Ilmunesia - Teori Warna Untuk Desainer

Teori Warna Untuk Desainer

Teori Warna Untuk Desainer

ilmunesia.com – Warna dalam desain sangat subjektif. Apa yang membangkitkan satu reaksi dalam satu orang mungkin menimbulkan reaksi yang sangat berbeda pada orang lain. Kadang-kadang hal ini disebabkan oleh pilihan pribadi, atau karena latar belakang budaya. Teori warna adalah suatu ilmu mengenai warna itu sendiri. Suatu ilmu yang mempelajari bagaimana warna mempengaruhi orang baik personal, perorangan maupun sebagai kelompok, dalam membangun karier. Sesuatu yang sederhana seperti mengubah warna yang tepat atau saturasi warna dapat menimbulkan perasaan yang sama sekali berbeda. Perbedaan budaya berarti bahwa sesuatu yang bahagia dan semangat dalam satu negara dapat menekan di negara lain.

color-wheel

Di sini kita akan membahas makna di balik warna pada beberapa kelompok, dan memberikan beberapa contoh bagaimana warna-warna ini digunakan (dengan sedikit analisis untuk masing-masing). Pada posting yang lain, kita akan berbicara tentang bagaimana rona, kroma, nilai, saturasi, nada, dan warna tints mempengaruhi cara kita melihat warna.

Warna yang Hangat


Warna yang hangat termasuklah warna merah, oranye, dan kuning, dan variasi dari tiga warna tersebut. Warna ini adalah warna api, daun musim gugur, dan matahari terbenam dan matahari terbit, dan biasanya memberi energi, semangat, dan hawa positif.

Merah dan kuning keduanya warna primer, dengan oranye jatuh di tengah, yang berarti semua benar-benar hangat dan tidak diciptakan dengan menggabungkan warna hangat dengan warna dingin. Gunakan warna hangat dalam desain Anda untuk mencerminkan gairah, kebahagiaan, antusiasme, dan energi.

Merah

Merah adalah warna yang sangat panas. Ini berhubungan dengan api, kekerasan, dan peperangan. Ini juga diasosiasikan dengan cinta dan gairah. Dalam sejarah, ini sudah terkait dengan Iblis dan Cupid (malaikat Cinta). Merah dapat benar-benar memiliki efek fisik pada orang-orang, peningkatan tekanan darah dan tingkat respirasi. Ini terbukti juga untuk melambangkan peningkatan metabolisme manusia.

Merah dapat dikaitkan dengan kemarahan, tetapi juga terkait dengan kepentingan (seperti karpet merah di acara penghargaan dan peristiwa selebriti). Merah juga menunjukkan bahaya (lampu traffic, tanda-tanda merah peringatan, dan sebagian besar label peringatan berwarna merah).

Luar dunia barat, merah memiliki asosiasi yang berbeda. Sebagai contoh, di Cina, merah adalah warna kemakmuran dan kebahagiaan. Juga dapat digunakan untuk menarik keberuntungan. Dalam budaya timur yang lain, merah dikenakan oleh pengantin wanita pada hari pernikahan mereka. Di Afrika Selatan, bagaimanapun, merah adalah warna berkabung. Merah juga berhubungan dengan komunisme. Merah telah menjadi warna yang berhubungan dengan kesadaran AIDS di Afrika.

Dalam desain, merah dapat menjadi warna aksen yang kuat. Ini juga dapat memiliki efek yang sangat besar jika digunakan terlalu banyak dalam desain, terutama dalam bentuk yang paling murni. Warna ini bagus digunakan saat kekuasaan atau hasrat menjadi bagian yang ingin digambarkan dalam desain. Merah dapat sangat serbaguna, walaupun, dengan versi yang lebih cerah menjadi lebih bersemangat dan dalam nuansa gelap menjadi lebih kuat dan elegan.

Contoh:

darkcrimson

Nuansa gelap merah dalam desain ini memberikan aura kuat dan elegan.

abstraktion

Aksen merah sejati mencolok dengan latar belakang hitam gelap, memberikan arah yang kuat dan perasaan high-end ke situs ini.

Orange

Warna jeruk yang sangat bersemangat dan energik. Dapat dikaitkan dengan bumi atau dengan musim gugur. Karena hubungannya dengan perubahan musim, jeruk dapat mewakili perubahan dan gerakan pada umumnya.

Karena jeruk dikaitkan dengan buah dengan nama yang sama, dapat dikaitkan dengan kesehatan dan vitalitas. Dalam desain, oranye memberikan perhatian tanpa basa-basi sebagai pengganti warna merah. Hal ini sering dianggap lebih ramah dan mengundang.

