Ilmunesia - Plugin Kompres Gambar Terbaik untuk WordPress

Plugin Kompres Gambar Terbaik untuk WordPress

Plugin Kompres Gambar Terbaik untuk WordPress

ilmunesia.com – Plugin kompres gambar terbaik WordPress – Gambar, foto maupun video merupakan media yang digunakan untuk memberi arti lebih sekaligus menambah keindahan suatu artikel dalam blog. Namun yang menjadi masalah, jika artikel terlalu banyak menggunakan gambar, maka loading dari laman tersebut akan semakin lambat. Dan ini pertanda buruk bagi kalian yang mengandalkan Search Engine untuk mendatangkan trafik.

Seperti yang sering google katakan, bahwa kecepatan loading laman website sangat mempengaruhi user experience. Dan ini lama lama akan menurunkan peringkat di hasil search engine. Maka dari itu, anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan plugin kompres gambar terbaik dalam blog anda. Jadi anda tak perlu lagi untuk mengompres gambar satu per satu sebelum upload melalui software.

Karena penggunaan plugin kompres gambar itu memiliki peranan yang cukup penting, maka alangkah baiknya anda untuk mempertimbangkan menggunakannya. Namun biasanya, jika seseorang mau menggunakannya, akan sulit menentukan pilihan mana yang terbaik dari sekian banyak plugin yang ada.

Maka dari itulah, disini saya ingin memberikan beberapa penjelasan dari berbagai review masyarakat mengenai plugin kompres gambar terbaik dan populer yang ada di bawah ini.

Plugin Kompres Gambar Terbaik

Berbagai macam daftar plugin kompres gambar terbaik berikut ini merupakan kumpulan dari plugin yang telah mendapatkan pengakuan dan review dari para penggunanya. Jadi tidak bermaksud untuk meninggikan satu produk dan menurunkan produk lain. Dan urutan dibawah ini juga bukan berdasarkan peringkat. Langsung saja, simak apa saja plugin tersebut.

1. Shortpixel

plugin kompres gambar terbaik

Shortpixel juga menjadi plugin kompres gambar terbaik yang banyak digunakan saat ini. Walau tidak sesederhana imagify, shortpixel sama sekali tidak ribet dengan fitur fitur yang ada. Jadi antara fitur dan kesederhanaan tetap terpancar dalam plugin satu ini. Untuk format gambar yang didukung pun tersedia format PDF, JPG, PNG dan GIF. Jadi anda bisa mengompres berbagai macam format yang ada didalamnya.

4 fitur yang disediakan oleh shortpixel adalah kompresi, image sizes, EXIF data dan resize images. Fitur ini sangat berguan bagi anda yang ingin kompres gambar menjadi lebih kecil lagi ukurannya. Dari beberapa penggunaan, shortpixel sangat ampuh dalam mengecilkan ukuran, hingga 70% lebih. Namun kualitas gambar cukup banyak yang hilang jika semakin besar ukuran optimasinya.

Lalu berapa harga dari shortpixel?

Ada 2 pilihan yang bisa kamu pilih untuk perencanaan pembayaran dari langganan shortpixel. Keduanya ialah:

Gratis, disini anda diberikan hingga 100 batasan gambar yang dapat dikompres. Namun tidak ada batasan ukuran gambar yang dikompres, berbeda dengan imagify. Jadi shortpixel basisnya adalah jumlah gambar sedangkan imagify adalah basisnya jumlah ukuran data gambar.

Shortpixel premium anda dapat membayar $4.99 perbulan untuk 5000 gambar tanpa batasan ukuran. Untuk terbesarnya, anda dapat membayar hingga $29,9 perbulan untuk 55 ribu gambar perbulan dengan tanpa batasan size gambar.

Selengkapnya mengenai Plugin Shortpixel bisa lihat disini :

ShortPixel Review : Plugin Kompres Gambar Otomatis Dengan Fitur Hebat

2. Imagify

plugin kompres gambar terbaik

Imagify merupakan plugin kompres gambar yang banyak digunakan oleh para pemilik web dari penjuru dunia, termasuk saya sendiri. Memang menurut pengamatan dari situs luar negeri yaitu athemes.com, imagify memiliki tingkat kompresi terbaik untuk image berbasis png. Namun untuk jenis jpg, shotrpixel yang menduduki peringkat pertama.

