kursus Animasi, kursus Bogor, kursus Digital Branding, kursus Facebook Ads, kursus Internet Marketing, kursus Programming Bogor, kursus Web Bogor, kursus Web di Bogor, Twitter dan Isntagram, kursus Autocad 2D, kursus Autocad 3D, kursus Autodesk, Autocad pemula, Kursus 3D, Kursus Desain Grafis, Kursus website murah, Kursus PHP, Photoshop, corel draw, indesign, fbads,

Tutorial Google AdWords

Apa itu Google AdWords?

Google AdWords adalah alat pemasaran online berupa platform iklan yang disediakan oleh Google. Google Advertising ini bisa memungkinkan Anda untuk pasang target calon customer berdasarkan keyword (kata kunci), topik, waktu dan tentunya lokasi. Anda juga bisa memasang iklan tanpa khawatir karena tinggal menyesuaikan dengan berapa budget pemasaran yang Anda punya.

 

Jika Anda masih bingung, berikut adalah penjelasan sederhananya! Anda ketik keyword di mesin penelusur Google terlebih dahulu. Misalnya, Anda ketik “sepatu wanita kekinian”. Kemudian, Anda cek pada bagian paling atas di halaman hasil penelusuran (SERP). Jika ada tulisan “ad” di cuplikan page yang ditampilkan, itulah hasil jasa Google AdWords.

Google AdWords Example - Dewaweb

Apa Saja Manfaat Google AdWords?

Google adalah mesin penelusur raksasa alias paling besar dan pastinya akan ada segudang manfaat yang bisa Anda peroleh dari jasa iklan Google AdWords ini. Keuntungan dalam menggunakan AdWords adalah produk/jasa yang hendak Anda iklankan akan secara otomatis muncul di halaman pertama Google. Tentunya Anda tahu bahwa pengguna Google akan lebih banyak mengakses halaman pertama dibanding halaman-halaman berikutnya. Selain itu, masih ada banyak lagi keuntungan lainnyayang bisa diperoleh. Berikut adalah penjelasan berbagai manfaat tersebut!

  • Anda bisa meningkatkan web traffic secara tertarget

AdWords menggunakan penghitungan PPC (Pay per Click) untuk menjumlah biaya iklan yang Anda pasang dan berapa tarif iklan Anda akan secara otomatis dikonversi ke visitor berdasar harga klik. Misal, Anda pasang iklan dengan uang 50 ribu rupiah per hari dan tarif klik 1000 rupiah per klik. Jadinya, Anda bakal mendapat sekitar 50 klik per pengunjung yang dihitung dari 50.000 dibagi 1000.

  • Anda bisa mendapat visitor yang sesuai niche Anda

AdWords daat menayangkan iklan Anda berdasar keyword yang ditargetkan. Misalnya, kalau Anda punya bisnis rental motor dan Anda targetkan keyword ‘rental motor murah di Bandung’, jadinya visitor yang masuk ke website Anda lewat AdWords adalah mereka yang melakukan penelusuran sesuai dengan keyword tersebut. Sehingga, iklan Anda nantinya tidak ditayangkan di hasil penelusuran keyword yang tidak sesuai dengan yang telah Anda targetkan.

  • Reputasi website Anda bisa meningkat tanpa merusak usaha SEO

Optimasi SEO biasa dilakukan dengan memasang target keyword tertentu. Jadi kalau Anda pasang iklan dengan AdWords, Anda tak perlu khawatir SEO Anda hancur. Justru pasang iklan di AdWords bisa menguntungkan Anda karena pencarian keyword yang memang banyak dicari untuk optimasi SEO nantinya bakal dimasukkan oleh Google.

  • Omset penjualan Anda bisa bertambah

Websiite resminya mengklaim bahwa pasang iklan di Google AdWords bisa menaikkan omset. Intinya adalah AdWords tidak bisa benar-benar terjamin menaikkan omset suatu produk, walau memang AdWords telah berhasil memperbesar omset penjualan sekitar 10% hingga 50%. Mengapa? Google tetap tak bisa jamin karena kenaikan omset pastinya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Apa saja faktornya? Misalnya target keyword, dana harian, bidang bisnis, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara kerja Google AdWords?

