Ilmunesia - Tips Mengurangi Kecerahan Layar di iOS Tanpa Night Shift Mode

Tips Mengurangi Kecerahan Layar di iOS Tanpa Night Shift Mode

Tips Mengurangi Kecerahan Layar di iOS Tanpa Night Shift Mode

ilmunesia.com – Beberapa bulan yang lalu Apple merilis iOS 9.3 dengan memberi penambahan fitur, salah satunya Night Shift Mode. Fitur ini berfungsi untuk meminimalisir cahaya biru dari layar perangkat iOS, sehingga menjadikan layar smartphone terlihat lebih  kekuningan dan ramah terhadap penglihatan.

Perangkat iPhone yang mendukung fitur tersebut diantaranya: iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPhone SE. Sedangkan untuk iPad diantaranya: iPad Air, iPad Air 2, iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Pro, iPad Pro 9.7 inci. Serta tak ketinggalan iPod Touch generasi 6.

Lalu bagaimana untuk perangkat lawas? Sayang sekali gan, untuk perangkat yang disebutkan di atas  tidak mendapatkan fitur terbaru dari iOS 9.3 ini. Namun, meskipun kita tidak mendapatkan fitur Night Shift Mode ini, kita masih tetap dapat mengurangi kecerahan layar di perangkat iOS kita. Penasaran bagaimana caranya? Cek ulasan berikut.

Kecerahan Layar

Silakan masuk ke menu Settings > General > Accessibility.

 

Kecerahan Layar

Cari menu Accessibility Shortcut (paling bawah), kemudian ceklis pada opsi Zoom.

 

Kecerahan Layar

Scroll ke atas dan cari menu Zoom. Pada menu Zoom silakan aktifkan Show Controller dan di bagian Zoom Filter pilih Low Light.

Cara Mengaktifkan

  1. Untuk mengaktifkannya, agan tinggal tekan tombol home sebanyak 3 kali (bisa juga melalui Assistive Touch).
  2. Jika tiba-tiba layar perangkat iOS agan menjadi Zoom, agan bisa menonaktifkannya lewat Controller dengan memilih opsi Zoom Out.
  3. Lalu jika agan merasa terganggu dengan adanya Controller tersebut, agan dapat menonaktifkannya dengan cara tap pada Controller dan pilih opsi Hide Controller.
  4. . Kondisi layar perangkat iOS agan menjadi lebih redup dari semula.

Cara Menonaktifkan

Untuk menonaktifkan, agan tinggal tekan tombol home sebanyak 3 kali.

Gimana gan? Mudah bukan? Walaupun kita tidak kebagian fitur Night Shift Mode, jangan berkecil hati, apalagi sampe membanting iPhone/iPad/iPod. Sayang gan, beli mahal-mahal masa dirusakin gitu aja, mending dikasih ke saya aja.. hehehe.

Selain cara di atas, masih banyak cara yang lain untuk mendapatkan alternatif dari fitur Kecerahan Layar. Misalnya dengan men-jailbreak iPhone/iPad/iPod. Lalu install tweaks yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan fitur Night Shift Mode.

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/mengurangi-kecerahan-layar-di-ios/

LEAVE A COMMENT