Saya merekomendasikan anda untuk memakai imagify terutama bagi yang menggunaan plugin wp rocket. Karena imagify ini dibuat oleh para pengembang wp rocket yang merupakan plugin caching wordpress terbaik saat ini. Saya sendiri memakai plugin wp rocket yang memiliki fitur lazyload yang dipadukan dengan imagify akan menghasilkan performa luar biasa, gambar banyak pun tak akan terasa berat lagi.

Imagify ini memiliki antara muka laman yang lebih ringkas dan sederhana. Jadi tidak akan menyulitkan dalam melakukan optimasi gambar. Apalagi tersedianya fitur bulk optimization yang menjadikan proses kompres gambar lebih singkat walaupun banyak sekali gambar yang harus dikompres.

Plugin kompres gambar ini mampu mengoptimalkan beberapa jenis gambar seperti halnya PNG, JPG dan juga GIF. Dalam mengkomprespun, anda akan dihadapkan pilihan lagi mengenai seberapa banyak tingkat optimasi pada gambar. Ini memang berbeda dari plugin lainnya. 3 fitur tersebut ialah:

a. Normal, proses kompresi yang tidak akan menghilangkan kualitas dari gambar itu sendiri. Gambar pun tak akan terlihat perbedaannya antara sebelum dan sesudah dikompres.
b. Agresif, proses kompresi yang sedikit menghilangkan kualitas dari gambar. Tapi percayalah, gambar pasti tidak akan terlihat buram ataupun pecah.
c. Ultra, jika menggunakan kompresi jenis ini, kualitas gambar agak terjadi perubahan. Dan persentase dari kompresi data dalam gambar tersebut hingga mencapai 70% lebih, namun pada beberapa gambar ada yang dibawah 50%.

Disana anda pun bisa memilih pilihan untuk tidak menghapus gambar original. Jadi jika sewaktu waktu anda ingin gambar yang original dan belum terkompres, maka anda bisa menggunakan fitur restore untuk mengembalikannya dalam sekali klik.

Selain itu, ada pula pilihan untuk mengubah ukuran atau tidak. Jika anda memilih untuk mengubah ukuran, maka kualitas gambar tidak akan berkurang, melainkan ukuran panjang dan lebar gambar yang terlalu besar akan dikecilkan.

Lalu berapa harga yang ditawarkan dari imagify ini?

Gratis, anda tak perlu menunjukan kartu kredit saat pendaftaran, tapi anda akan langsung mendapatkan jatah untuk mengompres 25 MB setiap bulan dengan maksimal 2 MB per objek gambar. Setiap bulan anda akan mendapatkan 25 MB, jika tidak digunakan akan diakumulasikan ke bulan berikutnya, dan paket ini berlaku seumur hidup.

Bulanan, dari yang terkecil yaitu paket Lite anda akan mendapatkan 1 GB perbulan dengan biaya $4,99 perbulan. Untuk paket enterprise, harga yang ditawarkan ialah $ 69.9 perbulan dengan jatah 50 GB perbulan. Untuk paket ini anda harus mencharge pembayaran setiap bulan jika ingin paket terus aktif. Namun jika anda tidak mampu membayarnya lagi, maka bisa downgrade ke paket free.

Satu kali bayar, jadi anda tak perlu bayar bulanan lagi, melainkan cukup bayar satu kali sampai jatah itu habis. Harganya ialah $ 5,99 untuk 500 MB, $ 9.99 untuk 1 GB dan $ 19,99 untuk 3 GB.

Untuk kisaran 500 MB bisa digunakan untuk 5000 gambar, dengan total perhitungan bergambar 100 KB. Demikian juga berlaku untuk kelipatannya seperti 1 GB untuk 10 ribu gambar. Harganya hampir sama dengan yang ditawarkan plugin lain seperti shortpixel.

3. WP Smush

plugin kompres gambar terbaik

Jika sepintas dilihat, WP smush.it memiliki tampilan yang begitu menarik dan user friendly dan tidak memiliki banyak pilihan. Untuk berbagai informasi informasi serta fitur tambahan juga disediakan di situs webnya. Jadi anda tak akan kebingungan lagi dalam penggunaannya. Ada satu kelebihan lain yang dimiliki WP smush, yaitu tidak perlu menggunakan kunci API seperti plugin lainnya.

