Ilmunesia - Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online Plus Ongkos kirim

Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online Plus Ongkos kirim

Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online Plus Ongkos kirim

ilmunesia.com – Pada kesempatan kali ini, sedikit Mempelajari tentang berbagai plugin wordpress untuk toko online, tentunya para pembaca disini sudah pada paham kan apa itu toko online?

Saya anggap para pembaca disini sudah pada paham ya, jadi saya gak perlu jelasin panjang kali lebar tentang apa itu toko online. Disini saya mau njelasin dulu sedikit tentang WordPress. Merupakan sebuah aplikasi website berjenis CMS (Content Management System), dimana kita dapat menginstall WordPress ke hosting, kemudian kita bisa membuat sebuah situs dengan WordPress tersebut.

WordPress merupakan sebuah CMS yang gratis atau open source, dan juga sudah terkenal. Ibu saya juga membuat toko online dengan menggunakan CMS WordPress ini.

Plugin WordPress Untuk Toko Online

1. WoCommerce

WoCommerce merupakan salah satu plugin wordpress untuk toko online terbaik yang sudah cukup terkenal. Dengan plugin WoCommerce ini, pemilik blog WordPress dapat membuat toko online dengan sangat mudah.

Yang saya tau, dengan memasang plugin WoCommerce ini maka blog WordPress otomatis akan jadi toko online/online shop tuh. Nah theme WordPress yang digunakan juga khusus,  dimana theme tersebut harus support dengan plugin WoCommerce.

Namun setau saya, apapun themenya pasti bisa di kombinasikan dengan plugin WooCommerce ini, Insya Allah. Apabila belum support, ada panduan untuk menambahkan beberapa script php dari pihak developer WooCommerce agar plugin ini bisa diakses dengan lancar.

Apakah plugin wordpress untuk toko online ini berbayar?

Tidak kok, plugin WooCommerce ini gratis, namun di situs resminya, mereka mengeluarkan atau merilis berbagai Add-on yang berbayar. Untuk merubah bahasa Woocommerce ke Indonesia, bisa gunakan tutorial Cara Mudah Translate Woocommerce ke Bahasa Indonesia.

Nah mungkin para pembaca sekalian penasaran, gimana sih tampilan plugin WooCommerce ini saat sudah di install di web yang menggunakan CMS WordPress? Oke, berikut ini ada beberapa screenshot yang saya ambil dari situs yang menggunakan CMS WordPress.

Plugin WordPress Untuk Toko Online

Sumber Gambar: https://wordpress.org/plugins/woocommerce/

Plugin WordPress Untuk Toko Online

Sumber Gambar: https://wordpress.org/plugins/woocommerce/

lugin WordPress Untuk Toko Online

Sumber Gambar: https://wordpress.org/plugins/woocommerce/

Kamu bisa mendownload atau bisa mendapatkan plugin wordpress untuk toko online di halaman plugin Woocommerce

2. Plugin Ongkos Kirim

lugin WordPress Untuk Toko Online

Image from https://tonjoostudio.com

Plugin yang selanjutnya adalah plugin ongkos kirim. Plugin ini dapat mendeteksi atau dapat menghitung jumlah ongkos kirim atau ongkir yang perlu dibayar oleh si customer secara otomatis sesuai dengan pilihan si client tersebut.

Plugin wordpress untuk toko online ini sangat simpel dan mudah untuk kita atur. Hanya saja, sebelum para pembaca sekalian menginstall plugin ongkos kirim ini, terlebih dahulu para pembaca mendownload dan juga mengsintall plugin WooCommerce.

Kenapa? Karena plugin ongkos kirim ini memerlukan plugin WooCommerce tersebut.

Berikut ini adalah berbagai fitur yang terdapat dalam plugin ongkos kirim:

a. Premium API Tarif

Fitur pertama yang dimiliki plugin ongkos kirim ini adalah premium API tarif.  Artinya pihak developer plugin ini sudah mengembangkan API ongkir premium milik mereka sendiri yang lebih cepat dan juga lebih akurat. Dengan adanya hal tersebut, kita tak perlu lagi menggunakan API pihak ke-tiga yang mungkin berbayar.

b. Data Real-Time ke Seluruh Indonesia

Plugin ongkos kirim satu ini memakai data atau API premium milik developer sendiri sehingga bisa memberi perhitungan atau kalkulasi ongkos kirim ke seluruh Indonesia secara real-time serta selalu up to date.

c. Support 7 Ekspedisi di Indonesia

Yup, plugin ongkos kirim yang satu ini ternyata support berbagai macam jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah JNE, TIKI, POS Indonesia, dan yang lain sebagainya.

Oiya bukan hanya itu saja, plugin ongkos kirim ini juga mendukung multi-shipment yang terdapat di page checkout. Nah dengan begitu, customer atau pembeli bisa membandingkan harganya.

d. Terdapat Fitur Ongkir Tambahan

Plugin wordpress untuk toko online ini mempunyai fitur ongkos kirim tambahan atau bahasa Inggrisnya adalah additional markup fee, dimana para pembaca sekalian bisa menambah ongkos kirim dengan mandiri di setiap produk yang kamu jual.

e. Mudah Untuk di Pasang atau Di Install

Fitur atau kelebihan lain dari plugin ongkos kirim ini adalah mudah untuk di pasang atau di install. Yup, hanya dengan beberapa klik dan beberapa pengaturan saja, para pembaca sekalian sudah bisa membuat toko online sendiri dengan fitur cek ongkos kirim.

f. Tersedia Multi Bahasa

Plugin Ongkos Kirim ini terdapat fitur multi bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Nah misal kamu punya temen orang Inggris kemudian pengin beliin dia plugin ini, maka gak usah khawatir, temen kamu gak paham bahasa yang dipake, solanya kan di Plugin Ongkos Kirim ini terdapat bahasa Inggris.

Harga Plugin Ongkos Kirim

Plugin ini tidak gratis, melainkan berbayar. Harga yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

Pemakaian Trial Personal Multi Developer
Digunakan di banyak website Tidak Ya Ya Ya
Jumlah website 1 web 1 web 5 web 25 web
Prioritas support forum Ya Ya Ya Ya
Masa berlaku 7 hari 1 tahun 1 tahun 1 tahun
Harga Gratis $20 $35 $50
  BELI BELI BELI BELI

Note: Kamu bisa membeli via transfer bank lokal kok.

Penutup

Nah bagaimana menurut kamu? Mungkin masih banyak lagi berbagai plugin wordpress untuk toko online di luar sana yang bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan e-commerce milik kamu. Baiklah, demikian artikel ini saya sampaikan, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/plugin-wordpress-untuk-toko-online/

LEAVE A COMMENT