Ilmunesia - Tips Merawat Baterai iPhone dengan Baik

Tips Merawat Baterai iPhone dengan Baik

Tips Merawat Baterai iPhone dengan Baik

ilmunesia.com – Baterai merupakan komponen penting dalam sebuah smartphone. Bagaimana tidak, tanpa ketahanan dan kualitas dari sebuah baterai, maka smartphone kamu tidak akan ada apa-apanya, termasuk smartphone sekelas iPhone.

iPhone sendiri menggunakan jenis baterai Non-Removable yang artinya tidak bisa dipasang-copot begitu saja. Jadi, kalau rusak mau gak mau harus dibawa ke teknisi yang memang paham mengenai produk Apple.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga dan merawat baterai iPhone kita agar terhindar dari berbagai macam kerusakan.

Berikut ada beberapa tips untuk merawat baterai iPhone yang dirangkum dari laman MacPoin.

Jangan Biarkan Baterai Habis

merawat baterai iPhone

Salah satu tips merawat baterai iPhone dengan tipe Lithium-Ion adalah tidak membiarkannya hingga habis total. Jika sudah low, segeralah untuk melakukan charge karena jika sampai kehabisan maka akan mempengaruhi kemampuan sel-sel baterai dalam menyimpan energi.

Jika sedang berada di luar dan tidak menemukan tempat untuk men-charge iPhone, maka lebih baik menonaktifkannya daripada membiarkan baterai iPhone habis dengan sendirinya.

Hindari Charge Secara Berlebihan

merawat baterai iPhone

Meskipun beberapa smartphone terbaru saat ini sudah dilengkapi fitur yang bisa memutus arus listrik saat baterai penuh, tetapi tetap saja kita nggak boleh membiarkan iPhone kita sampai overcharge.

Resiko membiarkan smartphone dicharge hingga over adalah baterai akan semakin aus dan usang. Sehingga kualitasnya pun akan mulai menurun. Penelitian terbaru juga mengatakan bahwa tidak baik mengisi baterai smartphone hingga penuh.

Hindari Penggunaan iPhone Saat Suhu Panas

tips merawat bateri iphone

Semakin sering kita menggunakan iPhone, maka suhu iPhone akan meningkat apalagi jika digunakan untuk gaming. Dan ditambah lagi dengan bodi iPhone yang berbahan metal, maka kita perlu waspada dengan panas berlebih yang dihasilkan oleh iPhone kita.

Panas merupakan musuh utama bagi sel-sel baterai. Selain itu juga panas bisa berpengaruh terhadap komponen-komponen lainnya.

Gunakan Airplane Mode Ketika Proses Charging

tips merawat bateri iphone

Selama proses charging usahakan tidak ada aktivitas yang dilakukan di iPhone kita. Agar proses charging dapat berjalan dengan lancar dan cepat, gunakanlah Airplane Mode untuk menonaktifkan jaringan data seluler.

Dengan menggunakan Airplane Mode, artinya kita juga sudah meminimalisir suhu panas yang dihasilkan selama proses charging.

Kalibrasi Baterai iPhone

tips merawat bateri iphone

Kalibrasi Baterai iPhone adalah suatu metode yang dilakukan untuk mengatur ulang kinerja baterai agar sama seperti saat pertama digunakan. Terkadang indikator baterai menunjukkan masih ada sekitar 50%, padahal kapasitas yang sebenarnya tinggal 40%, nah.. maka dari itu dibutuhkan yang namanya kalibrasi.

Cara kalibrasi baterai di iPhone cukup mudah, yaitu:

  1. Gunakan baterai iPhone hingga benar-benar habis
  2. Charge iPhone hingga penuh, dengan catatan jangan pernah dimainkan saat proses charging
  3. Gunakan iPhone hingga baterai benar-benar habis kembali
  4. Charge hingga penuh seperti cara nomor 2

 

Foto : Istimewa
Sumber : https://www.klikmania.net/tips-merawat-baterai-iphone-baik/

LEAVE A COMMENT