Namun yang sangat tidak saya sukai adalah di versi gratisan tidak mampu bekerja optimal. Entah itu sama jadinya jika diupgrade atau tidak.

Dalam pengukuran, wp smush memberikan perubahan 0% dalam optimasinya. Ya benar, 0 persen alias tidak ada perubahan 1 byte pun. Sungguh sangat mengecewakan.

Berbagai fitur fitur yang diberikan meliputi:

Bulk, ini digunakan untuk mengoptimasi gambar sekaligus dalam jumlah banyak. Namun pada akun gratis hanya dapat mengoptimalkan hingga 50 gambar per klik. Jika menggunakan paket pro, tidak ada batasan. Di imagify memang ada fitur ini, tapi walaupun gratis di imagify tidak ada batasan.

Selain bulk, ada Risize gambar, exif data, konversi (misal dari png ke jpg) dan supersmush (untuk kompres dengan kekuatan ekstra, kualitas gambar juga akan berkurang).

Untuk paket dari wp smush ada 2 macam, yaitu gratis yang menyediakan batas ukuran cuma 1 MB dan juga versi pro yang memiliki bayaran tergantung besarnya file.

4. EWWW Image Optimizer

plugin kompres gambar terbaik

Bisa dibilang, EWWW image optimizer menjadi plugin kompres gambar terbaik dan gratis yang paling dijadikan primadona bagi sebagian besar orang. Saya lihat, 3 dari 5 orang menggunakan plugin satu ini. EWWW menjadi pilihan bagi banyak orang karena fiturnya yang melimpah, misalnya mengoptimalkan gambar yang tidak terdapat di library folder. Jadi anda tinggal memasukan url saja.

Selain itu, EWWW ini juga menyediakan kompres untuk file PDF, jadi anda tidak akan kesulitan untuk merisize ukuran file PDF yang terlalu besar. Tak hanya itu, ada fitur lain dari EWWW image optimizer ini, yaitu kompresi, konversi, opt-out, resize gambar, dan overrides. Sebagian dari fitur fitur tersebut jarang dimiliki oleh plugin lainnya.

Ada 2 macam paket yang tersedia untuk EWWW, yaitu:

As you go, maksudnya pembayaran sesuai dengan yang anda gunakan. Namun anda tetap harus membayar $1 di awal. Setelah itu, anda akan dikenakan biaya mulai dari $0,005 per gambar hingga 0,00005 pergambar. Jadi bagi anda yang tidak banyak menerbitkan gambar perbulannya, ini adalah pilihan yang tepat.

Prabayar, anda bisa mendapatkan biaya yang lebih murah dengan langganan tiap bulan. Jadi bagi yang mengupload hingga puluhan ribu gambar perbulannya, ini adalah pilihan yang tepat. Namun biaya dari EWWW masih lebih mahal daripada imagify maupun shortpixel, yaitu $9 untuk 3000 gambar, dan $500 untuk 250 ribu gambar.jadi bagi kalian yang punya kartu kredit, dengan berlangganan bulanan tentunya akan memudahkan sekali.

5. Kraken.io image optimizer

plugin kompres gambar terbaik

Tak lupa, kraken pun menjadi plugin kompres gambar terbaik yang sudah beken sejak lama. Hal yang ditawarkan dari kraken sebenarnya tidak berbeda dari pendahulunya diata. Cuma kraken menghadirkan kesederhanaan disamping fitur yang begitu melimpah.

Beberapa fitur yang disediakan oleh kraken meliputi kompresi, ukuran gambar, resize images, dan data EXIF. Fitur fitur tersebut sangat mudah digunakan, dan anda bisa mendapatkan semuanya dengan perencanaan pembayaran meliputi:

Gratis, di paket ini, anda akan diberikan slot 1 MB secara gratis. Jadi bagi anda yang belum punya uang atau ingin tahu lebih lanjut mengenai seperti apa kraken, maka pilih free plan ini. Namun ukuran yang hanya 1 MB sangat membatasi ruang.

Berbayar, untuk akun berbayar harganya hampir sama dengan imagify. Yaitu $5 perbulan untuk 500 MB gambar hingga $79 pebulan untuk 60 GB gambar.

Perlu anda tahu, sistem kompresi dan pengoptimalan gambar yang terdapat pada kraken ini cukup canggih dan cerdas. Jadi anda tidak usah khawatir akan kualitas gambar yang akan berkurang jauh jika memakai kraken.io.