Contoh

curious

Kotak oranye yang terang menarik perhatian isinya, bahkan dengan elemen merah cerah lain pada halaman.

alamo

Jeruk digunakan di sini dalam inkarnasi paling jelas, untuk mewakili api.

Kuning

Kuning sering dianggap paling terang dan energi warna yang paling hangat. Ini berhubungan dengan kebahagiaan dan sinar matahari. Kuning juga dapat dikaitkan dengan penipuan dan pengecut.

Kuning juga terkait dengan harapan, seperti dapat dilihat di beberapa negara ketika pita kuning ditampilkan oleh keluarga yang memiliki orang-orang terkasih di dalam perang. Kuning juga dikaitkan dengan bahaya, meski tidak sekuat merah.

Di beberapa negara, kuning mempunyai konotasi yang sangat berbeda. Di Mesir, misalnya, kuning adalah untuk berkabung. Di Jepang, hal itu mewakili keberanian, dan di India itu warna untuk pedagang.

Dalam desain, berwarna kuning terang dapat meminjamkan rasa kebahagiaan dan kegembiraan. Kuning lembut biasanya digunakan sebagai warna netral gender untuk bayi (bukan biru atau merah muda) dan anak-anak. Cahaya kuning juga memberikan perasaan yang lebih tenang dibandingkan kuning cerah. Kuning gelap dan kuning emas-warna-warni kadang-kadang dapat terlihat antik dan dapat digunakan dalam desain di mana rasa keabadian yang ingin ditonjolkan.

Contoh

food

Header kuning cerah dan grafis yang digunakan di seluruh situs ini memberikan rasa energi positif.

artivision

Cahaya kuning digunakan hampir sebagai warna netral dalam header di sini, dan dikombinasikan dengan ilustrasi gambar-tangan memberikan impresison yang sangat ceria.

Warna yang dingin (sejuk)


Termasuk warna-warna sejuk adalah hijau, biru, dan ungu, sering kali lebih pendiam daripada warna hangat. Mereka adalah warna malam, air, alam, dan biasanya membawa ketenangan dan rileks

Biru adalah satu-satunya warna primer dalam spektrum yang sejuk, yang berarti warna lain dibuat dengan menggabungkan biru dengan warna hangat (kuning hijau dan merah untuk ungu). Hijau mengambil beberapa atribut kuning, dan ungu mengambil beberapa atribut merah. Gunakan warna-warna sejuk di desain untuk memberikan perasaan tenang atau profesionalisme.

Hijau

Hijau adalah warna yang sangat membumi. Hal ini dapat menunjukkan awal yang baru dan pertumbuhan. Ini juga menandakan pembaharuan dan kelimpahan. Atau, hijau juga dapat mewakili iri hati atau cemburu, dan kurangnya pengalaman.

Hijau memiliki banyak unsure menenangkan yang sama dengan atribut biru, tetapi juga bias menggabungkan beberapa energi kuning. Dalam desain, hijau dapat memiliki efek menyeimbangkan dan menyelaraskan, dan sangat stabil. Ini cocok untuk desain yang berkaitan dengan kekayaan, stabilitas, pembaruan, dan alam. Hijau cerah lebih energik dan bersemangat, sementara zaitun hijau lebih mewakili alam. Hijau gelap yang paling stabil dan bisa jadi wakil dari kemakmuran.

Contoh

rubber

Hijau yang sangat dimatikan situs ini memberikan hawa underground dan perasaan alami.

ligonier

Hijau terang header dari situs ini dicampur dengan memberi motif daun yang sangat alami dan bersemangat.

Biru

Biru sering dikaitkan dengan kesedihan dalam bahasa Inggris. Biru juga digunakan secara ekstensif untuk mewakili ketenangan dan tanggung jawab. Cahaya biru yang blues dapat menyegarkan dan ramah. Biru gelap lebih kuat dan dapat diandalkan. Biru juga berhubungan dengan perdamaian, dan mempunyai konotasi spiritual dan agama dalam banyak budaya dan tradisi (misalnya, Perawan Maria adalah umumnya digambarkan memakai jubah biru).

Arti biru terpengaruh secara luas tergantung pada rona keteduhan yang tepat. Dalam desain, yang pasti warna biru yang Anda pilih akan memiliki dampak besar pada bagaimana desain dapat dirasakan dan diresapi. Cahaya kebiruan sering santai dan menenangkan. Biru terang dapat memberikan energi dan menyegarkan. Biru gelap sangat baik untuk situs perusahaan atau desain di mana kekuatan dan kehandalan adalah penting.

