Ilmunesia - Tips Membuat Stempel yang Unik dan Professional

Tips Membuat Stempel yang Unik dan Professional

Tips Membuat Stempel yang Unik dan Professional

ilmunesia.com – stempel merupakan benda penting dalam sebuah bisnis maka dari itu penting membuat stempel yang unik dan professional serta tidak mudah ditiru.

Tips Membuat Stempel
Stempel merupakan tanda pengenal sebuah perusahaan / instansi bisnis dimana kegunaannya sangat vital dalam sebuah bisnis. Sebuah dokumen bisnis jika tidak disertai dengan stempel, besar kemungkinan di curigai sebagai dokumen palsu.

Keuntungan membuat stempel yang unik salah satunya adalah sulit untuk ditiru dan memjadi nilai plus tersendiri yang menandakan bahwa anda adalah orang yang professional dan berkompetensi.

Nah, bagaimana cara membuat stempel yang unik dan professional ? berikut 4 tips yang bisa anda pakai sebagai referensi dalam membuat stempel anda ;

1. Kenali jenis-jenis stempel yang ada

Sebelum membuat stempel ada baiknya terlebih dahulu anda mengenali jenis-jenis stempel yang ada di pasaran untuk memudahkan anda dalam memilih model / jenis stempel apa yang menurut anda cocok dan sesuai dengan budget anda.
Secara garis besar terdapat – jenis stempel yaitu :

Jenis-Jenis Stempel

2. Menentukan desain / bentuk yang cocok dengan bisnis anda

Perlu anda ingat seperti yang saya jelaskan diatas “stempel adalah tanda pengenal bisnis anda” jadi bentuk dan desainnya pun harus cocok dengan bisnis anda.
Pada umumnya stempel memiliki 4 bentuk yaitu persegi, persegi panjang, oval, dan bentuk lingkaran. Anda harus menggambarkan bentuk mana yang cocok dengan bisnis anda. Untuk desain, sama seperti penjelasan di atas yaitu cocok dengan bisnis anda, untuk lebih jelasnya berikut filosofi dari bentuk-bentuk diatas ;

Filosofi Bentuk Dalam Desain
Desain Bagus
gambar hanya illustrasi

3. Ukuran stempel

Banyak sekali varian ukuran-ukuran stempel yang tersedia, yang terbesar adalah 104 x 51 mm dan yang terkecil adalah 15 x 15 mm, untuk hal ini disaranan anda mengambil ukuran yang sedang tidak terlalu kecil tidak pula terlalu besar, terlalu kecil akan membuat stempel anda susah dibaca, jika terlalu besar akan tidak nyaman dilihat dan menambah biaya pastinya.

Jenis Ukuran Stempel

4. Pemilihan warna

Dalam dunia desain, warna memiliki filosofi tersendiri seperti warna biru yang berarti kepercayaan, keteraturan dan merah artinya kekuatan, power, energi, kehangatan.
Jadi dalam membuat stempel jangan asal memakai warna, pilihlah warna yang sesuai dengan filosofi bisnis anda.

Filosofi Warna Dalam Desain

Untuk membuat stempel yang tidak mudah ditiru opsi pertama gunakanlah stempel jenis emboss karna jenis ini tidak memakai tinta pastinya akan sulit ditiru. Dan opsi kedua adalah memberikan kode rahasia dengan menggunakan bentuk unik yang hanya anda yang bisa mengerti, berikut contohnya :

Cara Membuat Stempel Asli
Cara Membuat Stempel Sulit Ditiru
Foto : Istimewa
Sumber : http://www.jagodesain.com/2015/03/tips-membuat-stempel-unik.html

LEAVE A COMMENT