Anda pasti penasaran bagaimana Google bisa menentukan mana iklan yang pas untuk ditayangkan di layar audiens tertentu. Untuk mengetahuinya, mari baca penjelasan yang kami sampaikan berikut ini!

dewaweb-blog-cara-bikin-iklan-di-google-illustrasi

Menurut tutorial Google AdWords dari page resmi, ada 4 tahap dalam proses penerbitan iklan di mesin penelusurnya. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

  1. Anda mengetik suatu search query (kata kunci untuk ditelusuri) pada kolom pencarian
  2. Google akan menggali semua iklan yang ada berdasarkan skor kualitas, penawarannya, ekstensi iklan, dan format iklannya
  3. Iklan yang sudah melalui proses sebelumnya dan memenangkan lelang akan ditampilkan oleh Google

Cara Membuat Akun Google AdWords

Berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat akun Google AdWords!

  1. Coba masuk ke homepage Google dan ketik AdWords di kotak pencarian lalu klik pada link Google AdWords yang muncul

 Create AdWords 1 - Dewaweb

  1. Kemudian lihat sudut kanan atas halaman di layar Anda, akan ada tulisan “MULAI SEKARANG” Create AdWords 2 - Dewaweb
  2. Masukkan info alamat email Anda dan website Anda pada kolom yang sudah disediakanCreate AdWords 3 - Dewaweb
  3. Selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah pembuatan campaign di penjelasan berikutnya soal PPC Campaign!

Cara membuat PPC Campaign dengan Google AdWords

Sebelum Anda membuat PPC Campaign Anda dengan Google AdWords, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Anggaran dana per bulan
  • Anggaran dana per hari
  • Cakupan geotargeting
  • Daftar keyword/ kata kunci
  • Salinan iklan yang sudah siap, mencakup:

-Ad heading/tajuk iklan (25 karakter)

-Description line 1/baris deskripsi 1 (35 karakter)

-Description line 2/baris deskripsi 2 (35 karakter)

-Display URL/URL yang akan ditayangkan (35 karakter)

-Destination URL/URL yang dituju (1024 karakter)

-Landing page URL/halaman yang dituju

-Desain landing page

-Gambar jika memang diperlukan, jika Anda ingin memuat gambar

Berikut adalah langkah-langkah lanjutan setelah Anda berhasil sign in dan membuat akun Google AdWords:

  1. Masukkan data-data yang diperlukan pada page “Kampanye pertama Anda”. Masukkan sesuai dengan apa yang memang telah Anda siapkan sebelumnya seperti daftar persiapan yang kami sampaikan di atas.Create AdWords 4 - Dewaweb
  2. Pada bagian “Tetapkan tawaran Anda” sebaiknya pilih pilihan “Saya akan menetapkan tawaran saya secara manual”. Jadi, di sini Anda akan deposit uang dulu. Lalu natinya setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan. Metode ini lebih sesuai untuk Anda yang ingin membayar lewat VCN.Create AdWords 5 - Dewaweb
  3. Kemudian klik tombol “Simpan dan lanjutkan” untuk sampai ke langkah terakhir yaitu “Pembayaran”
  4. Langkah terakhir yang perlu Anda tempuh hanyalah mengisi data kartu kredit Anda pada form yang telah disediakan oleh Google AdWords. Jika Anda telah mengisi form kartu kredit Anda dengan benar dan Google sudah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda tersebut, maka Anda dibawa masuk ke page konfirmasi. Lalu konfirmasikan.Bagi pembayaran otomatis/pascabayar Anda bakal ditagih tarifnya setelah iklan sudah berjalan. Waktu penagihannya yaitu kalau telah lewat 30 hari atau biayanya sudah mencapai jumlah yang Anda tetapkan sebelumnya. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak bisa lagi merubahnya.Cara ini sebenarnya lebih sesuai bagi Anda yang tidak punya waktu terlalu luang untuk selalu mengontrol Adwords account Anda.

 

source: www.dewaweb.com

LEAVE A COMMENT