6. Hammy

plugin kompres gambar terbaik

Plugin Hammy mampu menjadi alternatif bagi anda yang ingin mengompres gambar menjadi lebih kecil lagi. Untuk images yang berukuran besar, hammy mampu memperkecil ukuran sekecil mungkin. Namun hasil yang didapatkan akan menurunkan kualitas.

Namun yang menjadi kelemahan dari hammy, bahwa ia hanya bekerja pada gambar yang dilampirkan dalam pos atau page saja. Jadi untuk gambar logo atau sejenisnya yang tidak terlampir dalam post or page, akan tidak ikut terkompres. Saya sendiri belum pernah mencoba plugin satu ini. Namun jika anda ingin mencoba silakan lalu berikan informasi kepada kami dan pengunjung mengenai plugin hammy ini.

Namun jika dilihat secara sepintas, hammy memiliki antar muka yang tak semudah plugin lain terutama imagify dalam kesimpelan penggunaan. Maka dari itu, jika anda menginstal hammy maka harus mengesplor lebih jauh mengenai fitur-fitur yang ada didalamnya.

7. Imsanity

plugin kompres gambar terbaik

Walau tak sebanyak digunakan dari plugin plugin sebelumnya, imsanity memiliki daya tarik tersendiri dalam fitur kompres gambar. Salah satunya ialah mampu mengubah format gambar dari BPF ke JPG. Jadi kualitas gambar akan lebih meningkat dari gambar sebelumnya atau gambar original.

Plugin gratis ini juga bisa digunakan untuk mengatur panjang lebar gambar sebelum gambar diupload. Jadi bagi anda yang tidak ingin gambar di web anda sama ukurannya dengan gambar di web orang lain karena menggunakan gambar gratisan yang sama, maka ini pilihan yang tepat untuk mengaturnya. Jadi nantinya oleh mesin pencari akan dianggap berbeda, bukan duplikat gambar.

Imsanty juga memiliki kemampuan dalam mengubah gambar, mulai dari ukuran, panjang dan lebar maksimum, dan tentunya kualitas gambar itu sendiri. Apakah anda tertarik untuk mencoba plugin kompres gambar satu ini?

8. Optimus

plugin kompres gambar terbaik

Optimus merupakan plugin kompres gambar terbaik yang dikembangkan oleh penyedia CDN terkemuka, yaitu KeyCDN. Menurut optimus sendiri, pluginnya dapat mengkompres gambar hingga 70%. Jadi selain membuat performa gambar lebih bagus, juga akan menghemat disk space untuk blog. Tapi walaupun daya kompresi yang begitu tinggi, kualitas konten tetap tidak terlalu berubah.

Cara kerjanya pun otomatis, yakni saat gambar diupload, nantinya akan melalui server optimus yang berada di Jerman terlebih dahulu untuk dilakukan reducing gambar. Namun gambar yang original akan otomatis terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Ada 3 paket yang bisa anda pilih selama berlangganan dengan optimus ini. Yaitu:

Free, pada paket ini akan diberikan batasan yang sangat terbatas. Yaitu hanya 100 kb saja untuk gambarnya.

Optimus HQ, ini lebih cocok digunakan untuk blog personal yang tidak terlalu membutuhkan banyak gambar. Untuk pembayarannya hanya dilakukan 1 kali bayar saja yaitu $19 pertahun. Untuk batasan gambarnya ialah 5 MB.

Optimus HQ Pro, paket yang dapat digunakan untuk web yang memiliki banyak sekali gambar dan bisa untuk semua pelanggan. Kalau paket sebelumnya hanya untuk sendiri dan tidak boleh dipakai oleh orang lain. Harga yang ditawarkan untuk paket optimus HQ Pro adalah $99 / tahun untuk satu kali bayar. Dan untuk batasan dan fitur yang diberikan pun sama dengan paket optimus HQ.

Demikianlah pembahasan mengenai plugin kompres gambar terbaik. Silakan anda pilih salah satu saja dari ke-8 plugin tersebut. Yang penting sesuaikan antara pembiayaan dengan seberapa banyak gambar di blog anda yang butuh dikompres. Semoga ini bermanfaat buat kita semua. Sampai jumpa.

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/plugin-kompres-gambar-terbaik-untuk-wordpress/

LEAVE A COMMENT