Ilmunesia - Sekilas berkenalan dengan apa itu Multikamera?

Sekilas berkenalan dengan apa itu Multikamera?

Sekilas berkenalan dengan apa itu Multikamera?

ilmunesia.com – Definisi multi camera proses produksi dengan menggunakan dua atau lebih kamera yang terhubung dalam satu sistem.Jadi walaupun menggunakan 3 kamera tapi masing masing berdiri sendiri menurut saya itu bukan merupakan multi kamera.

PERALATAN YANG MENDUKUNG

Karena merupakan suatu sistem maka tentunya alat alat yang mendukung proses terjadinya multi kamera tidaklah sedikit beda dengan single kamera yang hanya menggunakan satu kamera sudah cukup.

Alat alat yang mendukung itu dadalah:

1.Adanya switcher

3.CCU (camera control unit)

3.VTR

4.Kamera yang di gunakan berjumlah 2 atau lebih

5.Sync generator

6.Waveform

7.Character Generator (CG)/inscriber

8.Monitor

9.Perlengkapan audio (mixer,mic dsbnya)

FUNGSI DARI ALAT ALAT TERSEBUT

1.Switcher yaitu suatu alat yang berfungsi untuk memindah mindahkan pemilihan gambar dari berbagai stok shot maupun input kamera.Biasanya digunakan untuk multi kamera.

Orang yang mengoperasikannya di sebut switcherman,namun untuk Indosiar biasanya di pegang oleh seorang pengarah acara.

2.CCU (camera control unit) peralatan yang berhubungan dengan fungsi dari sebagian atau keseluruhan dari camera .

biasanya yang di atur oleh CCU meliputi:

1.Mengontrol iris,shutter speed,black level,gain dsbnya

2.Mengatur keseimbangan warna

3.Memonitor dan mengatur parameter tehnik secara keseluruhan

4.Mengirim tanda ke operator kamera

Orang yang mengoperasikannya di sebut CCUman

3.VTR peralatan yang berguna untuk merekam/memutar gambar yang di hasilkan kamera

Dalam shoting multi kamera apalagi untuk acara acara yang bersifat variety show biasanya menggunakan vtr lebih dari satu,untuk merekam dan memplayback nya

4.Kamera

Kamera yang di gunakan bisa kamera portable (EFP) yang di set untuk studio dan kamera yang memang di rancang untuk di pakai di studio misalnya:kamera pedestal.Jumlahnya minimal dua atau lebih tergantung kebutuhan dan jenis acaranya.

Untuk acara acara seperti:talkshow,berita,infotainment studio memakai 3 kamera dan acara seperti:variety show.reality show,musik dsbnya biasanya menggunakan minimal 5 kamera

Apa itu multikamera? multi kamera adalah teknik pengambilan gambar dengan menggunakan lebih dari 2 kamera yang terintegrasi dalam satu sistem, sehingga gambar yang di hasilkan bisa saling bertautan satu sama lain meski tanpa melalui proses editing.

Jadi walaupun pengambilan gambar dengan banyak kamera, namun masing-masing tidak terhubung menjadi satu sistem (terpisah-pisah) maka tidak bisa disebut sebagai multikamera.

Peralatan yang mendukung multikamera ini biasanya terdiri dari:

1.Kamera Video : berfungsi mengambil gambar untuk di teruskan ke pemirsa, yang cara kerjanya akan di bahas pada postingan yang lain.
2.Switcher : Suatu equipmen yang terdiri dari beberapa input video yang bisa berasal dari kamera, vtr, dvd, cg dan yang lain dengan outputan program yang akan di tampilkan, dalam hal ini switcher berfungsi sebagai switc ( pemilih ) output dari beberapa input tsb, beberapa merk switcher : panasonic, sony, for a ( dengan varian gingga nya ),dll.
3. CG (character generator) : suatu alat yang berfungsi membuat karakter/tema yang sedang di buat,sebagai contoh biasanya dalam news menampilkan nama presenter,topik,dan credit title.

4. CCU (camera control unit) peralatan yang berhubungan dengan fungsi dari sebagian atau keseluruhan dari camera . Biasanya yang di atur oleh CCU meliputi:

– Mengontrol iris,shutter speed,black level,gain dsbnya

– Mengatur keseimbangan warna

– Memonitor dan mengatur parameter tehnik secara keseluruhan

– Mengirim tanda ke operator kamera
5. Mixer Audio : peralatan untuk audio yang pengertian dan fungsinya ada pada postingan yang lalu
6. dan peralatan pendukung lainnya seperti:
– converter : ialah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke digital begitu pula sebaliknya,tergantung kebutuhan peralatan yang di pakai.
– vda : video distribution,sesuai namanya alat yang berfungsi mendistribusikan video,satu input menjadi beberapa output dengan kualitas hampir sama dengan input.
– monitor : berfungsi untuk menampilkan gambar preview kamera,preview program, program,dan yang lainnya sesuai kebutuhan.

Dan masih banyak lagi peralatan yang digunakan, semuanya menyesuaikan dengan jenis produksinya. sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat. terimakasih

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://ubervideoshooting.wordpress.com/multicamera/

LEAVE A COMMENT