapa layanannya ada yang hanya berfungsi untuk tipe pro saja. Misal backup ke amazon glacier dan google drive. Namun anda bisa gunakan versi free saja menurut saya sudah cukup. Tapi jika butuh ruang yang lebih besar dan layanan lebih baik, silakan gunakan versi pro.

Jika dilihat dari dalam, secara sepintas plugin ini lebih tertata rapi walau tidak sesimpel updraftplus. Namun anda bisa mengeskplorasikannya lebih lanjut akan fitur fitur yang ada dilamnya.

Untuk versi gratisnya pun anda bisa mendapatkan fitur backup terjadwal. Jadi hanya dengan setting singkat, backup rutin bisa dijalankan. Ini akan sangat membantu mengurangi pekerjaan anda. Plugin backWPup ini menggunakan WP cron untuk melakukan backup. Jadi pastikan fungsi itu sudah tertata dengan baik sehingga tidak ada masalah saat jadwal berkala seperti kebanyakan yang sering terjadi.

4. BackUpWordpress by Human Made Limited

plugin backup terbaik

Kualitas bakup dari plugin buatan Human Made Limited ini juga tidak bisa diragukan lagi. Berbagai review dari banyak orang pun telah memberikan tanggapan positif mengenai plugin satu ini. Saya sendiri untuk plugin ini belum pernah mencoba, tapi berdasarkan rating yang baik kita tahu bahwa plugin ini memiliki reputasi yang baik. Ratingya pun 4,7 menandakan kepuasan tersendiri dari banyak orang terhadap plugin ini.

BackUpWordpress menurut saya secara overall sih bagus dan recomended untuk digunakan. Bahkan banyak blog yang tidak mendukung plugin sebelumnya tapi dapat berfungsi dengan baik jika menggunakan plugin satu ini. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Salah satu kekurangan yang agak disesalkan dari plugin ini adalah tidak dapat digunakan untuk membackup directory. Jadi terpaksa anda harus backup manual atau dengan plugin lain jika ingin membackup directory.

Kelebihan yang sangat dirasakan adalah plugin ini mampu memanage banyak jadwal plugin dengan costomisasi yang begitu very very easy. Plugin ini bisa berjalan di linux dan windows server.

5. BackupGuard by Backup Guard

plugin backup terbaik

BackupGuard ini memiliki 90 ribu instalasi aktif yang digunakan oleh para webmasters dari seluruh dunia. Dengan nilai rating 4.5 tentunya ini menandakan kepuasan dari para penggunanya. Menurut si pembuat atau pengembang, plugin ini menjadi plugin paling komplit untuk backup dan restore data dari suatu situs web.

Plugin backup satu ini juga sama seperti yang lain yaitu kemudahakn dalam backup, restore dan juga migrasi file dan database. Secara tampilannya, dia menawarkan user friendly dan user experience yang bagus. Kalau menurut saya, tampilannya dan kustomisasinya lebih baik daripada plugin nomor 1 yaitu updraftplus.

Memang, secara keseluruhan plugin ini sangat super. Banyak fitur pro yang didapat dengan gratis dari plugin ini. Disamping itu, plugin ini juga support untuk WP multisite. Jadi apakah tertarik untuk menggunakan plugin ini?

6. XCloner by Liuta Ovidiu

plugin backup terbaik

Mendapatkan poin bagus sebanyak 4.0 dari 69 suara tentunya kita bisa menimbang dan mengetahui seperti apa kemampuan plugin backup satu ini. Total instalasi aktifnya saat ini pun mencapai 70 ribu, jadi tidak main main dengan plugin ini.

Dengan Xcloner anda bisa membackup dan merestore seluruh ataupun sebagian dari data web anda. Pengerjaannya pun bisa dilakukan secara manual ataupun dengan otomatis terjadwal. Jadi sistemnya itu sama seperti clone, yaitu menggandakan file asli. Jadi anda pun tidak butuh waktu lama dalam membackup atau merestore walau ukuran file cukup besar.

Salah satu kekurangannya yaitu tidak bisa digunakan migrasi secara langsung. Jadi anda harus download manual file tersebut lalu lakukan migrasi secara manual pula. Ini memang terlihat ribet, namun memang jarang web yang melakukan migrasi sehingga plugin ini tidak menyertakan fitur itu.

Plugin ini sopport backup ke FTP, AWS, SFTP, Dropbox, G drive, Backlaze, Azure, WebDAV dan kedepannya selalu ditambah. Selain itu, anda bisa juga memilih filenya secara terkompres. Sehingga tidak terlalu banyak memakan ruang pada storage seperti dropbox yang hanya menyimpan data sebesar 2 GB saja.

7. Vaultpress by automatic

plugin backup terbaik

50 ribu instalasi aktif tentunya jumlah yang bukan sedikit, dan itu dimiliki oleh plugin backup bernama vaultpress yang dikembangkan oleh pengembang WordPress yaitu automatic. Jadi tentunya kualitas dan kemampuan dari plugin ini tidak bisa kita ragukan lagi.

