Ilmunesia - sejarah singkat dari WPAP

sejarah singkat dari WPAP

sejarah singkat dari WPAP

ilmunesia.com – WPAP merupakan singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait dan nama WPAP itu sendiri di ambil dari nama Wedha Abdul Rasyid dimana dia merupakan orang asal Indonesia dia lahir di pekalongan Jawa Tengah 10 Maret 1951, beliau di kenal sebagai bapak illustrator karena beliau merupakan orang yang berhasil menciptakan sekaligus yang mempopulerkan WPAP, dulu WPAP di kenal dengan sebutan FMB ( Foto Marak Berkotak ). Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas tertentu, dimana dalam WPAP kalian akan menemukan bidang yang berbentuk kotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang satu dan bidang yang lainya tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang ada pada gambar.

Dan saya yakin kalian nggak bakalan menemukan yang namanya bidang lengkung pada WPAP dan itulah ciri khas yang unik dan hanya di miliki oleh WPAP dalam segi pembuatanya.

Sejarah Singkat WPAP

WPAP ada sekitar tahun 1990-1991 dan itu pun berawal dari kegelisahan dalam menggambar wajah manusia. Menurut Wedha, gambar sosok manusia yang real mempunyai tingkat kesulitan paling tinggi tidak hanya itu dalam hal memilih, dan mencampur kan warna menjadi beban tambahan dalam menggambar sosok manusia yang nyata.

karena kegelisahan itulah Wedha mulai memikirkan bagaimana cara melukis wajah manusia dengan cara yang lebih mudah dan efektiv dengan mengabungkan garis, dan warna dalam sebuah bidang. Berawal dari situ mulailah Wedha membayangkan gambar sosok manusia yang di hasilkan dari sebuah kumpulan-kumpulan bidang datar berwarna yang dibentuk oleh garis-garis.

Itulah sejarah singkat terlahirnya sebuah karya yang begitu populer di masa sekarang ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://kelasdesain.com/sejarah-singkat-wpap-2/

LEAVE A COMMENT