Ilmunesia - Prinsip Dasar dalam Perancangan Typography

Prinsip Dasar dalam Perancangan Typography

Prinsip Dasar dalam Perancangan Typography

ilmunesia.com – Tipografi adalah suatu seni atau menata huruf yang menggunakan teknik memilif huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Sintaksis dalam tipografi memiliki pengertian sebagai proses penataan elemen-elemen visual ke dalam kesatuan bentuk kohesif.

Proses perancangan dengan mengguanakan huruf merupakan tahap yang paling menentukan dalam solusi masalah tipografi.

Pada tahap vital dalam proses kreatif dari sebuah perancangan tipografi, seorang desainer akan bertindak sebagai komunikator visual yang memiliki berbagai peluang mengontrol setiap keputusan yang kreatif yang kelak dapat memperkuat efektifitas dan efesiensi dari sebuah pesan yang akan disampaikan kepada penerimanya.

Google Image
Google Image

contoh penerapan prinsip figure/ground dari teori Gestalt yang menjelaskan bahwa mata kita dapat mengenali sebuah objek karena adanya kontras. Diatas adalah contoh monogram, yaitu lambang atau sebuah logo yang digabungkan dari kedua huruf.

B+f

ilustrasi diatas ini adalah contoh dari mata kita dalam melihat sebuah bentuk penggabungan dua huruf.

Prinsip visual

Tugas seorang perancang grafis adalah menciptakan sebuah kesatuan visual yang mudah dipahami oleh penglihat. Pemahaman terhadap prinsip persepsi visual adalah kunci untuk memahami tendensi mata kita saat melihat sebuah pola visual.

  • SIMILARITY

Objek yang sama akan terlihat bersamaan sebagai kelompok. hal ini dapat ditentukan lewat bentuk, warna, arah, dan ukuran.

Google Image
Google Image

Tendensi :

mata kita akan mengelompokkan bentuk segitiga dalam setiap lingkaran sekaligus melihat bentuk segitiga yang disetiap sisinya ada lingkaran.

  • CONTINUATION

Penataan visual yang dapat menggiring gerak mata mengikuti ke sebuah arah tertentu.

Google Image
Google Image

Tendensi :

Mata kita akan terfokus pada tanda panah yang terdapat diantara huruf-huruf tersebut, gerak mata kita akan mengikuti ke arah kanan.

  • PROXIMITY

sebuah kesatuan atau pengelompokan yang terbentuk karena adanya korelasi antara elemen-elemen yang saling berdekatan.

Google Image
Google Image

Tendensi :

Pandangan mata kita akan menuju pertama kali pada kelompok lingkarang besar yang saling berdekatan.

  • CLOSURE

Bentuk yang menyambung terlihat lebih stabil.

Google Image
Google Image

 

Tendensi :

Tanpa disadari mata kita akan mencoba menyambungkan bagian-bagian yang terputus pada lingkaran dan persegi empat tersebut.

 

Nah, itulah prinsip dari tipografi, tipografi  juga tidak memiliki aturan yang beku. Namun, dalam proses perancangan tipografi, penggunaan logika-logika dan prinsip-prinsip persepsi visual yang diterapkan dalam setiap pendekatan kreatif akan secara bertahap melahirkan suatu elemen-elemen visual.

Semoga bermanfaat. terimakasih

 

 

Foto : Istimewa
Sumber  : http://kelasdesain.com/prinsip-dasar-dalam-perancangan-tipografi/

LEAVE A COMMENT