Contoh

sman

Biru gelap memberikan rasa ini kehandalan, sedangkan biru lebih cerah dan lebih ringan dari perasaan tenang serius.

industry

Biru gelap memberikan situs ini perasaan profesional, terutama jika dikombinasikan dengan latar belakang putih. Tapi akan lebih ringan jika menambahkan aksen biru sedikit.

Ungu

Ungu sudah lama berhubungan dengan kerajaan. Ini kombinasi merah dan biru, dan mengambil beberapa atribut dari keduanya. Ini juga terkait dengan kreativitas dan imajinasi.Di Thailand, ungu adalah warna berkabung bagi para janda. Ungu gelap secara tradisional dikaitkan dengan kekayaan dan royalti, sementara ringan ungu (seperti lavendar) dianggap lebih romantis.

Desain, ungu gelap dapat memberikan rasa kekayaan dan kemewahan. Cahaya ungu yang lebih lembut berhubungan dengan musim semi dan asmara.

Contoh:

asprey

Bayangan gelap yang digunakan di sini membangkitkan rasa warisan kerajaan, yang sangat sesuai untuk barang-barang mewah merek Asprey.

avant

Cahaya ungu di sini bekerja dengan baik untuk menyampaikan rasa kreativitas.

Warna Netral


Warna netral sering berfungsi sebagai latar belakang desain. Mereka biasanya dikombinasikan dengan aksen warna cerah. Tetapi mereka juga dapat digunakan di dalam desain mereka sendiri, dan dapat menciptakan layout yang sangat canggih. Makna dan kesan dari warna-warna netral jauh lebih dipengaruhi oleh warna-warna yang mengelilingi mereka daripada yang hangat dan warna-warna sejuk.

Hitam

Hitam adalah yang terkuat dari warna-warna netral. Di sisi positif, itu umumnya terkait dengan kekuatan, keanggunan, dan formalitas. Di sisi negatif, hal itu dapat dikaitkan dengan kejahatan, kematian, dan misteri. Hitam adalah warna berkabung tradisional di banyak negara Barat. Ini juga dikaitkan dengan pemberontakan di beberapa kebudayaan, dan dikaitkan dengan Halloween dan klenik.

Hitam umumnya digunakan dalam edgier desain, dan juga di desain sangat elegan. Ini dapat dilakukan secara konservatif atau modern, tradisional atau konvensional, tergantung pada warna-warna itu yang digabungkan dengannya. Dalam desain, hitam umumnya digunakan untuk tipografi dan bagian-bagian fungsional lainnya, karena hal itu netral. Hitam membuat kita lebih mudah untuk menyampaikan rasa canggih dan misteri dalam desain.

Contoh

jalexander

Aksen hitam, bercampur dengan warna terang dan gelap sebagai latar belakang serta cokelat menambahkan kedalaman edgier menjadi desainyang kokoh keseluruhan.

reduce

Hitam, bila dicampur dengan biru muda, tampak lebih dingin.

Putih

Putih berada di ujung spektrum dari hitam, tapi seperti hitam, dapat bekerja baik dengan hampir semua warna lain. Putih sering dikaitkan dengan kesucian, kebersihan, dan kebajikan. Di Barat, putih umumnya dikenakan oleh pengantin perempuan pada hari pernikahan mereka. Ini juga berkaitan dengan industri perawatan kesehatan, terutama dengan dokter, perawat dan dokter gigi. Putih dikaitkan dengan kebaikan, dan malaikat sering digambarkan dalam putih.

Di desain, putih umumnya dianggap netral. Menjadi latar belakang yang memungkinkan warna lain dalam desain memiliki suara yang lebih besar. Ini dapat membantu untuk menyampaikan kebersihan dan kesederhanaan, meskipun, lebih populer di desain minimalis. Putih dalam desain dapat juga menggambarkan baik musim dingin atau musim panas, tergantung pada desain lainnya serta motif dan warna yang mengelilingi itu.

Contoh

fuelhaus

Putih pada situs Fuelhaus digunakan untuk pemisah kontras terhadap biru.

chamain

Latar belakang putih yang sangat populer di situs minimalis, memberikan kontras besar tipografi hitam.

Abu-abu

Abu-abu adalah warna netral, umumnya dianggap pada akhir spektrum warna. Ini kadang-kadang dapat dianggap moody atau menyedihkan. Cahaya abu-abu dapat digunakan sebagai pengganti dalam beberapa desain putih, dan abu-abu gelap dapat digunakan di tempat hitam.

