kursus Animasi, kursus Bogor, kursus Digital Branding, kursus Facebook Ads, kursus Internet Marketing, kursus Programming Bogor, kursus Web Bogor, kursus Web di Bogor, Twitter dan Isntagram, kursus Autocad, kursus Autodesk, Autocad pemula, Kursus 3D, Kursus Desain Grafis, Kursus website murah, Kursus PHP,

Tugas Drafter Pada Kontraktor dan Konsultan Perencana

drafter pada sebuah proyek kontruksi baik gedung maupun infrastruktur mempunyai berbagai macam tugas dalam pekerjaanya diantaranya sebagai berikut:

tugas drafter pada perusahaan kontraktor

  1. Membuat Gambar Perencanaan atau Softdrawing

gambar soft drawing adalah gambar detail yang disertai ukuran dan bentuk detail sebagai acuan pelaksanaan dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan dilapangan sesuai dengan gambar perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya.

 

  1. Menyesuaikan Gambar Perencana Dengan Kondisi nyata Dilapangan 

sering kali apa yang sudah direncanakan perencana tidak memungkinkan untuk dilaksanakan dilapangan karena kondisi kenyaatan yang berbda atau bisa jadi telah ada perubahan bentuk struktur pekerjaan sebelumnya yang menyebabkan pekerjaan selanjutnya harus berubah. disinilah tugas drafter untuk membuat gambar kerja yang dapat dilaksanakan.

 

  1. Menjelaskan Kepada Pelaksana Lapangan / Surveyor

gambar softdrawing yang sudah dibuat adakalanya sudah difahami oleh pelaksana lapangan baik dari segi bentuk detail struktur maupun ukuran detail bangunan sehingga diperlukan kondisi yang baik dengan pihak lapangan agar struktur bangunan strutur bangunan dibuat sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya.

 

  1. Membuat Gambar Akhir Perkerjaan /Asbuilt Drawings

gambar asbuilt drawing adalah gambar laporan hasil peleksanaan yang sudah dibuat dilapangan untuk dijadikan pertanggungjawaban kepada pemilik proyek /owner, gambar abuilt drawing dibuat setelah pekerjaan selesai dan tidak ada perubahan dilapangan.

 

 

Tugas Drafter Pada Perushaan Konsultan

bersama-sama arsitek membuat gambar pra rencana bangunan. gambar perencanaan bangunan serta gambar for contruction yang diserahkan kepada owner/pemilik proyek untuk dijadikan pedoman dalam menghitung rencana anggaran biaya bangunan serta pelaksanaan pembangunan.

 

kemampan yang harus dimilik seorang drafter dalam melaksanakan perkerjaannya antara lain:

  • Dapat membuat gambar sketsa bangunan
  • Membuat gambar autocad 2d dan 3d
  • Mengetahui ilmu teknik gambar bangunan
  • Mengetahui jenis-jenis bahan material bangunwan
  • Dapat mengoprasikan software arsitektur sebagai pendukung pekerjaan menggambar bangunan lainnya sperti, autocad, 3d max, photoshop, corel drow, microsoft word dan excel
  • Begitulah kurang lebih tugas seorang drafer

 

source: www.ilmusipil.com

 

 

LEAVE A COMMENT