Plugin ini pun digunakan oleh jutaan website yang menggunakan WordPress.com karena mereka terintegrasi secara langsung. Banyak orang yang salah menyebut blogvault dengan vaultpress. Jadi anda harus bisa membedakannya. Untuk blogvault akan saya bahas di nomor 10.

Menurut saya, dari kesemua plugin yang saya bahas, plugin backup satu ini merupakan plugin paling kuat dan paling responsif. Fitur yang dihadirkan adalah “real time” backup dan pelayanan scanning keamanan otomatis. Jadi hampir sama seperti fitur yang terdapat dalam jetpack yang juga memiliki performa luar biasa dalam real time scanning. Ya tentunya karena sekarang plugin ini diberdayakan oleh jetpack.

Memang dari ke 10 plugin yang ada disini ini menjadi plugin terbaik. Akan tetapi karena plugin ini adalah plugin berbayar jadi tidak saya urutkan di posisi pertama. Anda saja plugin ini adalah plugin yang memiliki versi gratis pastinya banyak yang meliriknya. Termasuk saya.

Untuk harga yang ditawarkan dalam plugin backup satu ini ada 2 paket harga. Untuk paket personal harga yang ditawarkan adalah 3.5 dollar perbulan atau 39 dollar pertahun untuk web milik sendiri. Sedangkan untuk paket business ada 2 paket lagi yaitu premium seharga $9 perbulan dan paket profesional seharga $29 per bulan.

Dengan anda berlangganan vaultpress, berarti anda juga berlangganan jetpack. Jadi semua fitur jetpack akan aktif nantinya jika anda memilih paket profesional.

8. Backup & Restore Dropbox by Backup-dropbox

plugin backup terbaik

Backup & Restore Dropbox ini dikembangkan oleh Backup-dropbox. Tapi bukan dari perusahaan pemilik dropbox. Hanya dengan plugin ini anda bisa membackup file dan database ke dropbox. Hal ini karena dropbox memang storage yang aman, handal dan mudah terintegrasi dengan akun apapun. Sehingga berbagai plugin backup manapun yang paling mudah adalah dengan memasukan ke storage dari dropbox tersebut.

Sampai saat ini, plugin yang telah diunduh jutaan kali ini memiliki 40 ribu instalasi aktif dari seluruh dunia. Dengan pengguna sebanyak itu tentunya mereka memang benar-benar merasakan manfaaat dari plugin satu ini.

Anda juga bisa menyimpan di storage lokal. Sehingga data berada di komputer sendiri yang lebih aman dan bisa digunakan sewaktu waktu tanpa perlu mendownloadnya lagi dari dropbox.

9. WPBackItUp by WPBackItUp

plugin backup terbaik

Dari 151 pemberi review, plugin ini berhasil mendapatkan rate 4,4 dari 5 bintang. Jika dilihat secara sepintas, plugin ini mungkin terlihat sederhana. Tapi jika anda mencobanya, ternya jauh lebih dari apa yang dibayangkan. Anda bisa melakukan backup hanya dengan 1 kali klik dan restore pun demikian halnya.

Jadi kita tidak membutuhkan waktu banyak untuk menyetting plugin ini karena memang sudah siap digunakan. Anda yang awam pun tidak perlu otak atik lagi karena memang sudah diatur sedemikian rupa akan kemudahan penggunaan fungsinya.

Selain instant, plugin backup satu ini juga mampu melakukan backup secara menyeluruh dengan waktu yang begitu cepat prosesnya. Jadi semua file mulai dari konten, tema, plugin, database, media uploads, dan segalanya dapat dibackup dengan plugin satu ini.

Menurut saya, untuk versi free saja sudah lebih dari cukup. Namun jika anda ingin fitur lebih lanjut dan juga butuh dukungan lebih maka bisa menggunakan versi premium.

10. BlogVault Backup by blogVault

plugin backup terbaik

Plugin backup yang terakhir ialah BlogVault Backup. Plugin ini merupakan plugin yang sebenarnya memiliki fitur yang cukup baik. Jumlah instalasi aktif yang telah terpasang saat ini pun mencapai 20 ribu. Tentunya sudah jutaan kali unduh untuk plugin ini. Jika kita lihat reviewnya dari banyak orang juga terlihat bahwa plugin ini memiliki reputasi yang bagus.

BlogVault memiliki banyak kelebihan walau kekurangan tentunya juga ada. Menurut saya sendiri, plugin ini memang bisa diandalkan untuk sekedar menjadi alat membackup isi dari web atau blog anda.

Demikianlah pembahasan mengenai plugin backup terbaik untuk WordPress. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Silakan anda dapat pilih manakah plugin backup yang paling cocok dengan selera dan situs anda.

Jangan lupa untuk selalu kunjungi Klik Mania ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

 

 

Foto : Istmewa
Sumber : https://www.klikmania.net/plugin-backup-terbaik/#more-31302

LEAVE A COMMENT