Abu-abu umumnya konservatif dan formal, tetapi dapat juga menjadi modern. Kadang-kadang dianggap sebagai warna berkabung. Ini sering digunakan di perusahaan desain, di mana formalitas dan profesionalisme adalah kuncinya. Dapat warna yang sangat canggih. Murni abu-abu adalah warna hitam, meskipun mungkin abu-abu lain biru atau campuran warna cokelat masuk dalam desain, abu-abu sebagai latar belakang sangat umum, seperti abu-abu tipografi.

Contoh

adrian

Cahaya abu-abu memberikan perasaan pendiam dan tenang untuk desain ini.

sympony

Cahaya latar belakang abu-abu di sini menambah perasaan modern yang diciptakan oleh tipografi.

Cokelat

Coklat berhubungan dengan bumi, kayu, dan batu. Ini benar-benar warna alami dan netral yang hangat. Cokelat dapat dikaitkan dengan ketergantungan dan kehandalan, dengan ketabahan, dan juga membumi. Dapat juga dianggap membosankan.

Penerapan pada desain, cokelat biasanya digunakan sebagai warna latar belakang. Ini juga terlihat pada tekstur kayu dan kadang-kadang dalam tekstur batu. Ini membantu membawa perasaan hangat dan beberapa kegunaan lain pada desain. Kadang-kadang digunakan dalam bentuk paling gelap sebagai pengganti hitam, baik dalam latar belakang atau tipografi.

Contoh

ridemomen

Warna kelabu-cokelat di sini meminjamkan rasa tanggung jawab dan dapat diandalkan.

tabor

Orange-cokelat di sini memberikan perasaan yang sangat bersahaja dan diandalkan.

Beige dan Tan

Beige agak unik dalam spektrum warna, karena mengambil nada dingin atau hangat, tergantung pada warna sekitarnya. Memiliki kehangatan dan kesejukan cokelat putih, dan, seperti cokelat, kadang-kadang dilihat mambawa unsure membosankan. Warna ini begitu konservatif dalam banyak hal, dan biasanya digunakan untuk latar belakang. Ini dapat juga melambangkan kesalehan.

Beige dalam desain umumnya digunakan di latar belakang, dan umumnya terjadi dalam latar belakang dengan tekstur kertas. Ini akan mengambil karakteristik warna di sekitarnya, artinya ia memiliki pengaruh yang kecil dalam dirinya sendiri dan pada akhirnya memberi kesan pada desain bila digunakan dengan warna lain.

Contoh

hello

Cahaya Tan sebagai latar belakang di sini membuat rasa muda dan segar karena warna-warna cerah di sekitarnya.

callicot

Cahaya Tansebagai latar belakang di sini meminjamkan perasaan yang lebih konservatif dan elegan.

Krim dan Gading

Gading dan krim adalah warna yang canggih, dengan beberapa kehangatan cokelat dan banyak kesejukan putih. Mereka umumnya tenang, dan sering bisa membangkitkan rasa sejarah. Gading adalah warna yang tenang, dengan beberapa kebersihan / kesucian yang berhubungan dengan putih, walaupun sedikit lebih hangat.

Pencurahan pada desain, gading dapat meminjamkan rasa elegan dan tenang untuk sebuah situs. Ketika dikombinasikan dengan warna bersahaja seperti persik atau cokelat, dapat mengambil unsure kualitas yang bersahaja. Juga dapat digunakan untuk meringankan warna gelap, tanpa kontras penggunaan putih.

Contoh

play

Warna gading di latar belakang di sini memiliki kualitas hangat yang panas oleh beberapa warna yang lebih dingin di situs ini.

coffe

Warna krim yang kelabu di latar belakang dibuat lebih hangat dipadu warna orange-cokelat.

Sekilas …

Informasi yang terkandung di sini mungkin tampak agak luar biasa, teori warna banyak melambangkan tentang perasaan tertentu dan membangkitkan bayangan dari apa pun. Tapi inilah panduan referensi cepat untuk kepentingan bersama tentang makna dari warna yang dibahas di atas:

  • Red: Passion, Love, Kemarahan
  • Oranye: Energi, Kebahagiaan, Vitality
  • Kuning: Kebahagiaan, Hope, lebun
  • Hijau: New Beginnings, Kelimpahan, Alam
  • Biru: Tenang, Responsible, Sadness
  • Ungu: Kreativitas, Royalty, Wealth
  • Black: Misteri, Elegance, Evil
  • Abu-abu: Moody, Konservatif, Formalitas
  • Putih: Kesucian, Kebersihan, Virtue
  • Brown: Alam, kegunaan, ketergantungan
  • Tan atau Beige: konservatif, Kesalehan, Dull
  • Cream atau Gading: Tenang, Elegant, Kemurnian

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.triwibowo.com/teori-warna-untuk-desainer-2/

LEAVE A COMMENT